Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

26 Perusahaan di Kalsel Terima Penghargaan Properda 2019

- Apahabar.com     Senin, 28 Desember 2020 - 17:31 WITA

26 Perusahaan di Kalsel Terima Penghargaan Properda 2019

Pemprov dan DLH Kalsel memberikan penghargaan Properda 2019 kepada 26 perusahaan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – 26 perusahaan di Kalsel menerima penghargaan dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Daerah (Properda) 2019.

Secara simbolis, penghargaan diserahkan oleh Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar di Halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru, Senin (28/12) siang.

“Keikutsertaan dalam properda ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Roy.

Dari 26 perusahaan tersebut terbagi menjadi 23 perusahaan dengan profer biru, 2 perusahaan dengan profer hijau dan 1 perusahaan dengan profer merah. Perbedaan warna tersebut dilihat berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Kementerian LH sejak 1995.

Peringkat tertinggi yaitu emas, artinya telah melakukan pengelolaan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Tingkat berikutnya Hijau dan Biru, sementara Merah memiliki arti perusahaan sudah melakukan upaya pengelolaan lingkungan namun baru sebagian mencapai hasil dari persyaratan. Pada tingkat terbawah ditandai dengan warna Hitam dan memiliki potensi dan risiko untuk ditutup izin usahanya oleh KLH.

“Kita berharap yang merah bisa meningkatkan kinerjanya, sehingga penilaian terhadap lingkungan bisa lebih bagus,” ujar dia

Profer merah diraih oleh perusahaan Sawit asal Kotabaru yaitu PT Pesonalintas Purasejati. Sedangkan perusahaan yang mampu meraih profer hijau yaitu PT Arutmin Indonesia-NPLCT (Terminal khusus Batubara) di Kotabaru dan PT Antang Gunung Meratus (Terminal khusus Batubara) di Tapin.

“Yang tahun ini adalah perusahaan baru. Mungkin pada masa pandemi ada kesulitan bagaimana di dalam melakukan pemantauan, karena ini secara rutin mereka lakukan termasuk limbah yang dihasilkan,” terang Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menambahkan

Diakui Hanifah, ada penurunan keikutsertaan perusahaan dalam program Penghargaan Properda tahun 2019. Salah satunya dampak pandemi yang membuat anggaran banyak terpotong. Pihaknya juga lebih memperketat dalam hal penilaian.

“Di samping mereka harus memenuhi perjanjian di dokumen yaitu melakukan pengelolaan lingkungan, mereka juga harus membersamai masyarakat yang ada di sekitar perusahaan,” sebutnya

Untuk perusahaan yang mendapat peringkat merah, DLH Kalsel akan berupaya untuk menindaklanjuti dan memberikan pembinaan lebih lanjut agar ada peningkatan pada periode Properda berikutnya.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi dan dorongan kepada perusahaan agar berkomitmen dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup di lokasi kegiatan usahanya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Stok Darah Kosong

Kalsel

Stok Darah Kosong di Awal Tahun, PMI Banjarmasin: Permintaan Meningkat Dua Kali Lipat
apahabar.com

Kalsel

Duh, Jalan Nasional Tanjung-Kelua Tabalong Mulai Rusak
apahabar.com

Kalsel

Petahana Fokus Program Kerja Respon Duet Ovie-Iwan

Kalsel

Cerita Pilu Korban Kebakaran di Jalan Veteran: ‘Rumah Saya Baru Renovasi’
apahabar.com

Kalsel

HAN 2019, Bupati Banjar: Jelang Magrib Anak Jangan Keluyuran
apahabar.com

Kalsel

Menanti Vonis, Penghina Abah Guru Sekumpul pun Gugup
Kurau Tala

Kalsel

Fakta Baru Pemalu Guru hingga Tewas di Kurau Tanah Laut, dan Kejanggalan Motif Pembunuhan
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari BMKG Prakirakan 4 daerah di Kalsel Diguyur Hujan Disertai Petir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com