Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Enam Kadin di Kalsel Layangkan Surat Mosi Tak Percaya Kepemimpinan Ketum Edy Suryadi

- Apahabar.com Selasa, 8 Desember 2020 - 09:54 WIB

Enam Kadin di Kalsel Layangkan Surat Mosi Tak Percaya Kepemimpinan Ketum Edy Suryadi

Ketua Kadin Banjar HM Rofiqi menyerahkan berkas mosi tak percaya terhadap kepemimpinan Edy Suryadi. Foto: istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 6 Kamar Dagang Industri (Kadin) kabupaten atau kota se Kalimantan Selatan melayangkan surat pernyataan mosi tak percaya terhadap kepemimpinan Edy Suryadi selaku Ketum Kadin Kalsel pada 24 November 2020 lalu.

Berdasarkan dokumen resmi yang diterima apahabar.com, surat pengantar tersebut disampaikan ke Ketua Umum Kadin Indonesia pada 26 November 2020 atas nama Kadin Kabupaten atau Kota Efendi Nur Ifansyah.

Namun, tak hanya Efendi Nur Ifansyah selaku Ketua Kadin Kota Banjarmasin yang menandatangani surat mosi tak percaya tersebut, melainkan tercantum pula Ketua Kadin Banjar H Muhammad Rofiqi, Ketua Kadin Tanah Laut HM Syarkawi, Ketua Kadin Tanah Bumbu Hj Arbayah, Ketua Kadin Kotabaru Suwandi, dan Ketua Kadin Tabalong Mukhazir.

Terkait hal itu, Ketua Kadin Banjar Muhammad Rofiqi membenarkan telah menandatangani surat mosi tak percaya tersebut.

“Ya, memang itu poin-poin yang kami sampaikan dalam surat pernyataan bersama itu,” ucap Rofiqi melalui siaran pers yang diterima apahabar.com, Senin (7/12) malam tadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Kalsel H Gusti Rusliansyah mengungkapkan, Edy Suryadi telah menugaskan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap 6 Ketua Kadin Kabupaten atau Kota yang mengeluarkan surat pernyataan mosi tak percaya tersebut.

“Saya bagian anggota tim yang diberikan SK, dan Rizali Lutfhi sebagai Ketua Tim ditambah beberapa orang anggota lainnya,” bebernya.

Ia berencana akan memanggil yang bersangkutan pada Kamis (10/12) dan Sabtu (12/12) nanti dengan perihal klarifikasi terhadap surat mosi tak percaya tersebut.

“Kami panggil, dan secepatnya persoalan ini kita selesaikan sebelum Rapim Kadin Kalsel, Januari 2021 mendatang,” tuturnya.

Gusti memastikan, Ketua Kadin Kabupaten atau Kota yang mengeluarkan surat mosi tak percaya bisa diberhentikan oleh Kadin Kalsel.

“Apalagi nanti ada alasan-alasan yang tidak jelas, dan bertentangan dengan AD/ART. Saya kira setelah surat panggilan sampai 3 kali tidak dihadiri, kami bisa mengambil sikap resmi hasil klarifikasi tersebut,” tandasnya.

Dalam surat pernyataan bersama mosi tidak percaya yang tertulis tersebut, tertuang sederet hal yang menjadi pertimbangan 6 Ketua Kadin Kabupaten atau Kota.

Antara lain seperti tata kelola organisasi yakni Tahun 2020 Kadin Kalsel memasuki tahun ke-5 namun belum digelar Rapim Provinsi Kalsel, sehingga mendapatkan teguran dari Kadin Indonesia.

Kemudian, Ketum Kadin Kalsel melakukan reshuffle kepengurusan terhadap 5 pengurus tidak melalui proses rapat pleno internal Kadin Kalsel.

Lalu kondisi Kadin Kalsel masih ada 4 kabupaten yang belum dituntaskan. Bahkan, dalam surat pernyataan tersebut menegaskan status H Edy Suryadi yang masih berproses hukum di kepolisian dan kejaksaan.

Dikonfirmasi terpisah, Ketum Kadin Kalsel H Edy Suryadi belum bisa dihubungi via ponsel.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Maknai Hari Kemerdekaan RI, Bupati Kotabaru Tantang Insan Pers
apahabar.com

Kalsel

Masuk Pasar Martapura Tidak Pakai Masker Pasti Balik Kanan
apahabar.com

Kalsel

Viral Kecelakaan Mobil Patwal Bupati HSU, Warganet Komentari Tiang Listirk
apahabar.com

Kalsel

TKD Kalsel Optimis Jokowi-Ma’ruf Menang Tipis
apahabar.com

Kalsel

Harganas 2019, Dinkes Kalsel Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bersama
apahabar.com

Kalsel

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Anggota Polda Kalsel Bantu Pengumpul Sampah di TPA Basirih
apahabar.com

Kalsel

38 Warga HST Dominasi Penambahan Kasus Baru Covid-19 di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Saran Paman Birin Agar Bungkus Daging Kurban Tidak dengan Kantong Plastik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com