Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Inggris Menanti Peran Indonesia di Indo Pasifik

- Apahabar.com Kamis, 17 Desember 2020 - 16:27 WIB

Inggris Menanti Peran Indonesia di Indo Pasifik

Bendera Inggris berlatar belakang Menara jam Big Ben, London. Foto-Reuters via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Kerajaan Inggris tengah menanti peningkatan peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara dan Indo Pasifik.

Hal itu disampaikan Ketua All-Party Parliamentary Group on Indonesia, Anggota Parlemen Inggris, Richard Graham,

“Agar Indonesia terus mengusung citra sebagai negara demokratis dengan kondisi masyarakat yang terbuka (open society),” ujar Richard kepada Dubes Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) Dr. Desra Percaya, Kamis (17/12) dilansir Antara, secara virtual.

Richard, anggota Partai Konservatif itu menyambut hangat kedatangan Desra sebagai Dubes RI menggantikan Dr. Rizal Sukma.

Masyarakat Inggris, kata dia, sangat tertarik dengan pemberitaan mengenai budaya, margasatwa eksotis, kehutanan, dan ecotourism.
Selain tentunya pariwisata, keindahan pantai, dan citra masyarakat Indonesia yang ramah.

Dalam kesempatan itu Dubes Desra menyampaikan terima kasih atas dukungan Richard yang menjadi teman bagi Indonesia di Inggris.

Dubes Desra juga menyampaikan tentang suksesnya kunjungan terakhir Richard ke Indonesia pada 2019, di mana ia bertemu Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam pertemuan itu dibahas berbagai hal. Di antaranya bidang ekonomi.

Keduanya sepakat meningkatkan hubungan dagang Indonesia-Inggris serta proses kajian gabungan dagang (Joint Trade Review) yang dilakukan kedua negara.

Dubes Desra menyampaikan pihaknya akan meneruskan promosi Indonesia termasuk secara virtual bidang pariwisata, apalagi Inggris merupakan salah satu negara penyumbang turis terbesar dari Eropa ke Indonesia.

Richard Graham berasal dari Partai Konservatif yang menjadi anggota Parlemen Inggris mewakili kawasan Gloucester sejak 2010.

Richard Graham yang menjadi kaukus Parlemen Inggris bertujuan untuk mempromosikan minat dan pemahaman anggota Parlemen Inggris terhadap Indonesia.

Kaukus tersebut beranggotakan beberapa anggota Parlemen senior Inggris yang memiliki kedekatan dan minat ke Indonesia.

Richard fasih berbahasa Indonesia anggota Parlemen Inggris pertama dalam sejarah berbicara dengan bahasa Indonesia, yang menghimbau solidaritas Inggris untuk bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, tahun 2018.

Ia juga merupakan Utusan Khusus Perdagangan Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia bersama dengan anggota Parlemen Inggris, Richard Graham sepakat untuk terus mendorong peningkatan kerja sama Indonesia-Inggris.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Kemenangan Pilpres AS Makin Mendekati Joe Biden, Donald Trump Sebut Ada Kecurangan
Israel

Internasional

Israel Akui Tak Dalangi Pembunuhan Ilmuan Nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh
China

Internasional

Ada Kampung Percontohan Anti-Covid-19 di Wuhan China
apahabar.com

Internasional

Kasus Infeksi Covid-19 di India Capai 6,63 Juta Kasus
apahabar.com

Internasional

Rekor Global, WHO Catat 230.370 Kasus Covid-19 dalam 24 Jam
London

Internasional

Kakek 90 Tahun, Orang Pertama Divaksin Covid-19 di London
china

Internasional

China Sukses Pasang Reaktor Matahari Buatan, Panas Lebih 200 Juta Derajat Celcius
apahabar.com

Internasional

China Persilahkan AS Tutup TikTok Ketimbang Jual Paksa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com