Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Kenalkan Aplikasi Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Barabai Diskusi dengan Dinkes se-Banua Anam

- Apahabar.com Sabtu, 12 Desember 2020 - 08:46 WIB

Kenalkan Aplikasi Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Barabai Diskusi dengan Dinkes se-Banua Anam

BPJS Kesehatan menggelar diskusi menganai aplikasi vaksinasi secara virtual, Jumat (11/12)./Foto-Feri for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – BPJS Kesehatan Cabang Barabai memperkenalkan aplikasi terbarunya yakni, Primary Care (PCare) Vaksinasi.

PCare Vaksinasi ini digunakan dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada 2021.

Aplikasi ini sudah dikenalkan kepada Dinas Kesehatan se-Banua Anam; Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong. Agenda digelar secara virtual atau daring, Jumat (11/12).

Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Barabai, dokter Karmila mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan itu untuk memberikan gambaran penggunaan dan fungsi dari PCare Vaksinasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan.

PCare Vaksinasi akan digunakan sebagai media untuk melakukan pencatatan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Setelah acara sosialisasi ini, para PIC PCare Vaksin bisa saling berkoordinasi, guna proses entry, skrining, serta pemberian vaksinasi yang nantinya secara keseluruhan dan komprehensif akan dientry dalam aplikasi PCare Vaksin ini,” harap Karmila.

Dijelaskan Karmila, untuk pembagian user PCare Vaksinasi nantinya akan terbagi ke dalam 2 user. Pertama user Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan kedua yakni user Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Untuk user Faskes, terbagi menjadi 3 lagi yaitu, user petugas registrasi, user petugas skrining, dan user petugas vaksinasi,” papar Karmila.

Sedangkan persyaratan bagi Faskes pelaksana pelayanan vaksinasi Covid-19, lanjut Karmila, yaitu, memiliki tenaga kesehatan pelaksana vaksinasi, ada fasilitas penyimpanan vaksin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan memiliki izin operasional Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Serta memiliki aplikasi yang dapat terhubung dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19,” tutup Karmila.

Menanggapi penggunaan PCare ini, Dinkes Tabalong segera memastikan kesiapan faskes-faskesnya. Agar segera terlaksana kegiatan vaksinasi Covid-19

“Tentunya dalam menentukan kelayakan faskes itu nanti kami berpedoman pada beberapa kriteria khusus yang memang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” ungkap Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Budi Gunawan.

Budi mencontohkan, di puskesmas misalnya, beberapa kriterianya adalah, adanya petugas yang sudah terlatih untuk melakukan kegiatan vaksinasi ini.

“Kita juga memastikan agar faskes memiliki tempat penyimpanan vaksin, serta terdapat lokasi khusus untuk melakukan vaksinasi,” terang Budi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Jalan Kaki Telusuri Nusantara, Pria asal Sumedang Berbekal JKN KIS
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

BPJAMSOSTEK Serahkan BSU Gelombang Terakhir ke Kemnaker
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Kabar Baik, Iuran Peserta BPJS Kesehatan 2021 Tetap Dibantu Pemerintah
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Kembali ke Aturan Awal
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cerita Sutinah Tentang Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Husna Lega Kantongi KIS dari Bantuan Pemerintah
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Warga HST Ini Rasakan Manfaat JKN-KIS BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Barabai

Hari Kesehatan Nasional, Duta BPJS Kesehatan Apresiasi Nakes dan Kampanyekan Prokes di HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com