Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Malam Tahun Baru di HST, Sanksi Menunggu Pelanggar Protokol Kesehatan

- Apahabar.com Rabu, 30 Desember 2020 - 18:08 WIB

Malam Tahun Baru di HST, Sanksi Menunggu Pelanggar Protokol Kesehatan

Ratusan personel gabungan dipimpin Forkopimda HST melakukan patroli skala besar di Barabai, Rabu, (30/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Demi mencegah kerumunan selama malam pergantian tahun, ratusan personel pengamanan dikerahkan di Hulu Sungai Tengah (HST).

Total 230 personel gabungan yang terdiri dari anggota Kodim 1002 Barabai dan Yonif 621 Manuntung, Polres HST, Satpol PP, BPBD dan serta jajaran Pemkab HST.

Mereka dikerahkan untuk menjaga titik rawan di Bumi Murakata, terutama kawasan yang berpotensi menimbulkan keramaian.

“Kalau biasanya malam pergantian tahun penuh hingar-bingar, sekarang dipastikan berbalik 180 derajat,” papar Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto, seusai apel pengamanan tahun baru di Lapangan Dwi Warna Barabai, Rabu (30/12).

“Mengingat masih dalam suasana situasi pandemi, semua orang harus menjamin protokol kesehatan agar tidak menimbulkan kluster baru,” tegasnya.

Terkait penerapan protokol kesehatan, Pemkab HST pun sudah menerbitkan peraturan yang mesti dilaksanakan selama malam pergantian tahun baru.

Dalam aturan itu, masyarakat diingatkan untuk tidak menggelar acara keramaian, termasuk pembatasan waktu operasional cafe dan rumah makan hanya sampai pukul 20.00.

Mereka yang nekat berkumpul dan melanggar protokol kesehatan, diancam sanksi yang tertuang dalam Perbup HST Nomor 40 Tahun 2020.

“Semua harus mendukung kebijakan pemerintah, baik nasional maupun daerah. Kami pun terus mengawal kebijakan yang dikeluarkan Pemkab HST,” tegas Danang.

Sementara Bupati HST, HA Chairansyah, mengingatkan hal serupa dan menekankan agar masyarakat juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

“Bahkan lebih baik berada di rumah saja untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di HST,” papar Bupati.

Guna memastikan kepatuhan masyarakat, digelar sepanjang malam pergantian tahun. Seandainya ditemukan masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, mereka tak segan melakukan tindakan.

“Tindakan diberikan sesuai dengan situasi yang terjadi di lapangan. Kalau pelanggaran berat, sudah pasti dikenakan sanksi yustisi,” tutup Chairansyah.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Nahdian Minta Gugus Tugas Tangani Covid-19 Secara Konkret
apahabar.com

HST

Kekuatan ‘B 654 M’ Bertambah, 5 Unit BPK Resmi Bergabung
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Pengetahuan, Seratus Penyuluh Agama Islam Dibina
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di Hadapan Wakil Rakyat HST, Berry Nahdian Sampaikan Fokus Anggaran Covid-19
apahabar.com

HST

518 KK di LAU HST Terima Bantuan Langsung Tunai
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kebakaran MAN 1, Pemkab HST Jalin Koordinasi dengan Kemenag
HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

285 CPNS HST Sudah Kantongi SK, 10 PNS Bergeser
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Panen Ikan di Mahang Baru HST, Bupati Minta Warga Tingkatkan Kemandirian Pangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com