Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS

Pleno di Tingkat Kecamatan Dimulai, Perhitungan Sementara AMAN Masih Unggul di Pilbup HST 2020

- Apahabar.com Jumat, 11 Desember 2020 - 19:22 WIB

Pleno di Tingkat Kecamatan Dimulai, Perhitungan Sementara AMAN Masih Unggul di Pilbup HST 2020

Proses pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada 2020 di Kantor Kecamatan Barabai, Jumat (11/12). Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Tahapan perhitungan suara untuk Pilkada 2020 mulai masuk pleno terbuka pada tingkat kecamatan di Hulu Sungai Tengah (HST).

Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada 2020, paling pertama digelar di Kecamatan Barabai, Jumat (11/12).

Jumlah DPT di Barabai ini paling banyak dari 10 kecamatan lainnya di HST. Tercatat sebanyak 35.859 pemilih dengan 115 TPS di kecamatan ini.

Karena itu, pleno rekapitulias perhitungan suara di Barabai ini memerlukan waktu ekstra.

Ketua KPU HST, Johransyah mengatakan sesuai jadwal tahapan, pleno rekapitulasi di kecamatan ini di mulai sejak 10-14 Desember, sehingga harus dilakukan oleh PPK.

“Karena setiap PPK harus mempersiapkan segala sesuatunya maka hari ini baru bisa dilaksanakan. Plenonya dimulai dari pukul 15.00 tadi,” kata Johransyah usai memantau pleno di Kantor Kecamatan Barabai.

Sesuai PKPU 19 Tahun 2020 perubahan PKPU 9 Tahun 2018, kata Johransyah, rekapitulasi didahulukan perhitungan suara Pilgub Kalsel baru Pilbup HST.

Selesai rekapitulasi di tingkat kecamatan, secara berjenjang akan diplenokan di tingkat kabupaten untuk Pilbup dan Pilgub hingga tingkat Provinsi.

“Jika ada kejadian-kejadian khusus, sanggahan dan keberatan, apabila ada bukti dan saksi-saksi akan dicocokkan dengan hasil yang dimiliki Panwas, C hasil yang berhologram dan dari data kecamatan. Jika bukti-bukti itu benar maka akan dilakukan perbaikan sehingga rekap itu bemar-benar valid,” tutup Johransyah.

Hingga saat ini, Paslon nomor urut 3 Aulia-Mansyah (AMAN) masih unggul dari 4 paslon lainnnya per Jumat (11/12).

Perhitungan sementara Pilbup HST sudah masuk 48,50 persen.

Terekam pada Sirekap, untuk Pilbup HST saat ini sudah 308 TPS dari 635 total TPS.

Hingga pukul 16.51 tadi, dipresentasikan dua pasang Putra Alai bersaing ketat. Pasangan AMAN unggul 44,4 persen dari Paslon nomor urut 4 Saban-Abdillah (Sabil) yang baru 26,5 persen.

Total perolehan suara sementara, AMAN sebanyak 31.315. Sedangkan Sabil 18.650 suara.

Pada urutan suara terbanyak setelah dua Putra Alai tadi, ada Paslon nomor urut 1 Fakih-Yazid (Faya). Suara yang diperolehnya hingga kini sebanyak 9.443.

Faya unggul 16,7 persen dari Paslon nomor urut 5 Berry-Pahrijani (Berani) yang baru masuk 7,9 persen dan Paslon nomor urut 2 Tamzil-Ilham (Tampil) yang sementara masih 4,6 persen.

Pasangan Berani baru memperoleh sebanyak 5.553 suara sementara Tampil baru memperoleh 3.197 suara.

Sebagai catatan, karena penghitungan itu belum sepenuhnya selesai, perhitungan setiap saat bisa berubah. Petugas KPPS masih terus merekapitulasi surat suara yang masuk.

“Data yang ditampilkan pada menu hitung suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap,” seperti dikutip di laman Pilkada2020.Kpu.Go.Id.

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Selain itu, apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

“Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka,” demikian KPU dalam laman resminya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Komunitas Adat Terpencil di HST Curi Perhatian PT Indomaret
apahabar.com

HST

518 KK di LAU HST Terima Bantuan Langsung Tunai
Forkopimda

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Peringati Harjad Ke-61, Forkopimda Ziarah ke Makam Pendiri HST
Rapat Kerja Kesehatan Daerah, Berry Minta Jajarannya Tingkatkan Kedisipilinan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Rapat Kerja Kesehatan Daerah, Berry Minta Jajarannya Tingkatkan Kedisipilinan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Gencar Sosialisasi Protokol Kesehatan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Puluhan Mahasiswa STAI Al Wasliyah Barabai Ikut Wisuda
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Status Covid-19 Diperpanjang, Pemkab HST Optimalkan Pengawasan dan Sosialisasi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

BST Tahap I Mulai Disalurkan, Chairansyah: Gunakan dengan Baik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com