Target Sore Ini, Jembatan Mataraman Kalsel Kembali Bisa Dilewati Banjar Kebanjiran, Duh Buaya Sungai Tabuk Ditinggal Pemilik Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin

Pendistribusian Pertama Logistik Pilkada di Wilayah Terluar HST Libatkan Masyarakat Adat

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 19:54 WIB

Pendistribusian Pertama Logistik Pilkada di Wilayah Terluar HST Libatkan Masyarakat Adat

Pelepasan petugas pengawalan untuk pendistribusian logistik pokok Pilkada serentak 2020 di HST, Sabtu (5/12).Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Logistik pokok Pilkada serentak 2020 mulai disalurkan ke TPS-TPS di daerah terluar Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Ada 3 TPS pertama yang dituju untuk pendistribusian logistik ini.

Tiga TPS itu terletak di Desa Aing Bantai dan Juhu di Kaki Meratus, wilayah paling timur HST. 1 TPS di Juhu, 2 lainnya di Aing Bantai, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT).

Logistik pokok yang dimaksud yakni, perlengkapan di TPS. Seperti kotak suara, bilik suara, surat suara dan formulir-formulir kelengkapan TPS.

Ketua KPU HST, Johransyah menyebutkan, untuk logistik alat kesehatan maupun untuk protokol kesehatan sudah disalurkan terlebih dahulu. Semuanya ditempatkan di Kecamatan.

Sama halnya logistik pokok yang pertama didistribusikan itu, sebelum disalurkan ke 3 TPS tadi juga ditempatkan dulu di Kantor Kecamatan BAT.

“H-3 [6 Desember], kita dibantu TNI-Polri mulai mendistribusikan ke 2 desa tadi,” kata Johransyah usai pelepasan logistik Pilkada di GOR 24 Desember Barabai, Sabtu (5/12) sore.

Pendistribusian lebih awal ini, diterangkan Johransyah, disebabkan jalur dan waktu yang akan ditempuh memakan waktu berhari-hari.

Seperti satu TPS di Mangga Jaya Desa Aing Bantai. Perlu waktu sekitar 3 hari logsitik baru sampai.

“Untuk penyaluran ini tidak memungkinkan dilaksanakan pada H-1. Sebab daerah yang ditempuh ini tidak bisa menggunakan transportasi darat. Jadi petugas akan jalan kaki,” kata Johransyah.

Pelaksanaan pendistribusian ini, lanjut johransyah selain melibatkan penyelenggara dan pihak pengamanan termasuk Bawaslu juga melibatkan masayarakat adat di BAT.

“Pelaksanaannya, PPK bekerja sama dengan PPS di BAT. Sebagaian penyelenggara Pilkada itu di antaranya ada masyarakat dari Aing Bantai dan Juhu. Mereka juga sudah diberikan Bimtek. Dengan adanya masyarakat setempat, mereka berpengalaman, semoga pendistribusian ini berjalan tepat sasaran,” terang Johransyah.

Masih di BAT, penyaluran kemudian dilanjutkan pada 7 Desember. Yakni Desa Batu Perahu, Muara Hungi dan Datar Batung.

“Untuk TPS di seluruh kecamatan lainnya akan didistribusikan H-1 atau sebelum hari pencoblosan, 9 Desember,” tutup Johransyah.

Sementara itu, Bupati HST, HA Chairansyah berharap KPU HST bisa mengevaluasi Pilkada serentak di tahun ini. Apalagi untuk daerah terluar seperti di BAT.

Mengingat waktu tempuh dan jumlah pemilih hanya ratusan orang, bahkan salah satu TPS ada yang berjumlah 42 orang, kata bupati, harusnya ada perubahan mekanisme pemilihan.

Apalagi pemilihan ini sudah dilaksanakan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ini perlu dipikirkan bersama, harus ada perlakuan dan perhatian khsusus untuk daerah seperti itu,” kata bupati.

Selain faktor waktu dan medan tempuh, anggaran untuk penyaluran logistik di daerah terluar itu juga menyedot banyak anggaran.

“Ini yang harus kita pikirkan bersama. Bagaimana pelaksanaan ke depannya agar lebih fleksibel. Baik itu Pemilu legislatif, presiden maupun kepala daerah ke depannya,” tutup bupati.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Cemara Raya, Langgar Muhajirin Selamat dari Kobaran Api
apahabar.com

Kalsel

Perang Melawan Covid-19, KTB Semakin Digalakkan di Pulau Laut
apahabar.com

Kalsel

Hadapi PSBB, Check Point di Batola Klaim Siap 100 Persen
apahabar.com

Kalsel

Sensasi Luar Angkasa dan Alien di Malam Tahun Baru
apahabar.com

Kalsel

Polresta Banjarmasin Antisipasi Tawuran Susulan di Jalan Jati
apahabar.com

Kalsel

Polisi Gerebek Rumah Terduga Pembunuh Kades di Tabalong!
apahabar.com

Kalsel

KH Hasanudin Jadi Khatib di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

5 Kabupaten/Kota di Kalsel Diprakirakan Hujan Berpetir Siang Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com