Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif

Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 16:54 WIB

Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani meresmikan Sekolah Alam Muhammadiyah Tabalong (SAMTA) di Jalan PHM Noor Gunung Batu Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Sabtu (5/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani meresmikan Sekolah Alam Muhammadiyah Tabalong (SAMTA) di Jalan PHM Noor Gunung Batu Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Sabtu (5/12).

Peresmian sekolah SAMTA yang mengintegrasikan pendidikan Paud, TK, SD dan SMP tersebut menjadi yang pertama di Kabupaten Tabalong.

Bupati kemudian menandatangani prasasti, pemotongan pita dan peletakkan batu pertama Musala KH Achmad Dahlan di Kompleks SAMTA.

Menurut Anang Syahfiani, meresmikan sekolah umum merupakan hal biasa. Namun Tabalong membutuhkan ikon baru dalam pendidikan, seperti SAMTA ini.

“Tabalong membutuhkan ikon-ikon baru. Dan menurut saya SAMTA ini adalah ikon baru dan dibutuhkan bagi daerah ini,” jelas Bupati Anang Syakhfiani.

Tabalong saat ini memiliki angka rata-rata sekolah 8.8 tahun. Sementara di tingkat provinsi berada di angka 7.99.

Artinya, jika lama pendidikan itu adalah wajib 9 tahun, maka warga Tabalong hampir semuanya dapat mengakses angka ideal pendidikan.

Pada kesempatan itu, Anang Syakhfiani juga menyinggung rangking raihan IPM Tabalong yang menempati peringkat 3 se Kalimantan Selatan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tabalong H Hasan Mugeni Usman mengatakan bahwa SAMTA yang berdiri di atas lahan seluas 6000 meter persegi sudah berdiri bangunan TK dan SMP, gedung pertemuan, Kedai dan Sekretariat PDM.

“Kami masih membuka partisipasi masyarakat menjadi bagian menyelesaikan SAMTA. Saat ini baru selesai 50%,” ujar ketua PDM ini.

Hasan Mugeni Usman mengapresiasi bantuan para pihak yang selama ini telah banyak membantu pembangunan SAMTA, baik dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan PT Sapta Indrasehati, kontraktor tambang di PT Adaro Indonesia.

“Rencana lahan SAMTA akan diisi dengan 12 bangunan. Untuk membangun sisanya sedikitnya masih memerlukan dana sekitar Rp2 miliaran lebih,” beber Ketua Panitia Pembangunan SAMTA, Wahyu Wibowo.

Bupati dan rombongan PDM berkesempatan meninjau bangunan SMP Alam yang terdiri dari dua lantai dengan bahan bangunan dari kayu, sebekum akhirnya menikmati makan siang di Kedai KopiMu yang berdekatan dengan Gedung Aula Jenderal Soedirman.

SAMTA yang mengintegrasikan pendidikan Paud, TK, SD dan SMP tersebut menjadi yang pertama di Kabupaten Tabalong. Foto-Istimewa

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Birin

Kalsel

Denny Lapor ke MK, Paman Birin Balas Lambaian Tangan
apahabar.com

Kalsel

Ringankan Beban Masyarakat, Yayasan Haji Maming Gelar Sunatan Massal Gratis
apahabar.com

Kalsel

Polemik Taksi Online di Bandara Menemui Titik Terang
apahabar.com

Kalsel

Dua Calon Jemaah Haji Kota Banjarmasin Gagal Berangkat
apahabar.com

Kalsel

Viral Maling Berhijab Terekam CCTV di Banjarmasin, Simak Penjelasan Polisi
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Waspada, Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di 5 Wilayah Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Polisi Bekuk Buronan Kasus Sabu 2 Kg di Jalan Sultan Adam
apahabar.com

Kalsel

Jalin Silaturahmi, Petinggi TNI-Polri Kotabaru Kunjungi Guru Mufran Pantai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com