Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Hari Jadi ke-55 Jadi Momentum Gerakan Penghijauan di Tabalong

- Apahabar.com Jumat, 4 Desember 2020 - 11:52 WIB

Hari Jadi ke-55 Jadi Momentum Gerakan Penghijauan di Tabalong

Penanaman pohon di Gunung Batu, Kelurahan Mabuun RT 01 Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (4/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Dalam rangkaian hari jadi ke-55 Kabupaten Tabalong, ratusan orang dari Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, KPH dan perusahaan melakukan penanaman pohon.

Penanaman yang diawali oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dilakukan di Gunung Batu, Kelurahan Mabuun RT 01 Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (4/12).

Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatiance, mengatakan kegiatan ini diikuti 125 orang dari insransi pemerintah, perusahaan, serta anggota Pramuka.

“Jumlah yang ditanam 700 pohon. Jenisnya Angsana, ” jelasnya.

Sebelumnya penanaman pohon juga sudah dilakukan pada awal 2020 dalam rangka Hari Bumi di eks TPA Mubarai. Di sana, ada 750 pohon trambesi yang ditanam. Sementara 100 pohon angsana ditanam di halaman Pendopo Bersinar.

Kemudian, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia di TPA Bongkang, tanaman bambu hias ditanam sebanyak 150 batang, angsana 300 pohon. Totalnya 2.000 pohon.

“Penanaman pohon ini untuk menjaga stabilitas terhadap lingkungan serta menajaga kesehatan, dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan, ” pungkas Rowi.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan daerahnya sudah mencanangkan Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau (Genta Sihijau).

“Bila membuang sampah sembarangan, kota itu kotor, gersang dan banyak jamban, itu menunjukkan tingkat peradaban daerah belum tinggi. Kita sudah meraih ODF, kebersihan juga bagus, tapi Tabalong masih kurang hijau,” kata Anang.

Anang menjelaskan rimbunnya pepohonan di depan DPRD dan Aston Hotel masih belum cukup. Dia meminta penanaman pohon terus dilanjutkan.

“Saya merekomendasikan pohon yang ditanam jenisnya angsana dan mahoni. Bila KPH atau perusahaan ingin membantu bantulah pohon Mahoni minimal tingginya dua meter,” pungkas Anang.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kapolres

Tabalong

Tingkatkan Pengawasan, Kapolres HSU Cek Kondisi Tahanan
apahabar.com

Tabalong

9 Jabatan Kadis Kosong, Ini Kata Bupati Tabalong
Tabalong

Tabalong

Gegara Perempuan di Tabalong, 2 Saudara Sepupu Aniaya Anak di Bawah Umur
sabu

Kalsel

Dari Nyanyian MHR Polisi Tabalong Tangkap Penjual Sabu, Tinggal Pemasok Diburu
Vaksinasi

Kalsel

Ada Surat Kemenkes RI, Rencana Vaksin di Tabalong Tertunda ke Bulan Februari
apahabar.com

Tabalong

Sempat Tak Berpengunjung, Ekonomi di Pokta Tabalong Mulai Menggeliat
apahabar.com

Tabalong

Harga Mulai Merangkak Naik, Petani di Tabalong Semringah

Tabalong

Dua Hari Berjalan, Dishub Tabalong Evaluasi Operasional Angkutan Kota Gratis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com