Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit

Harjad ke-61 HST Digelar Sederhana dan Khidmat

- Apahabar.com Rabu, 16 Desember 2020 - 13:38 WIB

Harjad ke-61 HST Digelar Sederhana dan Khidmat

Pemotongan tumpeng di Harjad ke 61 HST yang diselenggarakan sederhana di Pendopo Bupati, Selasa (15/12). Foto-Diskominfo HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Mempringati Hari Jadi (Harjad) ke-61 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), pemerintah setempat menggelar acara sederhana di Pendopo Bupati, Selasa (15/12).

Peringatan Harjad yang sebenarnya jatuh tiap 24 Desember ini digelar lebih dahulu mengingat harinya yang bertepatan dengan hari libur.

Agenda ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Harjad ke 61 ini dihadapkan pada masa pandemi yang belum juga berakhir.

Karena itu, peringatan digelar secara sederhana secara virtual melalui kanal YouTube dan Zoom Metting yang disiarkan ke seluruh SKPD dan kecamatan se HST.

Peringatan Harjad diisi dengan mengulas sejarah para pendiri HST sampai pemotongan tumpeng. Acara berjalan kehidmat.

Didahului dengan pembacaan Al qur’An oleh Mufidatul Husna dan sebagai saritilawahnya dibawakan oleh Muthia Humaira.

Lantunan ayat suci bergema di Pendopo Bupati. Terdengar merdu kala ke duanya membacakan ayat-ayat Al quran.

“Rasa syukur, bangga dan bahagia, karena saya atas nama pribadi dan atas nama Pemkab HST mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berhadir dalam penyelenggaraan acara pada tahun ini secara virtual,” kata Bupati HST, HA Chairansyah dalam sambutannya.

Peringatan Harjad ke 61 ini mengangkat tema “Barakat Ikhlas, Gawian Tuntas, Banua Sain Bungas”.

“Usia ke 61 tersebut menggambarkan sebuah kedewasaan, kematangan serta kemantapan kab HST yang dilandasi dengan niat tulus dalam pengabdiannya untuk Bumi Murakata yang Agamis, Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat,” kata bupati.

Di tahun ke 61 HST ini, bupati menginginkan agar pembangunan di banua mengalami perubahan. Baik dari segi pemerintahan maupun pelayanan langsung kepada masyarakat seperti dibidang keagamaan dan kesejahteraan sosial.

Sampai saat ini, masa pemerintahan Chairansyah telah berupaya mewujudkan masyarakat yang agamis dan selalu meningkatkan kualitas kehidupan beragama.

Pemerintah melakukan keserasian hubungan antar ulama dan umara seperti pemberian insentif kepada kaum mesjid dan dai desa terpencil hingga melakukan kegiatan subuh keliling (Suling) secara rutin.

“Pemerintah selalu memberikan yang terbaik untuk kemajuan HST. Terutama di bidang pertanian dan perikanan, pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan perumahan pemukiman, lingkungan hidup hingga kesenian dan olahraga,” tegas bupati.

Momen Harjad ke 61 ini, bupati meminta warga HST agar bersama- sama mendoakan para pendiri dan pejuang di Indonesia khususnya di HST.

Ketua DPRD HST, Rachmadi memaparkan bagaiaman pejuang di Bumi Murakata bisa menjadikan HST menjadi kabupatrn administratif.

Kata Rachmadi, HST diresmikan pada 17 Desember 1959. HST ditetapkan oleh H Basri BA sebagai pejabat kabupaten administratif Barabai dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahub 1959.

Sejak itu kabupaten administratif Barabai ditetapkan menjadi daerah Swatengra Tingkat II HST .

Kemudian dengan keputusan Gubernur, Kepala Daerah Tingkat I Kalsel, atas nama Mendagri tertanggal 5 Desember 1959, surat dengan nomor 11-515-1-9, pada 24 Desember 1959 dilaksanakan serah terima antara Pejabat Bupati HST H Basri BA kepada Bupati Swatantra Tingkat II HST, H Ali Hamdi Budigawis.

Hal itu ditandai dengan penyerahan daerah Swatengra Tingkat II HST sejak 24 Desember 1959.

“Sejak itulah HST berdiri dengan daftar riwayat berbagai pertimbangan. Dengan berbagai pertimbangan, ditetapkanlah pada 24 desember 1959 merupakan hari lahirnya kabupatan daerah tingkat II HST yang melaksanakan otonomi secara penuh sampai sekarang,” tutup Rachmadi.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI HST, KH Wajihudin Saleh. Doa ditujukan untuk keselamatan dan keberkahan bagi warga HST serta para pejuang yang telah mendahului.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Sekolah Tatap Muka

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sekolah Tatap Muka Segera Dimulai di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Wabub HST Lepas 15 Pasien Karantina di Eks Akper Murakata

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menyongsong New Normal di HST, Sosialisasi Protokol Kesehatan Gencar Dilakukan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jalin Silaturahim, Bagian Protokol Setda HST Temui Wartawan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kedatangan Mahasiswa KKN di HST, Wabup Berry Beri Petuah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menuju KLA, Pemkab Gelar Rakor Gugus Tugas
Apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kembali Pertahankan Opini WTP, Wabup HST: Jadikan Motivasi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Minta Perangkat Daerah Buat Instrumen Tentang Perda BPHT
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com