Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Diskusi Pembelajaran Tatap Muka, Turun Tangan Banjarmasin Gandeng Komunitas Pemuda di Kalsel

- Apahabar.com     Senin, 21 Desember 2020 - 19:31 WITA

Diskusi Pembelajaran Tatap Muka, Turun Tangan Banjarmasin Gandeng Komunitas Pemuda di Kalsel

Kegiatan FGD dengan tema Pembelajaran Tatap Muka (Sumber : TurunTangan Banjarmasin)

apahabar.com, BANJARMASIN – Wacana Pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka sudah di depan mata.

Berangkat dari hal itu, TurunTangan Banjarmasin menggandeng beberapa komunitas pemuda di Kalimantan Selatan untuk memberikan sumbangan pikiran melalui forum Focus Group Discussion (FGD).

“Kami ingin membangkitkan kemampuan berpikir kritis para pemuda terhadap isu permasalahan yang sedang terjadi. Dalam hal ini adalah rencana kembalinya pembelajaran secara tatap muka,” ungkap Koordinator TurunTangan Banjarmasin, Muhammad Iqbal Pratama, kepada apahabar.com, Senin (21/12) sore.

Ketetapan belajar tatap muka sebelumnya sudah dikeluarkan secara resmi oleh Kemendikbud RI. Namun belakangan menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat.

Beberapa alasannya antara lain belum ada kepastian terkait vaksinasi, angka penyebaran Covid-19 yang masih meningkat hingga kesiapan protokol kesehatan dari satuan pendidikan.

“Dari hasil diskusi bersama para komunitas, kami sepakat untuk mendukung kebijakan yang akan dilaksanakan dengan berbagai catatan,” ujarnya.

Tentang hal ini, ada beberapa catatan yang dia tekankan yaitu pemerintah ataupun pihak sekolah harus melakukan sosialisasi protokol kesehatan secara masif dan berkelanjutan kepada semua peserta didik.

Pemerintah juga diminta agar konsisten melakukan evaluasi terhadap rencana ini untuk menyusun langkah atau kebijakan yang akan dilaksanakan selanjutnya.

“Selain itu, memang perlu ada model komunikasi baru bagi murid dan guru agar pembelajaran berjalan efektif di tengah pandemi. Begitu juga peningkatan kapasitas guru terhadap teknologi, sehingga kami berkomitmen untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan agar mereka bisa menggunakan teknologi secara maksimal,” imbuhnya

Meski berasal dari latar belakang yang berbeda, semua peserta FGD aktif dalam memberikan suara dan pandangannya mengenai wacana ini.

Komunitas yang hadir sebagian besar bergerak di bidang pendidikan seperti 1000 Guru Kalsel, Arsa Kalsel, Literasi Banua, FKIP Mengajar, Pemuda Bakti Banua, Kolaborasi Pemuda Indonesia, Peduli Dingsanak, YOT Banjarmasin, Forum Indonesia Muda, Forum Anak Banjarmasin, Genre Kalsel, Ikut Berbagi Community, dan Gerakan Milenial Indonesia Kalsel.

Sebagai informasi, FGD ini digelar pada Minggu (20/12) kemarin di Kampung Buku Banjarmasin.

“Selain silaturahmi, ini juga menjadi langkah awal pergerakan komunitas untuk bisa bergerak bersama dan saling bertukar pikiran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” lanjutnya.

TurunTangan Banjarmasin sendiri merupakan komunitas berbasis kerelawanan yang bergerak dalam berbagai isu permasalahan yang ada di Banjarmasin, seperti pendidikan, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

“TurunTangan Banjarmasin akan melanjutkan FGD ini dengan berbagai isu permasalahan lainnya dengan tetap mengundang para komunitas yang ada di Banjarmasin,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ansharuddin Tinjau Perbaikan Pasar S Lewan Paringin
apahabar.com

Kalsel

DBD ‘Serang’ Tanah Laut, 24 Orang Dalam Penanganan Medis
apahabar.com

Kalsel

Pemuda Tapin Terus Berupaya Membangkitkan Seni dan Budaya Daerah
Solar Langka

Kalsel

Kisruh Solar Langka di Kalsel Jadi Atensi Polda
Tapin

Kalsel

Misteri Tewasnya Dua Anak Saat Kebakaran Maut di Binuang Tapin
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla, Kapolsek Rantau Badauh: Pembakaran Lahan Ada Hukum dan Sanksinya
apahabar.com

Kalsel

Info Cuaca Kalsel, 6 Wilayah Hujan Lokal Siang Ini
Apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS: Belasan Jam Dicari, Bocah Tenggelam di Sungai Martapura Ditemukan Mengapung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com