Pak Wali… Pengungsi Banjir di Banjarmasin Mulai Sakit-sakitan, Poskes Over Diduga Sakit Hati, Pria Gantung Diri di Batulicin Sering Cekcok dengan Istri Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir dan Ancaman Tim Paman Birin, “Sudah Jatuh Warga Tertimpa Tangga” PMI Balikpapan Tak Terima Bantuan Pakaian Bekas untuk Korban Banjir Kalsel

BI Kalimantan Tengah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Membaik

- Apahabar.com Kamis, 3 Desember 2020 - 23:20 WIB

BI Kalimantan Tengah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Membaik

Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, Rihando dalam paparannya pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 secara virtual, Kamis (3/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sejalan dengan perekonomian nasional, prospek ekonomi Provinsi Kalimantan Tengah diperkirakan membaik.

Pertumbuhan ekonomi tercatat berada pada level yang cukup baik. Inflasi Kalimantan Tengah secara tahunan pada November 2020 tercatat sebesar 1,19% (yoy), lebih rendah dibandingkan inflasi Nasional yang sebesar 1,59% (yoy), dan inflasi Pulau Kalimantan yang sebesar 1,31% (yoy).

“Rendahnya capaian inflasi Kalimantan Tengah tidak terlepas dari peran aktif dan komitmen TPID baik di level provinsi maupun kabupater/kota,” kata Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, Rihando dalam paparannya pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 secara virtual, Kamis (3/12).

Sementara itu dari sisi stabilitas sistem keuangan daerah, yang ditinjau dari sisi perbankan di Kalimantan Tengah, terpantau kuat dan terjaga di 2020.

Meskipun aliran uang perbankan yang masuk/keluar dari dan ke KPwBI Kalteng pada 2020 tercatat mengalami penurunan.

Rihando mengungkapkan tetap dibutuhkan upaya untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah.

Melakukan fokus pada pelaksanaan dan realisasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di Kalimantan Tengah menjadi opsi yang mutlak diselesaikan untuk memulihkan ekonomi kedepan.

Optimalisasi potensi-potensi yang ada di Kalimantan Tengah juga dapat dilakukan sebagai upaya untuk diversifikasi pertumbuhan.

Selain itu peningkatan kapasitas UMKM lokal, serta ekonomi syariah menjadi salah satu potensi yang dapat didorong melalui digitalisasi pelatihan dan sertifikasi halal.

Plt Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya menyampaikan optimisme perekonomian Kalteng kedepan dapat dicapai melalui sinergitas antar lembaga negara, BI, pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat.

Sinergi yang telah terjalin selama ini, terus mendorong program program pemerintah berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi pelaku usaha dan masyarakat luas.

PTBI 2020 diselenggarakan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan tema bersinergi membangun optimisme pemulihan ekonomi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Palangkaraya Keluarkan Surat Edaran Larangan Membakar Hutan dan Lahan
apahabar.com

Kalteng

Selain Ikan, Ternyata Buaya juga Ikut Terlilit Jaring di Sungai Mentaya

Kalteng

Besok AHY Dijadwalkan ke Kalteng

Kalteng

Simpan Sabu, Pria Paruh Baya dan IRT di Pangkalan Lada Kobar Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalteng

6 Nakes Positif, Poliklinik RSUD Muara Teweh Tutup Sementara
apahabar.com

Kalteng

Untuk Generasi Muda Kapuas, Jangan Pernah Mencoba Narkoba
apahabar.com

Kalteng

Indentitas Mayat Tanpa Kepala di Kalteng Terungkap, Korban Nelayan Hilang
Pria di Barito

Kalteng

Embat HP dan Laptop, Pria di Barito Utara Berhasil Diringkus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com