Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel Breaking News! Jalan Nasional Banjarmasin – Hulu Sungai Putus Lagi Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel

Pleno Rekapitulasi Penetapan Hasil Suara Pilbup Balangan Terapkan Prokes

- Apahabar.com Rabu, 16 Desember 2020 - 13:44 WIB

Pleno Rekapitulasi Penetapan Hasil Suara Pilbup Balangan Terapkan Prokes

KPU Balangan menggelar pleno rekapitulasi penetapan hasil perolehan suara Pilkada Balangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kota untuk Pilbup Balangan, Selasa (15/12) malam di KPU Balangan.

Rapat pleno selain dihadiri perwakilan paslon Bupati dan Wakil Bupati Balangan beserta tim juga dihadiri unsur Forkopimda Balangan.

Ketua KPU Balangan, Saripani menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Itu sesuai PKPU 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19 dan PKPU 19 tahun 2020 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan.

“Kemudian untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota, Bupati dan wakil Bupati dilaksanakan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota,” ujar Saripani.

Di PKPU Nomor 5 tahun 2020 tersebut, dia menjelaskan, memberikan jadwal bahwa rekapitulasi tingkat kabupaten/ kota, dilaksanakan pada 13 sampai 17 Desember 2020.

“Kami mengambil waktu diantaranya itu, sehingga yang kita laksanakan pada 15 Desember 2020,” terangnya.

Sementara itu, untuk ketentuan dalam rekapitulasi dilaksanakan dengan menggunakan Sirekap, yaitu perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi sebagai sarana publikasi hasil Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta alat bantu dalam pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan.

“Sirekap disini sebagai alat bantu rekap (rekapitulasi) hasil penghitungan suara yang digunakan untuk mencetak formulir Model D.Hasil Kabupaten-KWK,” ujarnya.

Namun, belajar dari rekap tingkat kecamatan, Saripani melanjutkan, apabila terjadi gangguan pada saat penggunaan aplikasi Sirekap, maka rekap dilakukan menggunakan keduanya, rekap manual excel dan Sirekap.

“Ketentuan menggunakan Sirekap, namun apabila Sirekap terjadi trouble di tengah jalan, maka proses rekap tetap bisa berlanjut dengan back up excel, hal ini kita sepakati bersama,” tuturnya.

Diketahui, sesuai Keputusan KPU Kabupaten Balangan Nomor 479/PL.02.6-Kpt/6311/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020.

Menetapkan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan Tahun 2020 sebagai berikut, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 H Abdul Hadi Sag, M.I.Kom. dan H Supiani SSos MSi.

Pasangan ini memperoleh suara sebanyak 47.095. Sementara paslon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 2 Drs H Ansharuddin MSi dan M Nor Iswan SPd dengan perolehan suara sebanyak 29.343 suara.

Pleno

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Tanam Pohon, Dinas Pendidikan Balangan Ikut Bangun Ekosistem Hutan

Balangan

Menjelang New Normal, Polisi di Balangan Gencarkan Patroli
apahabar.com

Balangan

Plt Gubernur dan Tim Satgas Covid-19 Pemprov Kalsel Kunjungi Balangan
apahabar.com

Balangan

Radio Sanggam Siarkan Debat Kandidat Pilkada Balangan 2020
apahabar.com

Balangan

Capai Kesepakatan, Perubahan APBD TA 2020 Dapat Segera Dilaksanakan
Pilkada Serentak

Balangan

1.066 Satlinmas Balangan Siap Bantu Pengamanan Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Balangan

Putus Penyebaran Covid-19, Polres Balangan Gencarkan Operasi Yustisi
apahabar.com

Balangan

Silaturahmi ke Pekalongan, Paslon ANIS Dapat Bekal dari Habib Luthfi bin Yahya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com