Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Berikut 3 Herbal yang Diklaim Mampu Ringankan Gejala Covid-19

- Apahabar.com Senin, 21 Desember 2020 - 00:23 WIB

Berikut 3 Herbal yang Diklaim Mampu Ringankan Gejala Covid-19

Jamur Cordypes bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur ini juga memiliki bahan aktif yang bersifat sebagai immunomodulator, antiinflamasi dan antivirus. Foto-iStockphoto/pong-photo9

apahabar.com, JAKARTA – Selain sejumlah obat kimia, sejumlah tanaman herbal yang juga sempat diklaim mampu meringankan gejala Covid-19.

Herbal yang dimaksud dianggap dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Berikut 3 herbal yang diklaim dapat meringgankan gejala Covid-19 seperti dilansir Antara;

1. Bawang putih

Pada awal Maret, banyak kabar yang beredar melalui pesan singkat yang menyebutkan bahwa bawang putih dapat membantu menyembuhkan gejala akibat infeksi virus corona baru.

Padahal, pada saat itu masih belum terdapat bukti yang sahih bahwa bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi akibat Covid-19.

Akibatnya, bawang putih sempat menjadi barang langka di pasaran. Harganya kemudian meningkat tajam.

2. Jahe merah

Tanaman herbal bernama latin Zingiber officinale ver. rubrum ini merupakan salah satu jenis unggul tanaman rimpang jahe yang ada di Indonesia.

Varietas ini lebih unggul dibandingkan jahe pada umumnya, karena memiliki senyawa aktif yang lebih tinggi.

Jahe merah pun sempat disebut-sebut memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan pasien dengan gejala infeksi Covid-19. Kendati demikian, belum terdapat penelitian yang dapat membuktikan klaim tersebut.

Jahe memiliki manfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual.

Hal tersebut bisa terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

3. Jamur cordyceps

Jamur cordyceps adalah salah satu tanaman herbal yang sempat digadang-gadang berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu menghambat seseorang terinfeksi virus seperti Covid-19.

Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Prof Widodo mengatakan bahwa jamur ini memiliki struktur yang bisa menghambat replikasi virus corona secara langsung.

“Jamur ini sudah lama dipakai oleh masyarakat khususnya di Tibet, China, dan Korea Selatan karena keunggulannya yaitu memiliki senyawa aktif yang bekerja secara sistemik,” ujar dia beberapa waktu lalu dalam sebuah diskusi.

Covid-19 menyebabkan terjadinya badai sitokin pada penderitanya, sehingga dibutuhkan senyawa anti inflamasi untuk meredakan kondisi tersebut.

Cordyseps disebut-sebut memiliki potensi untuk menurunkan badai sitokin.

Selain potensi antivirus, jamur jenis ini juga disebutkan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja paru-paru dan sistem pernapasan lainnya.

Hal ini tentu dianggap menjadi kabar baik bagi pasien Covid-19 yang mengalami kesulitan pernapasan.

Namun, belum ada uji klinis mengenai efektivitas antivirus jamur ini, walau secara tradisional sudah lama digunakan oleh masyarakat.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Resep Putri Selat, Enaknya Kue Khas Banjarmasin IniĀ 
apahabar.com

Gaya

Unggah Foto Guru Zuhdi Senyum, Ustaz Yusuf Mansyur Dambakan Wafat Seindah Itu
apahabar.com

Gaya

Manfaat Lemon Cegah Flu Hingga Risiko Kanker
apahabar.com

Gaya

Pandemi Covid-19, Rambut Ala Virus Corona Tren di Kenya
apahabar.com

Gaya

Saat Ramadan, Ini Kebiasaan yang Dilakukan Tulus
apahabar.com

Gaya

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong
apahabar.com

Gaya

Aturan 20:20 untuk Kesehatan Mata Anak Saat Belajar via Ponsel
apahabar.com

Gaya

Menilik Manfaat Wik Wik Wik Saat Pandemi Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com