Presiden Jokowi Blusukan ke Banjir Kalsel, Nih Agendanya Esok Blusukan Batal, Denny Minta Evakuasi Korban Banjir Kalsel via Udara Banjir Kalsel, Mayat Mengapung Kembali Ditemukan di Banjar Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel

26 Perusahaan di Kalsel Terima Penghargaan Properda 2019

- Apahabar.com Senin, 28 Desember 2020 - 17:31 WIB

26 Perusahaan di Kalsel Terima Penghargaan Properda 2019

Pemprov dan DLH Kalsel memberikan penghargaan Properda 2019 kepada 26 perusahaan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – 26 perusahaan di Kalsel menerima penghargaan dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Daerah (Properda) 2019.

Secara simbolis, penghargaan diserahkan oleh Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar di Halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru, Senin (28/12) siang.

“Keikutsertaan dalam properda ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Roy.

Dari 26 perusahaan tersebut terbagi menjadi 23 perusahaan dengan profer biru, 2 perusahaan dengan profer hijau dan 1 perusahaan dengan profer merah. Perbedaan warna tersebut dilihat berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Kementerian LH sejak 1995.

Peringkat tertinggi yaitu emas, artinya telah melakukan pengelolaan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Tingkat berikutnya Hijau dan Biru, sementara Merah memiliki arti perusahaan sudah melakukan upaya pengelolaan lingkungan namun baru sebagian mencapai hasil dari persyaratan. Pada tingkat terbawah ditandai dengan warna Hitam dan memiliki potensi dan risiko untuk ditutup izin usahanya oleh KLH.

“Kita berharap yang merah bisa meningkatkan kinerjanya, sehingga penilaian terhadap lingkungan bisa lebih bagus,” ujar dia

Profer merah diraih oleh perusahaan Sawit asal Kotabaru yaitu PT Pesonalintas Purasejati. Sedangkan perusahaan yang mampu meraih profer hijau yaitu PT Arutmin Indonesia-NPLCT (Terminal khusus Batubara) di Kotabaru dan PT Antang Gunung Meratus (Terminal khusus Batubara) di Tapin.

“Yang tahun ini adalah perusahaan baru. Mungkin pada masa pandemi ada kesulitan bagaimana di dalam melakukan pemantauan, karena ini secara rutin mereka lakukan termasuk limbah yang dihasilkan,” terang Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menambahkan

Diakui Hanifah, ada penurunan keikutsertaan perusahaan dalam program Penghargaan Properda tahun 2019. Salah satunya dampak pandemi yang membuat anggaran banyak terpotong. Pihaknya juga lebih memperketat dalam hal penilaian.

“Di samping mereka harus memenuhi perjanjian di dokumen yaitu melakukan pengelolaan lingkungan, mereka juga harus membersamai masyarakat yang ada di sekitar perusahaan,” sebutnya

Untuk perusahaan yang mendapat peringkat merah, DLH Kalsel akan berupaya untuk menindaklanjuti dan memberikan pembinaan lebih lanjut agar ada peningkatan pada periode Properda berikutnya.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi dan dorongan kepada perusahaan agar berkomitmen dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup di lokasi kegiatan usahanya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Untuk Palestina dan Pulau Matasiri, Ratusan Juta Berhasil Terkumpul
Bunuh Anak

Kalsel

Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah
apahabar.com

Kalsel

Salurkan Baksos, Tim Gabungan Polsek Anjir Muara Sisipkan Sosialisasi Perbup Batola
apahabar.com

Kalsel

Sepekan Lagi Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Akan Beroperasi
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla, Kapolda Kalsel Cek Kesiapan Embung
apahabar.com

Kalsel

Tiga Pilar Sidak Pasar Tanjung, Bupati Anang Bagikan Masker
apahabar.com

Kalsel

Andil Dispersip Kalsel dalam Penanganan Covid-19, Bergerak di Edukasi dan Literasi
apahabar.com

Kalsel

Banjir Belum Hilang, Waduk Riam Kanan Dekati Level Waspada
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com