Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

Kelompok Tani Pulau Haniyung Berhasil Budidayakan Jamur Merang

- Apahabar.com Jumat, 11 Desember 2020 - 15:09 WIB

Kelompok Tani Pulau Haniyung Berhasil Budidayakan Jamur Merang

Budidaya jamur merang oleh Kelompok Tani Pulau Haniyung. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Kelompok Tani Pulau Haniyung Desa Batumandi RT 06 Kecamatan Batumandi berhasil membudidayakan jamur merang.

Agus Setiawan sebagai pengelola budidaya jamur merang menjelaskan budidaya ini diolah melaui media tanam dengan ampas sawit dan pada saat tabur bibit.

“Sepuluh hari dapat dipanen itu paling cepat. Tergantung dari bibit. Kalau bibit semua bagus, namun tergantung proses pemasakan,” ujarnya, Jumat (11/12).

Agus mengatakan pihaknya sudah melakukan panen perdana pada 8 Desember 2020. Ia menceritakan jamur dapat dipanen sampai 20 hari.

Sementara jumlah jamur yang bisa dipanen bisa mencapai 100 kilogram pada hari pertama. Jamur tersebut dijual Rp 30 ribu per kilogram.

Meski diproduksi di Balangan, tapi jamur ini lebih banyak dijual di Kabupaten Tabalong.

Untuk Kabupaten Balangan sendiri masih dalam proses pemasaran. Dia menyampaikan pihaknya membutuhkan bantuan dan kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

Terpisah, Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Balangan, Muthia Rahmi, mengatakan bantuan budidaya ini berasal dari APBD yang disalurkan melalui Dinas Pertanian.

Program ini masuk pada program peningkatan pengolahan hasil tanaman pangan dengan kegiatan penyediaan kubung (tempat budidaya jamur) komplit dengan penyediaan bibit.

Muthia berharap hal ini dapat dimanfaatkan kelompok tani, kemudian dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Balai penyuluh pertanian Kecamatan Batumandi, Noor Effendi mengatakan pihaknya sangat bangga dengan andil dari Dinas Pertanian.

“Kami sebagai pemilik wilayah dan penyuluh, mengerahkan untuk membina dan membimbing supaya tingkat keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan. Kemudian mutu jamurnya berkualitas, sehingga kedepannya dapat dibudidayakan di kecamatan lainnya di Kabupaten Balangan,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Laporan Hasil Evaluasi Pemkab Balangan, Disnakertrans Dapat Predikat BB
Balangan

Balangan

H-1 Pilkada 2020, Bupati Balangan Ansharuddin Bagi Masker dan Pantau Kesiapan TPS
apahabar.com

Balangan

Plt Bupati Balangan Pimpin Rakor Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan Persiapan Pilkada
Covid-19

Balangan

Lansia Terdampak Covid-19 di Halong Balangan Terima Bansos
apahabar.com

Balangan

Pasien Covid-19 Meninggal di Balangan Bertambah 1 Orang
apahabar.com

Balangan

Silaturahmi ke Pekalongan, Paslon ANIS Dapat Bekal dari Habib Luthfi bin Yahya
apahabar.com

Balangan

Kader PKK Harus Lebih Memahami tentang Program dan Kegiatan
apahabar.com

Balangan

Jembatan Gantung di Desa Sungsum Nyaris Ambruk, PUPR Balangan Segera Perbaiki
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com