Tragis, Petani Tabalong Tersambar Petir Sepulang Tanam Padi Ssttt.. Rampok Tanah Laut Lolos dari Penyekatan di Hutan Samboja Alasan H2D Kembali Tolak Hasil Rekapitulasi PSU di Banjarmasin Heboh Buronan Kalsel Kabur ke Hutan Samboja, Ternyata Rampok Tanah Laut Batal Tender Jalan di Batola, CV Ridho Menang Gugatan PTUN

Gerakan Rp 5 Ribu untuk H2D Tembus Puluhan Juta, Denny Sampai Ganti Buku!

- Apahabar.com Jumat, 18 Desember 2020 - 15:24 WIB

Gerakan Rp 5 Ribu untuk H2D Tembus Puluhan Juta, Denny Sampai Ganti Buku!

DENNY Indrayana menggalang donasi untuk membantu perjuangannya terkait sengketa hasil Pilgub Kalsel 2020 di Mahkamah Konstitusi. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Belum 24 jam, gerakan donasi Rp5 ribu untuk pasangan calon Gubernur Kalsel Haji Denny-Difriadi (H2D) sudah terkumpul puluhan juta rupiah.

Lantas mereka menyimpulkan bahwa masyarakat Kalimantan Selatan cukup antusias membantu kemenangan mereka di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sebenarnya gerakan 5000 rupiah ini bukan semata mata penggalangan dana donasi yang memang kita perlukan ke MK, tapi lebih dari itu adalah simbol kekuatan kita melawan kezaliman,” jelas Denny kepada apahabar.com, Jumat (18/12) siang.

“Karena itu bahkan daulat rakyat kita tegaskan dengan swadaya, dananya dari rakyat dananya kita gunakan untuk perjuangan menyelamatkan Banua [Kalsel] kita,” ujarnya lagi.

Dana yang berasal dari warga Kalimantan Selatan itu, kata dia, bakal dipertanggung jawabkan akuntabilitas serta transparansi penggunaannya.

“Dan insyaallah bukan hanya transparan tapi pian (kalian) bisa lihat secara terbuka jelas pertanggung jawabannya bahwa ini adalah perjuangan kita beimbaian [sama-sama],” jelasnya.

Sampai siang ini, dana yang terkumpul lewat Gerakan Rp5 Ribu dilaporkan mencapai Rp.59,166,931.00,-. Bahkan Denny sampai harus mengganti buku tabungannya.

“Belum 24 jam sudah harus ganti buku tabungan, karena antusiasme penyumbang,” kata menteri hukum dan HAM periode 2011/2014 itu.

Antusiasme masyarakat tadi, kata dia, menjadi asupan semangat tersendiri. Khususnya bagi tim H2D yang terus bekerja mengumpulkan bukti kecurangan Pilgub Kalsel di lapangan.

Denny Indrayana

Salah satu warga di Batu Lasung, Kotabaru menggalang donasi untuk Denny Indrayana dari desa ke desa. Foto: Istimewa

Menariknya, kata Denny, para donatur berasal dari beragam latar profesi. Mulai dari pedagang keliling hingga warga biasa.

Para pedagang keliling ini, lanjut dia, meski tidak memiliki rekening bank rela berbondong bondong urunan untuk disalurkan melalui bank.

“Contohnya di Pagatan masyarakat mengumpulkan (uang) secara manual, mungkin kesulitan transfer, jadi dikumpulkan dulu. Masyarakat kecil urun rembuk,” terangnya.

Melalui gerakan Rp.5000 ini, Denny mengisyaratkan pesan penting terkait hasil Pilgub Kalsel 2020.

Bahwa dana itu penting sebagai salah satu pendidikan politik masyarakat, dan oleh karenanya harus dikelola dengan benar.

“Salah satunya penggalangan dana publik yang dapat dipertanggung jawabkan dan jelas akuntabilitasnya itu sebabnya ulun (saya) memilih melakukannya sekarang, karena waktu kampanye ulun tidak membuka dana publik, selain merasa belum pas waktunya juga kami ingin mengukur tingkat kepercayaan masyarakat kepada H2D,” jelas Denny.

Pasangan Difriadi Darjat memang baru berani membuka donasi setelah melihat ratusan ribu suara masyarakat Kalsel memilihnya di Pilkada kali ini.

“Sekarang dengan dukungan 800 ribu lebih, ulun merasa cukup modal kepercayaan masyarakat dan melakukan penggalangan dana yang tepat. Ulun sengaja mensyaratkan rekeningnya bukan rekening pribadi itu sebabnya kemarin ulun dan pak H. Difri membuka rekening bersama,” tuturnya.

Dengan rekening bersama itu dana bisa dikontrol baik oleh Denny mau pun Difriadi langsung.

“Terima kasih atas kepercayaan pian seberataan, kami sudah menerima aliran dana masuk walau pun belum satu hari mudah-mudahan dana dana pian menjadi kemenangan di Mahkamah Konstitusi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, gerakan 5000 rupiah H2D dapat disalurkan melalui rekening BCA 789 588 9997 atas nama Denny Indrayana atau Difriadi Darjat.

Sore kemarin, Denny Indrayana bertolak ke Jakarta guna mengurus sengketa hasil Pilgub Kalsel 2020, sekali pun rekapitulasi penghitungan suara masih berlangsung.

Pasalnya, Denny Indrayana menduga banyak kecurangan yang terjadi selama proses pemungutan hingga penghitungan suara.

“Mulai dari hasil suara nol di sejumlah TPS, kertas suara yang sudah dicoblos sebelumnya, hingga adanya pemilih meninggal dunia. Saya sudah minta teman-teman saksi untuk terus mengawal suara,” katanya.

View this post on Instagram

A post shared by Denny Indrayana (@dennyindrayana99)

Meski begitu Denny tetap yakin rekapitulasi penghitungan suara akan berpihak kepadanya.

“Hasil di KPU Kalsel harusnya selisih agak lebar. Tapi kita melihat selisih hasil yang tipis. Kami melihat hal ini lebih strategis dengan lebih dulu berangkat ke Jakarta menyiapkan pertarungan selanjutnya di Mahkamah Konstitusi,” kata Denny.

Denny meminta relawan untuk tetap tenang sambil menunggu keputusan KPU. Pasalnya, akan banyak sidang-sidang yang berlangsung di MK.

“Hingga diperkirakan proses baru akan menemui kepastian hukum pada Maret 2021. Ini waktu untuk berikhtiar untuk memanjatkan doa terbaik, memastikan tidak ada kecurangan lanjutan,” katanya.

UPDATE HITUNG SUARA

Tanpa perolehan suara dari Kabupaten Banjar dan Kotabaru, Denny Indrayana dan Difriadi Darjat berhasil unggul sementara dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Kalsel 2020.

Rapat pleno sendiri harus ditunda sampai sore nanti, Jumat (18/12), karena Kabupaten Banjar dan Kotabaru belum mengunggah secara penuh data-data ke sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

Kendati demikian, rekapitulasi hasil penghitungan suara 11 kabupaten atau kota di Kalsel telah disepakati dalam rapat pleno terbuka tersebut.

Perolehan suara Pilgub Kalsel 2020 di antaranya sebagai berikut:

1. Tanah Laut
Paslon nomor urut 1 Sahbirin – Muhidin (BirinMu) memeroleh 47.215 suara. Sementara paslon nomor urut 2 Denny Indrayana – Difriadi Darjat (H2D) memeroleh 60.550 suara.

2. Barito Kuala
BirinMu memeroleh 66.708 suara, sedangkan H2D memeroleh 41.283 suara.

3. Tapin
BirinMu memeroleh 46.438 suara, sedangkan H2D memeroleh 33.878 suara.

4. Hulu Sungai Selatan (HSS)
BirinMu memeroleh 37.172 suara, sedangkan H2D memeroleh 49.654 suara.

5. Hulu Sungai Tengah (HST)
BirinMu memeroleh 55.668 suara, sementara H2D memeroleh 73.925 suara.

6. Hulu Sungai Utara (HSU)
BirinMu memeroleh 38.488 suara, sedangkan H2D memeroleh 48.439 suara.

7. Tabalong
BirinMu memeroleh 38.951 suara, sedangkan H2D memeroleh 49.794 suara.

8. Tanah Bumbu
BirinMu memeroleh 87.827 suara, sedangkan H2D memeroleh 87.645 suara.

9. Balangan
BirinMu unggul tipis dengan perolehan 35.545 suara, sedangkan H2D memeroleh 33.676 suara.

10. Banjarmasin
BirinMu memeroleh 114.356 suara, sedangkan H2D memeroleh 118.464 suara.

11. Banjarbaru
BirinMu memeroleh 47.432 suara, sedangkan H2D memeroleh 61.495 suara.

Secara keseluruhan, paslon H2D lebih unggul dengan perolehan 658.803 suara. Sedangkan paslon BirinMu hanya memeroleh 615.800 suara.

Video Paman Birin-Denny Indrayana Viral, H2D Buru-Buru Klarifikasi

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Bawaslu Dalami Indikasi Pelanggaran Kampanye Terbuka Dua Capres
apahabar.com

Politik

Partai Gelora Dukung Haji Martinus-Haji Darmawan Jaya di Pilwali Banjarbaru
Banjarmasin

Politik

Pengakuan Remaja Relawan H2D yang Diculik-Dipukuli di Lokasi PSU Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Pilkada Balangan 2020, PSI Kalsel Dukung Abdul Hadi-Supiani Lantaran Satu DNA
Sahbirin

Politik

Baliho Paman Birin Masih Bertebaran di Pemprov Kalsel, Bawaslu Baru Tahu?
apahabar.com

Politik

Serahkan Berkas ke PDIP, Hermansyah Menunggu Proses
apahabar.com

Politik

Cuncung–Alpiya Jamin Seni Budaya di Tanah Bumbu Bakal Lebih Keren
apahabar.com

Politik

Maju di Pilgub Kalsel, Bupati HSU Abdul Wahid Enggan Daftar ke Parpol Lain?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com