Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi

Disebut Tim Relawan 01 Hilang Netralitas, Simak Jawaban KPU Kalteng

- Apahabar.com Minggu, 20 Desember 2020 - 22:12 WIB

Disebut Tim Relawan 01 Hilang Netralitas, Simak Jawaban KPU Kalteng

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Aliansi Relawan Masyarakat Kalimantan Tengah mengajak masyarakat untuk ikut menandatangani petisi menolak hasil pleno KPU setempat pada Jumat (18/12/2020).

Penggalangan petisi tersebut bertujuan agar Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan hasil keputusan sidang pleno penetapan perhitungan suara yang dimenangkan paslon 02 H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo.

Ketua Aliansi Relawan Masyarakat Kalimantan Tengah, HM Riban Satia, mengatakan salah satu alasan pihaknya menggalang petisi tersebut karena mereka menilai hilangnya netralitas KPU sebagai penyelenggara.

Selain itu dan tidak berjalannya fungsi tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

“Kami nilai dalam sidang pleno KPU provinsi memenangkan pasangan calon 2, Sugianto-Edy,” kata Ketua Umum Kordinator Tim Relawan 01 ini, Minggu (20/12).

Padahal berdasarkan bukti dan fakta di lapangan, terdapat 14 macam pelanggaran di beberapa tempat pemungutan suara (TPS), baik tingkat kota, kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa.

Jenis pelanggaran, terjadi kecurangan, pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan masif serta penyalahgunaan wewenang sebagai petahana/pejabat negara.

Sementara itu Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim menegaskan, pihaknya sudah bekerja sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bahkan lanjut Harmain, saksi paslon 01 saat rekapitulasi menyampaikan bahwa KPU telah bekerja dengan baik.

“Pada dasarnya kita menghormati sikap dari pasangan calon nomor 1, di mana saksi mereka tidak menandatangani berita acara saat rapat pleno rekapitulasi di tingkat KPU provinsi dan membawanya ke MK,” ucap Harmain.

Namun KPU Kalteng, tetap menghormati sikap 01 membawa hal itu ke ranah MK. Saat ini pihaknya masih menunggu pemberitahuan resmi terkait permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari MK.

“Apakah ada untuk Kalimantan Tengah atau bagaimana, dan tentunya kita juga sudah siap,” imbuh Harmain.

Tim Relawan 01

Ketua Umum Kordinator Tim Relawan 01 HM Riban Satia. Foto: Istimewa

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Tanggulangi Karhutla, Ben Brahim Kenalkan Inovasi SPA ke Presiden
Demokrat Kalteng

Kalteng

Parij Ismet Puji Pengaruh Koyem di Demokrat Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Amankan Libur Panjang, Polres Kapuas Kalteng Siapkan Personel dan Sapras
apahabar.com

Kalteng

Kronologi Penangkapan Buaya Raksasa oleh Warga Desa Arga Mulya
apahabar.com

Kalteng

Tiga Parpol di Kalteng Ajukan Perselisihan Perolehan Suara ke MK
apahabar.com

Kalteng

Resmi Operasional, RS Palangka Raya Siap Terima Pasien Limpahan Covid-19
apahabar.com

Kalteng

TMMD ke-105 di Pangkut Selesai 100%
apahabar.com

Kalteng

Waket DPRD Barut: Wartawan Harus Melawan Ketidakadilan Sosial
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com