UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Diskusi Pembelajaran Tatap Muka, Turun Tangan Banjarmasin Gandeng Komunitas Pemuda di Kalsel

- Apahabar.com Senin, 21 Desember 2020 - 19:31 WIB

Diskusi Pembelajaran Tatap Muka, Turun Tangan Banjarmasin Gandeng Komunitas Pemuda di Kalsel

Kegiatan FGD dengan tema Pembelajaran Tatap Muka (Sumber : TurunTangan Banjarmasin)

apahabar.com, BANJARMASIN – Wacana Pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka sudah di depan mata.

Berangkat dari hal itu, TurunTangan Banjarmasin menggandeng beberapa komunitas pemuda di Kalimantan Selatan untuk memberikan sumbangan pikiran melalui forum Focus Group Discussion (FGD).

“Kami ingin membangkitkan kemampuan berpikir kritis para pemuda terhadap isu permasalahan yang sedang terjadi. Dalam hal ini adalah rencana kembalinya pembelajaran secara tatap muka,” ungkap Koordinator TurunTangan Banjarmasin, Muhammad Iqbal Pratama, kepada apahabar.com, Senin (21/12) sore.

Ketetapan belajar tatap muka sebelumnya sudah dikeluarkan secara resmi oleh Kemendikbud RI. Namun belakangan menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat.

Beberapa alasannya antara lain belum ada kepastian terkait vaksinasi, angka penyebaran Covid-19 yang masih meningkat hingga kesiapan protokol kesehatan dari satuan pendidikan.

“Dari hasil diskusi bersama para komunitas, kami sepakat untuk mendukung kebijakan yang akan dilaksanakan dengan berbagai catatan,” ujarnya.

Tentang hal ini, ada beberapa catatan yang dia tekankan yaitu pemerintah ataupun pihak sekolah harus melakukan sosialisasi protokol kesehatan secara masif dan berkelanjutan kepada semua peserta didik.

Pemerintah juga diminta agar konsisten melakukan evaluasi terhadap rencana ini untuk menyusun langkah atau kebijakan yang akan dilaksanakan selanjutnya.

“Selain itu, memang perlu ada model komunikasi baru bagi murid dan guru agar pembelajaran berjalan efektif di tengah pandemi. Begitu juga peningkatan kapasitas guru terhadap teknologi, sehingga kami berkomitmen untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan agar mereka bisa menggunakan teknologi secara maksimal,” imbuhnya

Meski berasal dari latar belakang yang berbeda, semua peserta FGD aktif dalam memberikan suara dan pandangannya mengenai wacana ini.

Komunitas yang hadir sebagian besar bergerak di bidang pendidikan seperti 1000 Guru Kalsel, Arsa Kalsel, Literasi Banua, FKIP Mengajar, Pemuda Bakti Banua, Kolaborasi Pemuda Indonesia, Peduli Dingsanak, YOT Banjarmasin, Forum Indonesia Muda, Forum Anak Banjarmasin, Genre Kalsel, Ikut Berbagi Community, dan Gerakan Milenial Indonesia Kalsel.

Sebagai informasi, FGD ini digelar pada Minggu (20/12) kemarin di Kampung Buku Banjarmasin.

“Selain silaturahmi, ini juga menjadi langkah awal pergerakan komunitas untuk bisa bergerak bersama dan saling bertukar pikiran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” lanjutnya.

TurunTangan Banjarmasin sendiri merupakan komunitas berbasis kerelawanan yang bergerak dalam berbagai isu permasalahan yang ada di Banjarmasin, seperti pendidikan, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

“TurunTangan Banjarmasin akan melanjutkan FGD ini dengan berbagai isu permasalahan lainnya dengan tetap mengundang para komunitas yang ada di Banjarmasin,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warga Kelayan Timur Resah, Sekumpulan Pemuda ‘Pesta’ Lem dan Aldo di Jalan
apahabar.com

Kalsel

Di Banjarmasin, Denda Tak Pakai Masker Masih di Angan-Angan
apahabar.com

Kalsel

Sembari Bagikan Helm Gratis, Polisi Sosialisasikan Berlalu Lintas Kepada Driver Gojek
Kalimantan Selatan Kembali Hujan  

Kalsel

Kalimantan Selatan Kembali Hujan  
Selama Tiga Hari, Rest Area di Batola Buang 4 Ton Sampah

Kalsel

Selama Tiga Hari, Rest Area di Batola Buang 4 Ton Sampah
apahabar.com

Kalsel

Pengurus Mabiran dan Kwarran Pramuka Telaga Langsat Dilantik
apahabar.com

Kalsel

Polisi Bongkar Jaringan Narkotika di Teluk Dalam, Intip Respon Kalapas
apahabar.com

Kalsel

Satgas TMMD Kibarkan Bendera Setengah Tiang Hormati Wafatnya Koptu Rizani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com