UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

KOPI Banjarmasin Bantu Penyandang Disabilitas Dapatkan Kesetaraan Lapangan Kerja

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 16:19 WIB

KOPI Banjarmasin Bantu Penyandang Disabilitas Dapatkan Kesetaraan Lapangan Kerja

Penyerahan bantuan dari Merck Family Foundation untuk KOPI Banjarmasin dalam pembinaan untuk penyandang disabilitas di Hotel Palm Banjarmasin. Foto-Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – 20 penyandang disabilitas mendapat pembinaan dari Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) Banjarmasin dan Merck Family Foundation (MFF).

Pelatihan berbasis ekonomi ini bertujuan agar mereka memiliki kesempatan dan perlakuan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan.

“Harapan kami, mereka bisa berdaya dan berusaha setelah mengikuti pelatihan ini,” ungkap Ketua DPD KOPI Banjarmasin, Dian Firdaus Yusuf kepada apahabar.com, di sela pembukaan pelatihan di Hotel Palm Banjarmasin, Sabtu (5/12).

Pelatihan ini juga sebagai upaya KOPI dalam mendukung Banjarmasin sebagai kota inklusi atau ramah difabel.

Tak hanya dari segi pembangunan atau fasilitas umum, namun perlu didukung dengan pemenuhan hak disabilitas dalam mendapatkan kesempatan pekerjaan yang sama.

“Jadi bukan hanya kotanya saja yang inklusi, tetapi juga diperlukan SDM yang berkualitas. Ini ikhtiar KOPI dalam membangun kota Banjarmasin,” imbuhnya.

Lewat tema “The Empowerment of Disabilities” sejumlah pelatihan diberikan, di antaranya pelatihan kepemimpinan, komputer (Microsoft Office), dasar-dasar digital dan marketing, menjahit, memijat hingga memasak. Pembinaan berkelanjutan selama 3 bulan ini membatasi hanya untuk 20 peserta untuk memaksimalkan kelas pelatihan dan menerapkan protokol Covid-19.

“Kami sebelumnya juga sudah menyerap aspirasi kepada mereka. Apa saja yang ingin dipelajari. Karena situasi pandemi membuat semua sektor terdampak dan dirasakan penuh oleh teman-teman kita ini yang termarginalkan,” jelasnya.

Pelatihan dan pembinaan ini juga didukung oleh Merck Family Foundation, sebuah perusahaan sains dan teknologi terkemuka di bidang Healthcare. Donasi diberikan kepada KOPI Banjarmasin sebesar Rp194 juta untuk program ini.

“Saya ingin teman-teman disabilitas memiliki kemampuan yang sama seperti layaknya orang normal. Sehingga meminimalisir diskriminasi terhadap mereka,” ungkap Perwakilan MFF, Lisa Intan Permata menambahkan.

Ditunjuknya KOPI Banjarmasin sebagai fasilitator dalam pembinaan dan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri para penyandang disabilitas agar siap terjun di dunia kerja nanti.

Seperti yang dirasakan salah satu peserta, Ali (24). Dia merasa bersyukur telah diberi kesempatan dapat mengikuti pelatihan kerja ini.

Dengan keterbatasan fisik yang dia miliki, pandemi Covid-19 membuat pekerjaannya sebagai penjual pulsa terancam bangkrut akibat terpuruknya ekonomi masyarakat.

“Semoga terbuka peluang kerja buat kami, karena untuk mencari kerja sulit. Harapannya bisa merubah kehidupan lebih baik lagi,” ungkap warga Kuin Utara ini.

Reporter: Musnita Sari
Puja Mandela

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kurang Sosialisasi, Asuransi Pertanian Tak Sesuai Target
apahabar.com

Kalsel

Kabupaten Banjar 7 Kali Berturut-turut Terima Adipura
apahabar.com

Kalsel

Warga Banjarmasin Kembali Terima Ratusan Paket Sembako Persembahan Inkindo Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Debat Pertama, Relawan Prabowo-Sandi Gelar Nobar di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Solo Chicken, Ayam Goreng dengan Saus Premium Kini Hadir di Banjamasin
apahabar.com

Kalsel

Peduli Imbas Covid-19, Duta Wisata Tanah Bumbu Salurkan Bantuan untuk Warga  
apahabar.com

Kalsel

Bareng Sandiaga Uno, Nadjmi Adhani Resmikan Aplikasi Idaman Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Ini Kata Polisi Terkait Mayat Gantung Diri di HKSN Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com