Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Penghargaan IGA 2020, Balangan Terpilih Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

- Apahabar.com Jumat, 18 Desember 2020 - 15:18 WIB

Penghargaan IGA 2020, Balangan Terpilih Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Kepala Badan Litbang Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si serahkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, di Hotel Sulthan Jakarta, Jumat (18/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Terpilih sebagai kabupaten sangat inovatif, merupakan kado akhir tahun bagi kabupaten Balangan.

Pasalnya, Sesuai Radiogram Kemendagri Nomor 005/6749/SJ tanggal 14 Desember 2020, Kabupaten Balangan akan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, penyerahan trophy dan piagam penghargaan akan dilaksanakan di Hotel Sulthan Jakarta, Jumat (18/12).

Diketahui, Balangan menerima penghargaan di kategori ke-2 sebagai “Kabupaten Sangat Inovatif” bersama 8 kabupaten lainnya di Indonesia. Selain kabupaten Balangan, penghargaan juga diterima Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, Sambas, Garut, Solok, Kubu Raya dan Kabupaten Purworejo.

Kepala Balitbangda Balangan Aidinnor SSos memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang berkontribusi terhadap capaian ini. Ini merupakan keberhasilan seluruh perangkat daerah dan masyarakat Balangan.

Dengan sinergitas dan kerja keras bersama, ucap Aidi ke depan kita bisa meningkatkan dan menciptakan banyak inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik dalam rangka percepatan dan akselerasi pembangunan di daerah

“IGA adalah lomba inovasi daerah yang dilaksanakan Kemendagri dalam rangka memacu tumbuh kembangnya iklim berinovasi di daerah.

Ini untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah,” jelasnya, Jumat (18/12).

Terpisah, Bupati Balangan H Ansharuddin mengucapkan syukur. “Alhamdulillah, Balangan di segala bidang selalu mendapatkan penghargaan,” ujarnya bangga.

Ditambahkannya, ini bukti kinerja pemerintahan sangat baik termasuk dengan telah mendapatkannya penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri.

“Mudah mudahan ke depannya Balangan akan semakin banyak mendapatkan penghargaan di bawah kepemimpinan bupati terpilih, paling tidak bisa mempertahankan,” harap Ansharuddin.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD atas kerjasamanya mengikuti ajang IGA 2020 dengan melengkapi berkas, dokumen pendukung, dokumen evidence inovasi masing-masing OPD dan menguploadnya ke dalam sistim aplikasi penilaian IGA.

Reki Hardianto Saputra Kasubid inovasi dan teknologi Balitbangda penyampaian bahwa Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan yang menjadi liding sektor sejak awal tahun 2020 segera melakukan langka-langkah strategis untuk pemenuhan data indeks inovasi.

Di antaranya membangun koordinasi, sinkronisasi dan jejaring ke Kementerian terkait, Balitbangda Provinsi Kalsel, Kabupaten/kota rujukan dan seluruh OPD di Kabupaten Balangan.

“Yang tidak kalah pentingnya membangun sistem penjaringan inovasi daerah terpadu dan didukung aplikasi isian indeks inovasi daerah sehingga admin inovasi OPD dapat mengakses dan mengelola data secara daring. Cara ini dirasakan menjadi solusi kerja yg efektif, efisien dan aman terutama di masa pandemi Covid-19,” imbuh Reki.

Puncaknya hasil validasi penilaian indeks inovasi daerah yang diakses melalui portal resmi penilaian BPP Kemendagri pada bulan Nopember 2020 lalu Balangan mencetak skoring 1.616 dari 18 karya inovasi daerah yang bersumber dari OPD yang telah memenuhi kriteria.

Tentu ini capaian yg positif bagi daerah untuk meningkatkan tata kelola dan pelayanan publik melalui peranan inovatif perangkat daerah,DPRD,ASN, desa dan masyarakat.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Tuntaskan NPHD Pilkada Serentak, Bupati Balangan Diapresiasi Kemendagri
apahabar.com

Pemkab Balangan

DPRD Balangan Minta Tim Karhutla Dibentuk di Setiap Kecamatan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Ansharuddin Cek Kesiapan Ruang Isolasi Pasien Covid-19
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Rombak Pejabat Besar-besaran
Ansharuddin

Pemkab Balangan

Kalah di Pilbup Balangan 2020, Ansharuddin Siap Dukung Bupati Balangan Baru
apahabar.com

Pemkab Balangan

Salat Iduladha di Masjid Al Akbar, Ansharuddin: Sikapi Musibah dengan Sabar
apahabar.com

Pemkab Balangan

Capaian Misi Pembangunan Kabupaten Balangan Tahun 2019 RPJMD (Bagian II)
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Komitmen Sukseskan HUT Satpol PP ke-70
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com