Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan

Keberadaan Habib Rizieq Masih Misterius

- Apahabar.com Jumat, 11 Desember 2020 - 08:50 WIB

Keberadaan Habib Rizieq Masih Misterius

Habib Rizieq. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Hingga kini keberadaan Habib Rizieq Shihab masih misterius.

Padahal, polisi sudah mengultimatum penjemputan paksa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), usai penetapan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Sekretaris Badan Hukum FPI, Aziz Yanuar juga tak mau buka suara soal keberadaan Habib Rizieq. Dia mengaku merahasiakan hal ini demi alasan keamanan.

“Untuk keamanan, saya belum bisa mengungkapkan mohon maaf,” kata Aziz, kutip Okezone.

Selain jadi tersangka, Habib Rizieq juga dicekal atau dicegah bepergian ke luar negeri selama 20 hari. Surat pencekalan sudah dikirim polisi ke Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Selama ini, ada tiga lokasi yang sering dikunjungi Habib Rizieq. Pertama adalah rumahnya di kawasan Cluster The Nature Mutiara Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kamis, kompleks tersebut tampak sepi. Tak ada satupun aktivitas keluar masuk kendaraan yang diduga rombongan atau kelompok dari Habib Rizieq. Biasanya menurut warga sekitar terlihat beberapa anggota laskar FPI berpakaian serba putih.

Namun kali ini tidak terlihat, sama sekali. Bahkan yang terlihat hanya aktivitas warga perumahan dan warga kampung belakang perumahan.

Lokasi kedua adalah Pesantren Alam Agrokultural Megamendung. Usai peristiwa penembakan 6 Laskar FPI belum lama ini, Habib Rizieq diduga sempat ke pondok pesantren miliknya ini untuk ikut memakamkan para jenazah yang tewas ditembak polisi.

Terakhir adalah Petamburan III. Selain terdapat Markas FPI, di sana juga berdiri rumah Habib Rizieq. Lokasi ini jugalah yang jadi sorotan karena banyaknya kerumunan massa usai kepulanganya dari Arab Saudi.

Selain Habib Rizieq, ada lima orang ditetapkan tersangka, yakni Ketua Panitia Haris Ubaidillah (HU), Sekretaris Panitia Ali Bin Alwi Alatas (A), penanggung jawab Maman Suryadi (MS), penanggung jawab acara Sobri Lubis (SL), dan kepala seksi acara Habib Idrus (HI).

Penetapan tersangka itu setelah penyidik Polda Metro Jaya menggelar gelar perkara pada Selasa 8 Desember 2020.

Untuk Habib Rizieq, penyidik menjeratnya dengan Pasal 160 KUHP terkait Penghasutan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan 216 KUHP.

Sementara itu, kelima tersangka lainnya, ujar Yusri Yunus, dijerat Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Menhan Terima Bantuan 30 Ton APD dari Australia
apahabar.com

Nasional

Rupiah Terdampar ke Dasar Klasemen Mata Uang Asia
Jelang Pilkada Serentak

Nasional

Jelang Pilkada Serentak, 351 Ribu Pemilih Belum Rekam e-KTP
apahabar.com

Nasional

Yohana Sayangkan Terjaringnya PSK Difabel
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming Puji Kemajuan Sektor Pelabuhan Era Jokowi
Update Covid-19 di Indonesia: 5.136 Positif, 446 Sembuh

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 5.136 Positif, 446 Sembuh
apahabar.com

Nasional

RSKM soal Tagihan Rp 17 Juta Korban Tsunami: Pasien Minta Layanan VIP
apahabar.com

Nasional

Berharap Ibu Kota Baru Tak Senasib Jakarta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com