Banjar Kebanjiran, Duh Buaya Sungai Tabuk Ditinggal Pemilik Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu

Netralitas TNI-POLRI di Pilkada Harga Mati, Kapolda Kalsel: Sedikit Miring, Kita Tarik

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 14:50 WIB

Netralitas TNI-POLRI di Pilkada Harga Mati, Kapolda Kalsel: Sedikit Miring, Kita Tarik

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto. Foto-Tribarata

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. didampingi Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menegaskan bahwa “Netralitas TNI-POLRI Harga Mati”, sedikit saja miring akan ditarik.

Silakan, kata dia, masyarakat memantau, menilai, mengamati ada yang tidak netral akan pihaknya tarik.

“Sejauhmana ketidaknetralannya, akan dilihat apabila sudah melanggar hukum maka akan diproses. Mari sama-sama kita jaga agar netralitas TNI-POLRI dapat terwujud dilapangan,” ucap Kapolda Kalsel dilansirtribratanews.kalsel.polri.go.id.

Kapolda KRikwanto menyampaikan hal tersebut setelah memimpin langsung Deklarasi Pilkada Damai dan Apel Pergeseran Pasukan yang akan melaksanakan BKO Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember mendatang.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Mapolda Kalsel ini dihadiri Ketua DPRD Kalsel, PLT Sekda Provinsi Kalsel, Danrem 101/Antasari, Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua KPU Kalsel, Ketua Bawaslu Kalsel, para Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, perwakilan Partai politik pengusung, serta Tim Sukses Pengusung Pasangan Calon.

Sebanyak 1.438 personil Polda Kalsel dan 200 personel Satuan Brimob Polda Kalteng serta diback up personel TNI diterjunkan untuk mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di 1 Provinsi dan 8 Kabupaten/Kota.

“Hari ini, telah dilakukan Deklarasi dan Penandatanganan Pilkada Damai oleh para Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan serta Partai Politik maupun Tim Sukses Pengusung Pasangan Calon yang diselenggarakan Polda Kalsel bersama Forkopimda disaksikan oleh Bawaslu, KPU dan stakeholder lainya,” tutur Kapolda Kalsel, Sabtu (5/12) pukul 09.00 Wita.

“Insya Allah, Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 nanti bisa berjalan aman, damai dan kondusif. Siapapun terpilih nantinya itulah pilihan rakyat Kalimantan Selatan yang terbaik,” lanjut Kapolda.

Kapolda pun mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas yang ada agar pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini dapat berjalan dengan baik.

“Kita (Polri) telah dibantu dengan stakeholder lainnya seperti TNI yang turut mengerahkan pasukannya untuk melakukan pengamanan Pilkada 2020,” terang Kapolda.

Namun, lanjut Kapolda, pengerahan personel dilapangan pada perhelatan Pilkada ini tidak hanya melakukan pengamanan saja, namun juga turut membantu pendistribusian logistik, membantu masyarakat, KPU dan Bawaslu. Apapun siap dikerjakan oleh TNI-POLRI dalam kaitan memperlancar dan mengamankan pelaksanaan Pilkada.

Untuk personel yang melakukan pengamanan, Polda Kalsel membekali personil dengan alat pelindung diri (APD) serta lebih dahulu melakukan Rapid dan Swab test guna memastikan bahwa saat digeser ke wilayah atau Polres-Polres Jajaran Polda Kalsel para personel sudah aman dan tidak menjadi penyebar Virus Corona atau Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jika Pandemi Covid-19 Usai, Ini Tempat Wisata Rekomended di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Selama Uji Lab, PT Talenta Diminta Benahi Pengendalian Debu
apahabar.com

Kalsel

Pro-Kontra New Normal di Kalsel dari Perspektif Ekonomi
apahabar.com

Kalsel

Dapat Sembako dari Dit Intelkam Polda Kalsel, Nenek Nuriyah Terima dengan Haru
Sabu di Dapur

Kalsel

Duh, Oknum Karyawan di Pelambuan Sembunyikan Puluhan Paket Sabu di Dapur
apahabar.com

Kalsel

Pandemi Covid-19 Belum Selesai, Batola Ditunggu Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Rekrut Penyelenggara Ad Hoc, KPU Kalsel Pastikan Ada Seleksi Ketat
apahabar.com

Kalsel

Hasil Swab Masif di Batola, Positivity Rate Naik Lagi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com