Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

IHSG Zona Merah, Rupiah Akhir Tahun Ditutup Menguat Tajam

- Apahabar.com Kamis, 31 Desember 2020 - 10:57 WIB

IHSG Zona Merah, Rupiah Akhir Tahun Ditutup Menguat Tajam

Ilustrasi rupiah. Foto-Antara/Rahmat

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah pada akhir tahun ditutup menguat mendekati level Rp14.000 per dolar AS.

Sedangkan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup di zona merah dibayangi sentimen pandemi Covid-19 yang masih merebak secara global dan domestik.

Berikut rangkuman berita selengkapnya, seperti dilansir Antara, yang masih menarik untuk dibaca:

1. Rupiah akhir tahun ditutup menguat tajam, dekati Rp14.000 per dolar

Kendati tidak terlalu banyak, nilai tukar rupiah terhadap dolar hari ini berpotensi menguat. Foto-Istimewa

Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir tahun ditutup menguat mendekati level psikologis Rp14.000 per dolar AS.

Rupiah Rabu sore ditutup menguat 80 poin atau 0,57 persen ke posisi Rp14.050 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.130 per dolar AS.

“Dengan melihat perencanaan pemerintah yang optimis akan imunisasi vaksin, maka pelaku pasar kembali gembira, dan merespons positif terhadap pertumbuhan ekonomi ke depan yang akan kembali membaik,” ujar Direktur PT TRFC Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi.

Menurutnya, wajar kalau rupiah akhir tahun ditutup mendekati Rp14 ribu, meningat arus modal asing kembali masuk dalam pasar finansial dalam negeri.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sudah menyiapkan dua gelombang imunisasi vaksin Covid-19 di tanah air.

Gelombang pertama vaksinasi dilakukan pada Januari 2021 hingga April 2021. Vaksin akan disuntikkan pada 1,3 juta petugas kesehatan, dan 17,4 juta petugas publik.

2. Proyek baterai listrik senilai Rp142 triliun segera dimulai

apahabar.com

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto-Antara/Aji Cakti

Proyek pengembangan baterai kendaraan listrik terintegrasi senilai 9,8 miliar dolar AS (setara Rp142 triliun) di Indonesia akan segera dimulai setelah ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara konsorsium BUMN dengan LG Energy Solution Ltd, anak perusahaan konglomerasi LG Group.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dengan LG Energy Solution di Seoul, Korea Selatan pada 18 Desember 2020 dan disaksikan oleh Menteri Perdagangan, Perindustrian dan Energi Korea Selatan Sung Yun-mo.

MoU berisi tentang kerja sama proyek investasi raksasa dan strategis di bidang industri sel bateri kendaraan listrik terintegrasi dengan pertambangan, peleburan (smelter), pemurnian (refining) serta industri prekursor, dan katoda.

3. Meski pandemi, 51 perusahaan catatkan saham di bursa

Ilustrasi – Seorang pengunjung mengabadikan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan gawainya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/9/2020). Foto-Antara/Puspa Perwitasari/foc

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan sebanyak 51 perusahaan telah mencatatkan sahamnya di bursa sepanjang 2020, meski pun pandemi Covid-19 menghantam pasar modal Indonesia.

“Di tengah Pandemi Covid-19, minat perusahaan untuk masuk ke pasar modal tidak surut. Hingga 30 Desember 2020, telah terdapat 51 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering atau IPO dan mencatatkan saham di BEI. Sehingga, sampai dengan saat ini terdapat 713 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI. Indonesia pun masih menjadi bursa dengan jumlah IPO terbanyak di ASEAN,” ujar Inarno saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

4. Kemenhub umumkan pemenang proyek Pelabuhan Patimban

Proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Foto: Antara

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan pemenang proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, adalah konsorsium Patimban yang selanjutnya akan melaksanakan proyek dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha/KPBU selama 40 tahun sejak tanggal operasi tahap 1.

“Proses dan pengumuman pemenang telah dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

5. IHSG akhir tahun ditutup di zona merah

IHSG

Ilustrasi IHSG. Foto-Kompas.com/Garry Lotulung

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir tahun ditutup di zona merah dibayangi sentimen pandemi COVID-19 yang masih merebak secara global dan domestik.

IHSG Rabu sore ditutup melemah 57,1 poin atau 0,95 persen ke posisi 5.979,07. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 10,71 poin atau 1,13 persen ke posisi 934,89.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Pemerintah Pangkas Kuota Impor Minyak Pertamina
apahabar.com

Ekbis

Dongkrak Ekspor Pertanian Lewat Aplikasi i-Mace
BBM

Ekbis

BPH Migas: Target BBM Satu Harga 2020 Telah Tercapai
apahabar.com

Ekbis

Didorong Potensi Stimulus Fiskal AS, Rupiah Hari Ini Berpeluang Menguat
apahabar.com

Ekbis

Bulog Serap Lebih Banyak Beras Medium
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Loyo Terus, Ternyata Ini Penyebabnya
apahabar.com

Ekbis

Norwegia Tegaskan Tak Tolak Minyak Sawit Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Indonesia Bukukan Transaksi Ekspor Sarang Walet Rp 2,2 Triliun ke China
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com