Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Daki Gunung Seberangi Sungai, 36 Jam Petugas Kawal Distribusi Logistik ke HST

- Apahabar.com Senin, 7 Desember 2020 - 16:42 WIB

Daki Gunung Seberangi Sungai, 36 Jam Petugas Kawal Distribusi Logistik ke HST

Menempuh medan yang tidak mulus, petugas mengawal distribusi logistik Pilkada Kalsel 2020. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pendistribusian logistik untuk TPS di dua lokasi Desa Aing Bantai dan Juhu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mulai dilakukan, Minggu (6/12) kemarin,

Menuju dua lokasi ini bukan perihal gampang. Perlu makan waktu sekitar 36 jam atau 2 hari 1 malam dengan berjalan kaki baru sampai kesana. Estimasi waktu ini dihitung dari titik keberangkatan di Kecamatan Batang Alai Timur HST.

“Perjalanan pendistribusian memakan waktu kurang lebih 36 jam atau sekitar 2 hari 1 malam dengan berjalan kaki,” ujar Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, Senin (7/12).

Ada 12 Pasukan Pam baik TNI maupun Polri yang mengawal pendistribusian logistik maupun pemungutan suara Pilkada 2020 di 9 Desember mendatang di dua lokasi tersebut.

“TNI 4 orang masing-masing 2 di Desa Juhu, 2 di Desa Aing Bantai. Kemudian Polri 8 orang masing-masing 4 di Desa Juhu, 4 di Desa Aing Bantai,” jelasnya.

Akses untuk menuju dua lokasi itu memang tergolong sulit. Tak bisa menggunakan sarana angkutan. Aparat keamanan bersama penyelenggaraan pemilu harus berjalan kaki mendaki gunung dan menyebrangi sungai untuk sampai ke sana.

“Pendistribusian surat suara Pemilihan 2020 ke TPS terjauh di Desa Aing Bantai dan Juhu Kabupaten HST dengan pengawalan Anggota TNI Polri,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Kalsel telah menyiapkan Sebanyak I.438 personel untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020 yang dilaksanakan di 7 kabupaten kota di Kalsel.

Selain itu, 200 personel Brimob Polda Kalteng turut diperbantukan untuk pengamanan ini.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan, ribuan personel kepolisian ini bakal disebar ke polres-polres yang di wilayahnya melaksanakan.

“Ini akan dilakukan pergeseran pasukan ke polres-polres jajaran untuk mengamankan pemungutan suara. Pemungutan suara dilakukan 9.669 TPS di seluruh Kalsel,” imbuh Rikwanto.

Para personel ini bertugas tak hanya dalam hal pengaman pelaksanaan. Namun dalam prakteknya mereka juga bisa membantu untuk hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada.

“D lapangan tak hanya pengamanan. Tapi juga membantu distribusi politik. Membantu masyarakat, KPU, Bawaslu dan lainnya. Jadi disini pun dilakukan, selama berkaitan dengan Pilkada dan mengamankannya,” Jelasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Horeee, Jembatan Sungai Puting Tapin Sudah Bisa Dilewati
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diteror Kabut Asap, Wakapolri Minta Pemda Proaktif
apahabar.com

Kalsel

Forum Anak Daerah HST Kembali Dibentuk
apahabar.com

Kalsel

Fakta Baru Malam Minggu Berdarah di RK Ilir Banjarmasin Selatan; Tawa Berujung Petaka
apahabar.com

Kalsel

MAN 1 HST Nyaris Terbakar Lagi, Sosok Misterius Muncul
apahabar.com

Kalsel

Gerak Cepat Polda Kalsel Terkait Temuan Tambang Ilegal di Tala
Jurnalis

Kalsel

Hari Kedua Penggalangan Dana Jurnalis Kotabaru, Total Terkumpul Rp 8,4 Juta
apahabar.com

Kalsel

Ringankan Warga Terimbas Covid-19, Polres Tala Berbagi Bapok
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com