Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

DPRD Tanbu Ketok Anggaran Kesehatan Gratis Tahun 2021 Sebesar Rp 65 Miliar

- Apahabar.com Rabu, 2 Desember 2020 - 19:31 WIB

DPRD Tanbu Ketok Anggaran Kesehatan Gratis Tahun 2021 Sebesar Rp 65 Miliar

DPRD Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap RAPBD tahun anggaran 2021. Foto-DPRD Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap RAPBD tahun anggaran 2021, Jumat (27/11) kemarin.

Dalam rapat tersebut DPRD Tanah Bumbu menyetujui dan mengetok anggaran untuk pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kabupaten Tanah Bumbu di APBD Tahun Anggaran 2021.

Anggaran untuk pelayanan kesehatan gratis tersebut diketok sebesar Rp 65 miliar yang akan mengcover pelayanan kesehatan dan berobat gratis bagi warga dengan sistem UHC (Universal Health Coverage) atau diberlakukan terhadap seluruh warga Kabupaten Tanah Bumbu melalui BPJS Kesehatan.

Dengan pelayanan kesehatan gratis sistem UHC ini seluruh warga Kabupaten Tanah Bumbu akan memperoleh layanan kesehatan standar gratis di kelas 3.

“Itu kepentingan seluruh warga Kabupaten Tanah Bumbu. Disetujui dan diketok sebesar Rp 65 miliar. Sebelumnya kita melaksanakan rapat dengan pihak Dinas Kesehatan melalui Pokja II yang saya pimpin sebelum diketok di paripurna DPRD,” ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sudarma.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, membenarkan terkait anggaran kesehatan gratis tersebut yang telah disetujui dan diketok sebesar Rp 65 miliar.

“Anggaran sebesar Rp 65 miliar tersebut untuk UHC mencakup 96 persen dari seluruh warga Tanah Bumbu, selebihnya adalah sudah tanggungan Pemerintah Pusat melalui JKN,” tutur H Upi sapaan akrab H Supiansyah.

UHC sendiri merupakan suatu konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup beberapa aspek.

Di antaranya penerima manfaat pelayanan kesehatan adalah seluruh penduduk, ketersediaan pelayanan mendasar, merata dan mudah, serta cakupan pelayanan kesehatan mulai dari yang pelayanan sederhana hingga pelayanan berbiaya mahal yang mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Wakil Ketua DPRD Tanbu Berbagi Sembako di Awal Ramadan
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Pisah Sambut Dandim, Anggota Dewan Minta Sinergitas Tetap Terjalin
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Apresiasi Panen Raya Padi di Sari Gadung
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Eksekutif dan Legislatif di Tanbu Sepakati KUPA-PPAS Perubahan 2020
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Gabungan Komisi DPRD Tanah Bumbu Gelar RDP Terkait Bansos
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Resmi, DPRD Tanah Bumbu Terima Dua Perubahan Raperda
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Pimpinan dan Fraksi DPRD Tanah Bumbu Tandatangani Tuntutan Aliansi Masyarakat Melawan
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Komisi II DPRD Tanah Bumbu Gelar Rapat Bersama Soal HGU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com