H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Lilin Intan 2020, Bupati HST: Pengamanan Tahun Ini Berbeda

- Apahabar.com Senin, 21 Desember 2020 - 17:19 WIB

Lilin Intan 2020, Bupati HST: Pengamanan Tahun Ini Berbeda

Bupati Chairansyah menyematkan pita kepada personel operasi Lilin Intan 2020 di halaman Makopolres HST, Senin (21/12)./Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), HA Chairansyah mengecek kesiapan personel Operasi Lilin Intan 2020.

Sebanyak 160 pasukan gabungan disiapkan untuk operasi terpusat yang dihelat selama 15 hari. Terhitung sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Dia memastikan personel siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 agar berjalan lancar.

Sesuai arahan Kapolri Idham Azis, Chairanyah menyebutkan pengamanan pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya atau sebagai agenda rutin. Sebab di tahun ini dihadapkan dengan Covid-19 yang masih mewabah.

Di HST hingga saat ini orang terpapar Covid-19, secara kumulatif sudah berjumlah 731 orang, 33 di antaranya masih dalam perawatan.

Sementara yang sudah sembuh sebanyak 640 orang. Sedangkan yang meninggal sebanyak 60 orang.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap agenda rutin tahunan biasa. Ini menjadikan kita cenderung ‘under estimate’ dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi masa pandemi Covid-19 saat ini. Kita harus lebih peduli. Jangan sampai perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” tegas Chairansyah usai memimpin Apel Gelar Pasukan Lilin Intan 2020, Senin (21/12).

Chairansyah juga mengimbau seluruh masyarakat bisa menahan diri untuk tidak bepergian ke mana-mana.

“Apabila nantinya tetap bepergian ke tempat wisata maupun lainnya tetap harus menaati protokol kesehatan, supaya tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 khususnya di HST,” pinta Chairansyah.

Chairansyah berharap semua pemangku kebijakan bersinergi menentukan langkah antisipasi proaktif dan menerapkan strategi yang tepat. Tujuannya untuk mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada.

“Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya. Sesuaikan dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah,” tutup Chairansyah.

Sebelumnya, apel gelar pasukan dan penyemata pita untuk personil Lilin Intan dilaksanakan. Apel dipimpin langsung Bupati Chairansyah di halaman Makopolres HST, Senin (21/12) pagi..

Bupati didamping Kapolres serta Forkopimda HST mengecek keseiapan personel operasi kepolisian terpusat ini.

Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto menyampaikan, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Lilin 2020. Terutama dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Adapun personel dalam operasi terpusat itu diikuti oleh tim gabungan dari TNI, Pemkab HST yang meliputi Satpol PP dan Damkar, DLHP, BPBD, Dinas Kesehatan serta Tim PSC.

“Operasi kali ini akan memberikan perhatian yang lebih kepada protokol kesehatan di tempat umum, ibadah maupun di tempat wisata. Kita juga melakukan patroli,” tutup Kapolres.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Malam Tahun Baru di HST, Sanksi Menunggu Pelanggar Protokol Kesehatan
Pilkada

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pleno di Tingkat Kecamatan Dimulai, Perhitungan Sementara AMAN Masih Unggul di Pilbup HST 2020
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ratusan Jiwa Terpapar Covid-19, Pemkab HST Salurkan Santunan
Barabai

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sering Dijadikan Tempat Balapan Liar, Warga Resah Melintas di Jalan Dwi Warna Barabai
Indonesia Darurat Corona, Nekat Nongkrong Bakal Dipidana

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Indonesia Darurat Corona, Nekat Nongkrong Bakal Dipidana
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kedatangan Mahasiswa KKN di HST, Wabup Berry Beri Petuah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Rasionalisasi 50 Persen Anggaran Belanja untuk Penanganan Covid-19
Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com