BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi

Hari Ibu ke-92, TP PKK HST Gelar Rapid Tes Massal

- Apahabar.com Jumat, 18 Desember 2020 - 08:42 WIB

Hari Ibu ke-92, TP PKK HST Gelar Rapid Tes Massal

TP PKK HST menggelar rapid tes gratis di teras Puskesmas Barabai, Kamis (17/12). Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Memperingati Hari Ibu ke-92, TP PKK Hulu Sungai Tengah (HST) melakasanakan rapid test atau tes kilat.

Sasaran dari pelaksanaan rapid test ini adalah kaum perempuan. Terdiri dari remaja, ibu-ibu hingga lansia.

Peserta yang didata TP PKK untuk mendapatka rapid tes dan diberikan cuma-cuma adalah 100 orang yang hadir di Puskesmas Barabai, Kamis (17/12).

Ketua TP PKK HST, Hj Ernawati Chairansyah mengatakan rapid test gratis yang dirangkai dengan perayaan Hari Ibu ke-92 ini adalah bukti bahwa TP PKK ikut berperan aktif menanggulangi penularan Covid-19.

“Rapid test gratis ini diselenggarakan bagi anggota PKK di kabupaten dan di kecamatan serta masyatakat termasuk sekretariat TP PKK Kabupaten,” ujar Ernawati.

Menurat dia, kegiatan itu sangat relevan kondisi sekarang. TP PKK HST mengambil peran membantu Satgas Covid-19 dalan mempercepat penanganan masalah bencana non alam itu.

“Terima kasih kepada panitia yang ikut menyukseskan kegiatan rapid tes gratis. Seluruhnya telah sadar dan patuh untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan,” kata Ernawati.

Selama ini, sebut Ernawati, TP PKK HST telah berperan membantu Pemkab HST melalui program sosialisasi dan pembagian masker gratis dalam program gerakan memakai masker (Gebrak Masker).

Rencananya, pelaksanaan rapid tes tidak hanya dilaksanakan di Puskesmas Barabai, tetapi juga akan dilaksanakan di Puskesmas lainnya sesuai domisili peserta dengan melibatkan TP PKK setempat.

“Harapannya semuanya non reaktif. Tentunya sangat tidak enak bukan, kalau kita terpapar oleh pandemi ini. Itulah mengapa kita tidak boleh menganggap remeh 3M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Lalu tentu saja Protokol Kesehatan harus dijalankan dengan benar,” terang Ernawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan HST, Dokter Kusudiarto mengatakan, saat ini jumlah pasien sembuh menjadi kabar yang baik bagi semua pihak. Secara tidak langsung juga dapat membangkitkan imunitas dan semangat bagi pasien yang lain untuk berjuang melawan Covid-19.

Peningkatan jumlah kasus yang terjadi saat ini, kata Kusudiarto, jangan dijadikan alasan untuk saling menyalahkan antar pihak. Sebab pandemi saat ini adalah masalah bersama dan dialami masyarakat di seluruh dunia.

“Virus ini hanya meminta kita untuk lebih disiplin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan di tengah keramaian,” tutup Kusudiarto.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jumat Taqwa, Siraman Rohani Bagi ASN Pemkab HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

3 Rumah Kayu Ludes Terbakar, Pemkab HST Salurkan Bantuan
Nataru

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Libur Nataru, Pengunjung Riam Bajandik HST Melonjak
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas
Harjad

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Harjad ke-61 HST Digelar Sederhana dan Khidmat
Sekolah Tatap Muka

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sekolah Tatap Muka Segera Dimulai di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menunggu Keputusan Pemerintah, Koordinasi Cari Jalan Suksesi Pilbup HST
HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Malam Tahun Baru di HST, Sanksi Menunggu Pelanggar Protokol Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com