Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Giliran Habib Banua Sarankan Presiden Angkat Mardani H Maming Jadi Menteri

- Apahabar.com Senin, 21 Desember 2020 - 16:30 WIB

Giliran Habib Banua Sarankan Presiden Angkat Mardani H Maming Jadi Menteri

REPUTASI mentereng MHM di kancah nasional dan daerah dinalai pantas mengisi satu kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Foto: Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPD RI Habib Abdurrahman Bahasyim menyarankan Presiden Jokowi mengangkat Mardani H Maming (MHM) sebagai menteri di tengah mencuatnya isu reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju.

Sosok Mardani dinilai Habib Banua – sapaan Abdurrahman – bisa menjadi angin segar bagi kelesuan sektor perekonomian Indonesia di tengah badai Covid-19.

Sebelum menjabat orang nomor satu di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), MHM merupakan bupati yang sukses memimpin Kabupaten Tanah Bumbu pada 2010-2018.

MHM juga berlatar pengusaha sukses. Dia CEO PT Batulicin 69 dan PT Maming 69, perusahaan holding yang membawahi 55 entitas anak bisnis, dari pertambangan mineral, penyewaan alat berat hingga properti.

Habib Banua menilai saat ini Presiden Jokowi butuh sosok muda yang bisa membantunya mengeksekusi Nawacita.

“Jika kita mau jujur banyak tokoh nasional yang sangat pantas untuk menjadi menteri membantu presiden di kabinet Indonesia maju, salah satunya Ketum Hipmi Mardani H Maming,” ujar Habib Banua sapaan Abdurrahman kepada apahabar.com, Senin (21/12) siang.

Menurutnya, sosok MHM sangat pas untuk mengisi kursi menteri lantaran kenyang pengalaman sebagai pengusaha hingga kepala daerah.

“Jadi saya sarankan sebagai wakil daerah untuk Indonesia, presiden jika memang melakukan reshuffle kabinet agar memilih menteri yang mengerti dan memahami perekonomian seperti MHM,” ujar senator asal Kalsel itu.

Kinerja menteri yang ada saat ini, kata dia, jauh dari harapan. Terlebih pasca-rentetan penangkapan dua menteri sekaligus oleh KPK.

Habib Banua menyarankan Presiden untuk segera mengevaluasi kinerja para menterinya dan mendengar masukan masyarakat.

Presiden Jokowi sudah berkali-kali menyatakan bahwa dia akan memimpin Indonesia pada periode kedua dengan tanpa beban. politik.

“Saya rasa presiden harus betul betul memberi penilaian yang objektif untuk kepentingan rakyat, jangan tunduk pada kepentingan politik,” pungkasnya.

Isu reshuffle mencuat setelah menteri Kabinet Indonesia Maju dinilai kurang maksimal menangani dampak pandemi Covid-19.

MHM, menurut Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer, layak direkomendasikan bersama Sandiaga Uno menjadi menteri.

“Nama-nama yang layak untuk di kabinet selanjutnya ini, kita hanya menawarkan ya, ada lima. Ada beberapa dari pengusaha-pengusaha, salah satunya adalah Pak Sandiaga Uno dan anak-anak muda yang punya energi. Karena kalau seandainya menterinya bersih tapi tidak bisa bekerja dan tidak punya keberanian mengambil kebijakan, itu juga sama saja bohong, makanya dibutuhkan orang-orang yang punya kenekatan dan keberanian,” tuturnya belum lama tadi.

MHM berlatar pengusaha sukses. Dia juga CEO PT Batulicin 69 dan PT Maming 69, perusahaan holding yang membawahi 55 entitas anak bisnis, dari pertambangan mineral, penyewaan alat berat hingga properti.

“Bagus sekali itu dari pengusaha muda atau asosiasi pengusaha, tapi jangan bermain-main karena kebutuhan bangsa ini membutuhkan menteri-menteri yang mau bekerja. Kita doronglah ketua umum Hipmi ini untuk menjadi menteri, track record-nya dia yang begitu bagus, dia pernah menjabat sebagai eksekutif menjadi kepada daerah, ketua umum APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), Ketua PDIP Kalimantan Selatan, kemudian dia memimpin sebuah perhimpunan para pengusaha atau Hipmi, itu bagus. Kita akan masukkan namanya kalau seandainya beliau bagus. Saya akan rekomendasikan figur muda masuk kabinet,” imbuh Komisaris Independen PT Mega Eltra anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu,

Kehadiran sosok menteri muda nan-enerjik dinilainya dapat menjadi angin segar bagi Jokowi untuk mengeksekusi Nawacita.

Terlebih setelah meluasnya desakan pembatalan Omnibus Law UU Cipta Kerja yang baru disahkan DPR RI 5 Oktober kemarin.

Immanuel mengambil contoh menteri yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Keduanya memiliki performa yang masih bagus.

“Kalau sampai detik ini saya lihat Pak Erick Thohir masih performa kerjanya. Beliau juga ditugaskan menjadi Ketua Pelaksana Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” katanya.

Sosok muda seperti Sandiaga Uno dan Mardani H Maming layak direkomendasikan seirama dengan tekad presiden untuk membangkitkan perekonomian yang terpukul pandemi Covid-19. Banyak pengusaha yang down, dan tak sedikit bisnis mereka yang bangkrut.

“Presiden mengambil kebijakan relaksasi buat para pengusaha-pengusaha agar roda ekonominya berjalan. Yang jadi bermasalah adalah ketika mereka ditempatkan di posisi jabatan kementerian itu mereka tidak mampu bekerja,” pungkasnya.

Noel menambahkan pemahaman milenial parameternya bukan soal bisa kerja atau tidak bisa kerja. Milenial juga harus punya pengalaman di bidang politik, karena posisi-posisi kementerian yang berbasis politik harus punya pengalaman politik dan pemahaman ideologi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hujan Lagi Siang Ini, BMKG Ingat Warga Kalimantan Selatan
pdip kalsel

Kalsel

Bantu Warga Terdampak Banjir, Sekretariat PDIP Kalsel Disulap Jadi Tempat Pengungsian
apahabar.com

Kalsel

Bantu Relawan Bencana, Dinsos Siapkan Mobil Keliling Untuk Memasak
apahabar.com

Kalsel

Hindari Sengketa Lahan, BPN Batola Geber Reforma Agraria

Kalsel

Penuhi Panggilan Polisi, Editor Banjarhits.id Dicecar Puluhan Pertanyaan
apahabar.com

Kalsel

Asap Masih Terasa, Hujan Intensitas Ringan dan Sedang Pun Mewarnai
PDAM Tabalong

Kalsel

PDAM Tabalong Imbau Warga Tampung Air Bersih
apahabar.com

Kalsel

Sembako Belum Tiba, Warga Terdampak PSBB di Banjarmasin Sabar Dulu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com