UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

KNH 2020, Dewan Pers: Media dan Humas Jaga Kredibilitas Informasi

- Apahabar.com Minggu, 6 Desember 2020 - 00:18 WIB

KNH 2020, Dewan Pers: Media dan Humas Jaga Kredibilitas Informasi

Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh. Foto: Fajar.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh mengingatkan media dan humas untuk menjaga kredibilitas dari informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

“Karena kalau tidak, maka nanti yang terjadi akan yang namanya, entah itu misinformasi, entah itu disinformasi, entah itu malainformasi. Kalau itu yang terjadi, maka bukan mencerdaskan yang didapat, tetapi pembodohan,” tutur Mohammad Nuh dalam webinar rangkaian acara Konvensi Nasional Humas (KNH) 2020 di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (5/12).

Dalam menjaga agar informasi yang disampaikan kredibel atau dapat dipercaya, ia menekankan humas harus menguasai substansi dan bukan sekadar menjadi corong penyebar informasi.

Selain menguasai substansi, humas dikatakannya mesti menggunakan bahasa dan tutur kata yang baik dalam menyampaikan informasi serta memahami situasi dan beretika saat menyampaikan informasi.

“Kalau itu bisa dilakukan, insyaallah kawan-kawan di Perhumas [Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia] akan menjadi jembatan antara perusahaan anda dan masyarakat secara keseluruhan. Di tengahnya ada yang namanya media itu,” kata Mohammad Nuh.

Ia pun mengingatkan agar humas tidak hanya menyampaikan informasi mengenai suatu kebijakan atau produk tertentu milik perusahaan, melainkan memanfaatkan produk tersebut untuk mencerdaskan masyarakat.

Dalam menjadikan produk perusahaan sebagai alat mencerdaskan bangsa, Mohammad Nuh menyebut diperlukan penguatan pola pikir terkait pentingnya memiliki data yang lengkap dan didukung ilmu pengetahuan.

“Informasi semata itu belum bisa mencerdaskan kehidupan bangsa kita, yang bisa mencerdaskan itu adalah pengetahuan,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Moeldoko: Ada Kelompok Pendompleng Ingin Perkeruh Situasi
apahabar.com

Nasional

Hutan Adat di Kalimantan Selatan, Pemerintah Bentuk Gugus Tugas
Gibran

Nasional

Survei: Gibran Putra Jokowi Unggul Telak, Bajo Cuma 4%
apahabar.com

Nasional

Makna Baju Adat yang Dikenakan Presiden Saat Sidang Tahunan
apahabar.com

Nasional

Rapat Empat Menteri, Indonesia Upayakan Nego Saudi
apahabar.com

Nasional

Kontak Senjata dengan Polisi, Pimpinan Kelompok Kriminal Ini Tewas
apahabar.com

Nasional

Edo TS Meninggal, Baim Wong Sempat Tak Percaya
apahabar.com

Nasional

Pendulang Emas Tewas Tersambar Petir di Timika
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com