Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Jabatan Mensos Kosong, Risma Dinilai Layak Gantikan Juliari Batubara

- Apahabar.com Selasa, 15 Desember 2020 - 11:57 WIB

Jabatan Mensos Kosong, Risma Dinilai Layak Gantikan Juliari Batubara

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.Foto-Tempo.co

apahabar.com, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dinilai layak mengisi jabatan Menteri Sosial RI setelah Juliari Batubara ditangkap KPK.

Risma sendiri akan mengakhiri masa jabatannya pada Februari 2021.

“Jika Bu Risma menjabat Mensos maka akan membuat dinamis politik nasional,” kata
Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam dilansir dari Antara, Selasa (15/12).

Risma sudah tiga kali ditawari jabatan menteri di kabinet Jokowi Widodo. Namun, Risma tidak berkenan dan ingin menuntaskan amanah dari masyarakat Surabaya dalam jabatan wali kota hingga akhir masa jabatannya.

“Ia selalu konsisten seolah tidak ingin membuka peluang untuk penugasan itu. Nah, jika kali ini beliau menjawab nanti kita lihat dan terserah Bu Mega, berarti Bu Risma mau dan siap untuk mengemban posisi itu,” ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, sebentar lagi masa jabatannya sebagai wali kota tuntas dan cawali penggantinya di Pilkada Surabaya sudah sesuai harapan, maka Risma bisa dikatakan siap untuk naik level di Jakarta.

“Jika kemudian bu Risma naik menjabat menteri, saya pikir itu akan menjadi ujian kepemimpinan publik beliau di level nasional. Jika bisa berhasil, maka beliau akan punya peluang jadi salah satu tokoh nasional di level nasional, demikian juga sebaliknya,” katanya.

Selain itu, jika Risma naik jadi menteri, maka itu akan menjadi kabar baik juga bagi kader-kader PDIP yang menjadi kepala daerah mempunyai peluang bisa naik menjadi menteri. “Menurut saya itu positif untuk proses kaderisasi politik dari daerah,” katanya.

Meski demikian, kata dia, semua akan berpulang pada perintah Ketua Umum PDIP Megawati, kehendak Presiden Jokowi dan tentu saja Risma sendiri.

“Tipe seperti Bu Risma termasuk yang disukai oleh Pak Jokowi. Bu Risma sangat layak karena dari PDIP dan Mensos sebelumnya juga dari PDIP. Bu Risma model kepemimpinannya itu melayani langsung masyarakat jadi cocok dengan fungsi dan tugas sebagai Mensos.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya menyatakan soal adanya kabar dirinya mendapat tawaran jabatan Mensos, itu sepenuhnya keputusan ada pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Nanti kita lihat, saya ikut bu Mega saja,” kata Wali Kota Risma.

Meski demikian, lanjut dia, hingga saat ini dirinya belum mendapat tawaran dari siapapun termasuk Presiden Jokowi terkait hal itu.
Pesan Wali Kota Risma untuk calon penggantinya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sandiaga Uno Tegaskan Tak ada Tawaran Jadi Direksi BUMN
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Tunjuk 5 Jubir Baru untuk Vaksin Covid-19, Siapa Saja?
apahabar.com

Nasional

66 Tahun Mengabdi di Istiqlal, Mbah Parno Dihadiahi Kemenag Rumah
apahabar.com

Nasional

Distribusi Vaksin Digagas Satu Data
apahabar.com

Nasional

Kalteng Berbenah untuk Hadapi Rencana Pemindahan Ibu Kota
apahabar.com/pengendali

Nasional

Bappenas Pastikan Pemindahan Ibu Kota Masuk RPJMN 2020-2024
apahabar.com

Nasional

Izin Berobat, Suami Airin Suap Kalapas untuk Kencani Wanita di Hotel
apahabar.com

Nasional

Megawati Imbau Semua Pihak Sabar Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pemilu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com