Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Desa Binaan Indocement Raih Status Proklim Utama dari KLHK RI

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 17:06 WIB

Desa Binaan Indocement Raih Status Proklim Utama dari KLHK RI

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana menyerahkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI kepada Management Indocement bersama Desa Mitra dari Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir, Plt Kepala Desa Langadai, Tri Sutrisno. Foto : Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Jelang akhir tahun 2020 ini, desa mitra PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Plant Tarjun menerima penghargaan Proklim Utama untuk program kampung ramah lingkungan.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI itu diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana kepada Management Indocement bersama Desa Mitra dari Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir, Plt Kepala Desa Langadai, Tri Sutrisno.

Prosesi itu berlangsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan pada 1 Desember 2020 tadi.

Management PT ITP Plant Tarjun, Teguh Iman Basoeki mengatakan penghargaan diberikan kepada pelaksana Proklim 2020 yang sudah melaksanakan joint activities mitigasi dan adaptasi di tingkat tapak, juga kepada penanggungjawab atau pelaksana aksi mitigasi yang sudah melakukan registrasi di SRN dalam rangka penurunan emisi serta kepada Kepala Daerah yang telah memberikan dukungan dalam implementasi ProKlim melalui regulasi dan kebijakan.

“Indocement mendapatkan apresiasi penghargaan ini atas upaya berkelanjutan dalam kampanye perubahan iklim yang dilakukan bersama-sama masyarakat desa mitranya di semua lokasi operasional, seperti halnya Proklim Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dan Sekolah Adiwiyata,” tutur Teguh.

Teguh mengatakan, upaya yang dilakukan utamanya di lingkungan internal dan proses produksi. Indocement menjadi satu-satunya Produsen semen yang dianugerahi penghargaan tersebut.

“Proklim merupakan program skala nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, program ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat desa di Indonesia dalam menghadapi dampak perubahan iklim,” jelasnya.

Dikatakannya lebih jauh, salah satu desa mitra Indocement Plant Tarjun yakni Desa Langadai merupakan salah satu wilayah yang menjadi desa Proklim Utama tingkat nasional, yang tentunya merupakan buah kerja sama antara masyarakat Desa Langadai dan Indocement.

“Kerjasama ini mendapatkan banyak apresiasi baik dari penggiat lingkungan hidup Desa Langadai dan pemerintahan desa setempat,” tambahnya.

Sementara, Plt Kepala Desa Langadai, Tri Sutrisno mengungkapkan, pihaknya sangat senang dan mengapresiasi kepada Indocement atas kontribusinya dan konsistensinya terhadap desa mitranya.

Terpilihnya Desa Langadai sebagai salah satu nominator dari Proklim tidak lepas dari kerjasama yang erat antara Desa Langadai dengan Indocement.

Pemdes Langadai menyampaikan terima kasih yang sangat mendalam kepada Indocement atas konsistensinya dalam turut menjaga kawasan mangrove Desa Langadai sejak tahun 2014.

Salain itu, bimbingan melalui pelatihan yang digelar oleh perusahaan dan juga danau (Embung) Langadai sebagai salah satu poin dalam penilaian Proklim karena airnya telah disalurkan ke sekitar 100 kepala keluarga masyarakat Desa Langadai serta beberapa program lainnya seperti madu kelulut.

Ia berharap dengan status Desa Proklim Utama tingkat nasional untuk Desa Langadai akan menjadi insiprasi bagi desa-desa mitra Indocement lainnya untuk semakin peduli terhadap lingkungan dan mencegah terjadinya perubahan iklim.

“Sekali lagi terimakasih kepada Indocement, dan penghargaan yang diraih. Tentunya hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menjaga lingkungan dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Izin Keramaian

Kota Baru

Di Kotabaru, Tak Ada Izin Keramaian Perayaan Natal dan Tahun Baru
apahabar.com

Kota Baru

181 Pelaku Perikanan di Kotabaru Dapat BST
apahabar.com

Kota Baru

Tanggap Darurat, PT BKW Dirikan Posko di Lokasi Kebakaran Kotabaru
apahabar.com

Kota Baru

Baru Sebulan Menjabat, Dandim Kotabaru Dukung Pengembangan Sektor Pertanian
apahabar.com

Kota Baru

Realisasi APBN Kotabaru-Tanbu Capai Rp396,2 M

Kota Baru

Cek Kesiapan Pilkada Kotabaru, Pjs Bupati Keliling Kecamatan
apahabar.com

Kota Baru

Berharap Covid-19 Segera Musnah, Ratusan Warga Kotabaru Keliling Kampung Lantunkan Selawat Burdah
apahabar.com

Kota Baru

Update Kondisi Korban Kebakaran di Patmaraga Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com