Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Laksanakan Perintah Presiden, Bank Kalsel Terapkan Ekosistem Keuangan Daerah

- Apahabar.com Jumat, 11 Desember 2020 - 23:17 WIB

Laksanakan Perintah Presiden, Bank Kalsel Terapkan Ekosistem Keuangan Daerah

Bank Kalsel Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Melaksanakan Perintah Persiden Jokowi untuk mempercepat akses keuangan pasca pendemi, Bank Kalsel akan menerapkan Ekosistem Keuangan Daerah (EKD).

“Bank Kalsel siap laksanakan arahan Presiden Jokowi, dengan penerapan EKD. Kami juga siap mendukung dan bersinergi dengan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso maupun Mendagri Tito Karnavian untuk bersama menerapkan arahan tersebut,” kata Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin dalam rilisnya, Jumat (11/12).

Agus menerangkan EKD sebagai salah satu cara untuk mendukung percepatan akses keuangan daerah dirasa cocok untuk mengimplementasi arahan Presiden.

EKD, terangnya, dapat menjadi salah satu solusi yang bakal mampu memperkuat perekonomian di Provinsi Kalimantan Selatan di masa pandemi dan seterusnya.

Alasannya, kata Agus, karena banyaknya entitas di daerah baik itu pemerintah daerah, perangkat daerah, perusahaan daerah dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), lembaga jasa keuangan daerah maupun pihak ke-3 seperti vendor, supplier dan konsultan yang saling berjalin berkelindan dalam rangka menunjang pengelolaan keuangan daerah supaya lebih efektif dan efisien serta mendatangkan
manfaat sebesar-besarnya bagi daerah.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beserta Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Presiden Jokowi meminta agar TPAKD menghadirkan inovasi sesuai dengan karakter kelompok-kelompok sasaran.

“TPAKD harus lebih aktif terlibat untuk mendorong pendirian kelompok-kelompok usaha, kelompok-kelompok tani, terutama koperasi. Sekaligus mendorong cara-cara korporasi yang dilakukan oleh koperasi masyarakat oleh karena itu pendampingan dan asistensi kepada masyarakat terus harus diintensifkan. Sekali lagi, dengan cara-cara yang inovatif sesuai dengan karakter kelompok-kelompok sasaran,” ucap Jokowi dalam rapat tersebut.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Bank Kalsel

Ikatan Pesantren Indonesia Dapat Bantuan Puluhan Juta dari Bank Kalsel
apahabar.com

Bank Kalsel

Bank Kalsel Serahkan Bantuan Sembako untuk Lansia
apahabar.com

Bank Kalsel

Pulihkan Ekonomi Masa Pandemi, Bank Kalsel Siap Salurkan Dana PEN

Bank Kalsel

Undian Tabungan, Bank Kalsel Syariah Sediakan 5 Paket Umrah Gratis
bank kalsel

Bank Kalsel

Layanan Bank Kalsel Tetap Prima di Tengah Bencana
apahabar.com

Bank Kalsel

Beragam Manfaat Pembiayaan Multijasa iB Ar Rahman dari Bank Kalsel Syariah
Bank

Bank Kalsel

Sentuh Masyarakat Pedesaan, Bank Kalsel Jalin Kerja Sama dengan BUMDes di Tapin
apahabar.com

Bank Kalsel

Dampak Corona, DIGIRUN 10K Bank Kalsel Ditunda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com