Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Penerbangan Ditutup, Jemaah Indonesia Batal Umrah

- Apahabar.com     Senin, 21 Desember 2020 - 14:28 WITA

Penerbangan Ditutup, Jemaah Indonesia Batal Umrah

Ilustrasi ibadah umrah. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Jemaah umrah asal Indonesia yang memiliki rencana terbang ke Arab Saudi pada hari ini, Senin (21/12) batal berangkat imbas kebijakan penutupan kembali seluruh penerbangan internasional oleh Kerajaan Arab Saudi.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaki Zakariya.

“Iya, jemaah yang sudah karantina di hotel sudah pada kembali ke rumah masing-masing. Enggak ke airport Soekarno-Hatta lagi,” kata Zaky dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (21/12).

Ia mengatakan maskapai penerbangan Garuda Airlines hingga Saudi Arabian Airlines sudah resmi menutup penerbangan menuju Arab pada hari ini.

Zaky memperkirakan ada 70 calon jemaah umrah asal Indonesia dijadwalkan berangkat ke Saudi hari ini. Di antara jumlah itu, sebanyak 15 orang jemaah umrah berangkat melalui agen yang tergabung konsorsium Amphuri.

“Ya jadi batal. Pakai Garuda hari ini sudah di-cancel. Saudia juga di-cancel juga. Sama Etihad juga, sama. [Penerbangan] yang masuk ke Saudi sudah di-cancel semua,” kata Zaky.

Zaky mengaku pihaknya belum mendapat kabar terbaru soal kapan Arab Saudi membuka penerbangan internasionalnya kembali. Ia mengaku masih menunggu perkembangan dari pemerintah Saudi apakah penutupan itu hanya berlangsung selama 1 Minggu.

“Semua penerbangan seminggu ke depan jelas enggak bisa terbang. Tapi, cuma setelah Sabtu atau Minggu besok, apakah bisa terbang atau bagaimana, kita masih menunggu,” kata Zaky.

Senada, Konsul Haji Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Endang Jumali mengaku belum mendapatkan konfirmasi terkait keberlangsungan ibadah umrah imbas penutupan penerbangan oleh Saudi tersebut.

“Belum ada konfirmasi [soal umrah]. Ini masih baru diterima tadi dini hari dari GACA beritanya,” kata Endang.

Sebagai informasi, Arab Saudi sendiri secara resmi menutup sementara seluruh jalur penerbangan internasional selama sepekan imbas pemerintah Inggris mengumumkan terjadi penyebaran kasus infeksi mutasi virus Corona jenis baru.

Pemerintah Saudi sudah menutup jalur kedatangan dari darat, laut dan udara. Meski demikian, mereka masih mengizinkan sejumlah penerbangan dari luar negeri dengan pengecualian.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Komunitas LGBT Kabur dari Brunei, Hindari Hukuman Rajam Mati
apahabar.com

Nasional

Kongres GMNI di Ambon, Pemuda Kalsel Bidik Kursi Ketua Umum
Paspampres

Nasional

Viral, Paspampres Jatuh dari Motor Diserbu Emak-Emak Saat Kawal Jokowi di Sumba
apahabar.com

Nasional

Edhy Prabowo Jadi Tersangka, Istana Tunjuk Luhut Jadi Menteri KKP Ad Interim
Kemenkominfo

Nasional

Kemenkominfo: 30 persen Masyarakat Indonesia Ragukan Vaksin
apahabar.com

Nasional

Misteri Pemicu Virus Corona, Hingga Pasar di Wuhan Jadi ‘Tersangka’

Nasional

Tunggu Nakes Divaksin Booster, Presiden Jokowi Ingin Pfizer
apahabar.com

Nasional

Dor! Mantan Kepala BPN Denpasar Tembak Dirinya Sendiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com