Tambah Ratusan Personel, PLN Percepat Pemulihan Listrik Terdampak Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit Selain Surat Miskin, Berikut Syarat Pengobatan Gratis Korban Banjir di Banjarmasin Hingga Hari ke-10 Memori CVR Sriwijaya Air Belum Ditemukan UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal

Masa Tenang Pilkada, Dua Baliho APK di Kandangan Diturunkan Paksa

- Apahabar.com Minggu, 6 Desember 2020 - 14:16 WIB

Masa Tenang Pilkada, Dua Baliho APK di Kandangan Diturunkan Paksa

Penertiban baliho APK yang masih terpasang di Kota Kandangan saat masa tenang Pilkada 2020, Minggu (6/12). Foto-apahabar.com/M Hidaya

apahabar.com, KANDANGAN – Dua alat peraga kampanye (APK) berupa baliho di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diturunkan paksa menggunakan mobil skylift, Minggu (6/12) siang.

Mengingat saat ini sudah memasuki masa tenang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020. Sementara pemilik APK belum menurunkan sendiri balihonya.

Baliho APK tersebut berada di Jalan Jendral Sudirman, sekitaran Jembatan Antaludin Kandangan. Sementara satunya lagi di Jalan A Yani Kelurahan Kandangan Utara, tepatnya di persimpangan Jalan Pahlawan.

Masa tenang kampanye berlaku sejak Minggu (6/12) pukul 00.00, hingga hari pencoblosan. Merujuk pasal 31 PKPU nomor 11 tahun 2020, kewenangan melakukan penertiban APK berada pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai leading sector.

Sejak Sabtu (5/12) malam, sudah mulai dilakukan penyisiran APK melalui PPK yang berkoordinasi dengan Panwascam di masing-masing wilayah.

“Dari kecamatan sudah melakukan penyisiran dan pembersihan setiap APK yang belum diturunkan,” ucap Komisioner KPU Kabupaten HSS, Ihsan.

Sedangkan APK yang terpasang di tempat yang membutuhkan peralatan khusus seperti baliho, Bawaslu Kabupaten HSS menyarankan KPU untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah, yakni Dispera KPLH Kabupaten HSS dan Satpol PP. Hal itu untuk menurunkan peralatan dan personel.

“Alhamdulillah, hasil koordinasi dengan KPU, pemerintah daerah dalam hal ini Dispera KPLH dan Satpol PP, dan juga dikawal Kepolisian dan TNI telah selesai melakukan penertiban di jalan-jalan protokol,” tutur Ketua Bawaslu Kabupaten HSS Hasnan Fauzan.

Dijelaskannya, pihaknya berupaya melakukan pengawasan serta pencegahan terjadinya pelanggaran dalam Pilkada kali ini.
Terutama tidak ada kegiatan ataupun hal-hal yang berkaitan dengan kampanye di masa tenang.

Hasnan berharap, masa tenang Pilkada bisa menjadi kontemplasi bagi masyarakat, agar memilih sesuai hati nurani.

Sehingga, pihaknya memastikan tidak ada lagi kegiatan maupun hal yang berkaitan dengan kampanye di masa tenang tersebut.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura
apahabar.com

Kalsel

Lagi, 12 Petugas Kesehatan di Tabalong Terpapar Covid-19

Borneo

Peserta BSAF Bali Terpukau, Majalengka Iri
apahabar.com

Kalsel

BEM SI Gelar Aksi Save Meratus, Upaya Tarik Simpati Masyarakat Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Warga Berolahraga di Gedung Serba Guna Tanta Diwajibkan Pakai Masker
apahabar.com

Kalsel

Refleksi HUT Bhayangkara, Kinerja Polda Kalsel di Mata Pakar Hukum
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pemilu, Amplop di Banjarmasin Laris Manis..!!
apahabar.com

Kalsel

Ongkos Politik Mahal, Anggota DPRD Kalsel Ramai-Ramai Gadai SK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com