Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Perhitungan Suara Pilgub Kalsel di Tapin Selesai, BirinMu Unggul

- Apahabar.com     Selasa, 15 Desember 2020 - 19:58 WITA

Perhitungan Suara Pilgub Kalsel di Tapin Selesai, BirinMu Unggul

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan Pilgub Kalsel diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin, Selasa (15/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2020 di Kabupaten Tapin, Birin-Muhidin (BirinMu) unggul dengan 46.438 suara sedangkan Denny-Difriadi (H2D) 33.878 suara.

Hal itu disampaikan saat rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin, Selasa (15/12).

BirinMu menang di 3 kecamatan: Binuang, Hatungun, dan Salam Babaris. Sementara pasangan H2D, meskipun kalah, dari 12 Kecamatan mereka unggul di 9 kecamatan yang ada di Tapin: Bungur, Piani, Tapin Utara, Tapin Tengah, Tapin Selatan, Bakarangan, Lokpaikat, Candi Laras Utara, dan Candi Laras Selatan.

Saat pencoblosan, partisipasi terlihat menurun karena Covid-19 dan cuaca hujan serta angin kencang. Penurunan partisipasi itu terjadi di 12 kecamatan.

“Kecamatan Binuang memegang partisipasi tertinggi, disusul dengan Salam Babaris dan Hatungun. Paling rendah, Candi Laras Utara,” ujar Ketua KPU Tapin, Hj Henny Handayani usai pleno.

Di Kecamatan Binuang, partisipasi mencapai 90 persen dengan dukungan yang sangat fantastis untuk BirinMu.

Di tanah kelahiran H. Muhidin, BirinMu unggul 90,7 % (16.878) suara. Sementara H2D hanya mendapat 9,3 % (1.740) suara.

Dahsyatnya dukungan masyarakat Kecamatan Binuang untuk BirinMu, dari 72 Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada 10 TPS suara dukungan ke H2D kosong.

Ketua KPU Tapin mengatakan bahwa pleno tingkat kabupaten Tapin berjalan dengan lancar. Selanjutnya kotak suara dibawa ke Provinsi Kalsel.

“Dari paslon 1 dan 2 alhamdulillah tidak ada keberatan. Cuma memang dari Bawaslu ada koreksi yang mereka sampaikan, tetapi sekali lagi tidak merubah hasil, tidak terlalu teknis lah,” ujarnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19, Cerita Lurah di Banjarmasin Jalani Karantina Mandiri
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Hujan Lagi Hari Ini

Kalsel

Dikira Patung, Ternyata Mayat Pemuda Rawasari Mengapung

Kalsel

Modifikasi Transportasi BPK se Kalsel, Tampil Gahar dengan Sedikit Perubahan
apahabar.com

Kalsel

Bocah 10 Tahun Diduga Tenggelam di Sungai Martapura, Warga Kecamatan Astambul Mendadak Heboh
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar Gelar Bimtek dan Lomba Kemasan Produk Olahan Pangan
apahabar.com

Kalsel

Mahalnya Tiket Pesawat, Penumpang Beralih Gunakan Kapal Laut
apahabar.com

Kalsel

Menengok Persiapan Warga Meratus HST untuk HUT RI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com