Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

Lagi, Seorang Dokter Meninggal karena Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 8 Desember 2020 - 21:06 WIB

Lagi, Seorang Dokter Meninggal karena Covid-19

Ilustrasi korban Covid-19. Foto-net

apahabar.com, TULUNGAGUNG Lagi, seorang dokter meninggal karena Covid-19.

Kali ini menimpa seorang dokter muda di Tulungagung. Sang dokter meninggal Selasa (8/12).

Sebelum meninggal dunia, ia tiga pekan bergelut melawan virus corona baru itu.

Ia terpapar dari salah satu pasien yang pernah dia tangani di Rumah Sakit Putra Waspada (RSPW), tempatnya bekerja di Tulungagung, Jawa Timur.

Ia adalah dokter Rahmad Tubagus. Menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya.

Kondisinya yang sempat membaik setelah melewati masa kritis.

Akan tetapi, tiba-tiba memburuk hingga merenggut nyawa anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulungagung yang dikenal ramah dan enerjik ini.

“Beliau sudah sakit lama, sekitar tiga minggu lalu,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Kasil Rokhmat, MMRS di Tulungagung dilansir Antara.

Kematian dr Tubagus menjadi kasus pertama kematian tenaga kesehatan dengan profesi dokter karena Covid-19, di Tulungagung. Kendati demikian, kematiannya menambah jumlah dokter yang meninggal akibat Covid-19 secara nasional.

Empat tenaga kesehatan sebelumnya yang juga meninggal karena terpapar Covid-19 di Tulungagung merupakan tiga perawat dan satu bidan.

Kabar kematian dr Tubagus disambut duka cita mendalam dunia kesehatan di Tulungagung, khususnya di lingkungan civitas hospitalia RSPW.

Isak tangis para tenaga medis dan sejawat dokter terberai saat jenazah dr Tubagus yang telah berada di dalam kotak peti mati, tiba dengan dibawa satu unit ambulans warna putih.

Seluruh tenaga medis dan karyawan RSPW berikut jajaran dinkes, memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum, sebelum kemudian dilepas lagi dengan diiringi doa, menuju pemakaman.

“Selama sakit, beliau dirawat di RSUD dr Iskak sekitat sepekan. Namun karena kondisi yang buruk, dr Tbg (Tubagus) dirujuk ke RSUP dr Soetomo, Surabaya. Sempat membaik setelah melewati masa kritis. Tapi kemudian kondisi beliau kembali memburuk dalam tiga hari terakhir, hingga akhirnya dinyatakan meninggal pagi tadi,” tutur dr Kasil.

Dokter Rahmad Tubagus selama ini berprofesi sebagai dokter umum.

Ia terdeteksi corona setelah melakukan pemeriksaan tes usap PCR, karena merawat pasien dengan gejala “anosmia” yang ternyata juga terpapar COVID-19. Pasien itu berinisial LTP dan akhirnya meninggal.

Dan sejak dr Tubagus terkonfirmasi Corona sebagaimana pasiennya, LTP, dinkes segera melakukan tracing pada kontak eratnya, termasuk ke keluarga dan pasiennya yang lain.

Saat ini tenaga kesehatan yang terpapar corona cukup banyak. Di lingkungan RSUD dr Iskak saja, nakes dan karyawan yang terpapar corona sempat mencapai 30 orang.

Sebagian sudah sembuh, namun sebagian lain masih dalam perawatan atau karantina.

Kasus Covid-19 di Tulungagung hingga berita ini ditulis total terkonfirmasi sebanyak 758 orang, dengan 628 di antaranya sembuh dan meninggal sembilan orang.

Dokter

Mendiang dokter Rahmad Tubagus. Foto-Istimewa

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketahui! Bea Masuk Remdesivir untuk Pasien Covid-19 0%
apahabar.com

Nasional

Hari Ini Covid-19 RI Tambah 1.198 Kasus, Kalsel Terbanyak Keempat
apahabar.com

Nasional

Isu Laut China Selatan, Teguh Santoso: Indonesia Harus Tuntaskan Penamaan Laut Natuna Utara
apahabar.com

Nasional

MUI Kalteng Kaji Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara
apahabar.com

Nasional

TNI dan Polri Dikerahkan untuk Evakuasi Korban KKB
212

Nasional

Buntut Video Seruan Aksi 1812, Ketua PA 212 Diperiksa 11 Jam
apahabar.com

Nasional

2 WNI Positif Terjangkit, Presiden Tegaskan Keseriusan Pemerintah Tangani Wabah Corona
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Prabowo Selisih 20% di Survei Konsep, TKN Makin Semangat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com