Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

BPJS Barabai dan Banjarmasin Perkenalkan Tim Kemitraan PERJAKA

- Apahabar.com Kamis, 17 Desember 2020 - 16:55 WIB

BPJS Barabai dan Banjarmasin Perkenalkan Tim Kemitraan PERJAKA

Sosialaisai Tim PERJAKA secara virtual kepada badan usaha se Kalsel, Rabu (15/12). Foto-Feri for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – BPJS Kesehatan Cabang Barabai dan Banjarmasin mengenalkan Tim Kemitraan Perlindungan Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja (PERJAKA).

Forum pun digelar untuk mengenalkan pembentukan tim itu bersama ratusan perwakilan badan usaha se Provinsi Kalsel secara virtual, Selasa (15/12).

Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Zainah Astuti menyampaikan, Tim Kemitraan PERJAKA merupakan wadah koordinasi kemitraan dan sosialisasi bersama kebijakan.

Baik antar pemangku kepentingan dalam rangka kepastian jaminan kesehatan bagi Pekerja Badan Usaha (PBU) dan anggota keluarganya.

“Tujuannya antara lain supaya terwujud perlindungan kesehatan yang optimal bagi segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) BU dan anggota keluarganya. Selain itu, adalah agar tercapainya komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan, pemangku kepentingan pekerja, pemberi kerja, instansi ketenagakerjaan serta para pemangku kepentingan lainnya,” kata Zainah.

Tujuan pembentukan tim PERJAKA, lanjut Zainah juga menjadi media koordinasi antar instansi dan lembaga atau organisasi dalam monitoring evaluasi implementasi kebijakan pendaftaran, kebenaran data dan kepatuhan membayar iuran serta terkait mekanisme Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi peserta PPU BU sesuai ketentuan yang berlaku.

“Susunan tim PERJAKA antara lain adalah unsur pemerintah seperti Sekretaris Daerah Provinsi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi, serta beberapa unsur pemerintah lainnya. Selain itu, ada juga unsur dari pengusaha dan asosiasi pengusaha, serikat pekerja, serta beberapa pemangku kepentingan lainnya,” terang Zainah.

Sementara itu, Staff Officer Human Resources PT Hasnur Riung Sinergi, Samaniah mengapresiasi dibentuknya tim PERJAKA dan juga forum sosialisasi bersama itu.

Samaniah mengungkapkan, perlindungan kesehatan bagi para pekerja atau karyawan BU menjadi sesuatu yang sangat penting.

“Karena kesehatan merupakan salah satu hak dasar bagi setiap orang, maka memenuhi jaminan kesehatannya juga menjadi kewajiban kami sebagai unsur pemberi kerja,” ujar Samaniah.

“Kalau tidak ada BPJS Kesehatan tentu kita harus menyiapkan dana darurat untuk persiapan ketika karyawan kita ada yang sakit,” sambungnyam

Ia juga berharap ke depan, koordinasi dan komunikasi seluruh pihak terkait akan semakin lancar dengan adanya tim PERJAKA.

Sehingga, menurut Samaniah, perihal jaminan kesehatan bagi para pekerja menjadi sesuatu yang pasti dan akan terjamin.

“Selain itu, mungkin kedepan juga forum-forum seperti ini diadakan lagi, supaya kita bisa saling tukar informasi. Contohnya kemarin, ada beberapa informasi yang belum saya ketahui akhirnya bisa didapatkan dalam forum tersebut,” tutup Samaniah.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Simak Perinciannya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cukup Lakukan Ini, Masyarakat Banua Anam Tak Perlu Repot ke Kantor BPJS Kesehatan
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Manfaatkan JKN, Dipta Klaim Kacamata Baru
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Upaya BPJS Kesehatan Barabai Jaga Keberlangsungan JKN-KIS
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Kembali ke Aturan Awal
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Partus dengan JKN-KIS, Mudah dan Tanpa Biaya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Luthpie Pilih Jadi Peserta Mandiri
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Berkat Kartu Hijau, Terapi Buah Hati Ihsan Bisa Dilanjutkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com