Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

Amankan Pilkada, Polda Kalsel Dibantu 2 Kompi Brimob Kalteng

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 13:29 WIB

Amankan Pilkada, Polda Kalsel Dibantu 2 Kompi Brimob Kalteng

Kalpoda Kalsel Irjen Pol Rikwanto didampingi Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah. Foto-apahabar.com/Moh Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemungutan suara di Pilkada Kalsel 2020 tinggal menghitung hari. Jadwalnya dilaksanakan Rabu 9 Desember nanti.

Terkait pengamanan Pilkada itu, Polda Kalsel telah merapatkan barisan. Apel pergeseran pasukan digelar di Mapolda Kalsel, Sabtu (5/12).

Sebanyak 1.438 personel disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi kali ini. Agar berjalan lancar aman dan damai.

Belum cukup, sebanyak 200 personel Brimob Polda Kalteng turut diperbantukan untuk pengamanan Pilkada 2020 di 7 kabupaten kota di Kalsel.

“Memang kita minta, dan dikasih dua kompi dari Polda Kalteng,” ujar Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto usai apel.

Rikwanto menjelaskan, bahwa penambahan personel Brimob dari Polda Kalteng tersebut sengaja dimita. Menyusul ada arahan dari Mabes Polri.

“Dari mabes polri meminta keseluruhan Kapolda mana yang perlu backup tambahan pasukan. Yang berkaitan pilkada,” bebernya.

Personel tambahan dari Polda Kalteng ini juga turut disebar di polres-polres. Dan sebagian lagi disiapkan jika sewaktu-waktu ada wilayah yang memerlukan tambahan personel.

“Termasuk TNI juga disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi gejolak. Tapi saya berharap semua aman damai kondusif,” harapnya.

Ribuan personel kepolisian ini bakal disebar ke polres-polres yang di wilayahnya melaksanakan. Di Kalsel ada 7 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 ini.

“Ini akan dilakukan pergeseran pasukan ke polres-polres jajaran untuk mengamankan pemungutan suara. Pemungutan suara dilakukan 9.669 TPS di seluruh Kalsel,” imbuh Rikwanto.

Para personel ini bertugas tak hanya dalam hal pengaman pelaksanaan. Namun dalam prakteknya mereka juga bisa membantu untuk hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada.

“Di lapangan tak hanya pengamanan. Tapi juga membantu distribusi politik. Membantu masyarakat, KPU, Bawaslu dan lainnya. Jadi di sini apaun dilakukan, selama berkaitan dengan Pilkda dan mengamankannya,” jelasnya.

Lebih jauh, para personel dari kepolisian yang diterjunkan ini juga sudah melakukan pemeriksaan rapid test. Tujuannya tak lain guna memastikan bahwa yang bersangkutan terbebas dari Covid-19.

“Selain itu dilengkapi juga dengan APD. Dari Hazmat sampai obat-obatan dan vitamin,” katanya.

Apel pesiapan pengamanan Pilkada Kalsel di Polda Kalsel, Sabtu (5/12). Foto-apahabar.com/Moh Syahbani

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polres HSS Ringkus Pengedar Sabu, 8.03 Gram Sabu Diamankan
apahabar.com

Kalsel

Mulai Dikepung Api, BPBD Batola Perketat Koordinasi
apahabar.com

Kalsel

Menyesal, Predator Anak Kandung di Kotabaru Khilaf karena Miras
apahabar.com

Kalsel

Maksimalkan Dana Hibah, Pertina Kalsel Renovasi Sarana Latihan
apahabar.com

Kalsel

Viral Bocah Badut Jalanan di Banjarmasin, Ortunya Kaget Terima Duit Segepok dari Ketum BPP HIPMI
apahabar.com

Kalsel

Majukan Pendidikan Banua, Ovie Dianugerahi Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

Blangko e-KTP Langka, Warga Banjarmasin Hanya Diberikan Suket
apahabar.com

Kalsel

Sungai Kusan di Tanbu Kembali Meluap, Warga Diminta Waspada
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com