Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu

Listrik di Kalsel-Teng Aman Jelang Tahun Baru, PLN Siagakan Ribuan Teknisi

- Apahabar.com Selasa, 29 Desember 2020 - 15:23 WIB

Listrik di Kalsel-Teng Aman Jelang Tahun Baru, PLN Siagakan Ribuan Teknisi

Petugas PDKB PLN saat melakukan pemeliharaan jaringan listrik dalam keadaan bertegangan. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Jaminan diberikan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) menjelang perhatian tahun.

Jaminan itu diberikan melalui strategi operasi dan langkah preventif yang dilakukan PLN sejak awal Desember 2020, hingga pertengahan Januari 2021.

“Setiap tahun PLN selalu berkomitmen dan menjadikan perayaan Natal dan Tahun Baru sebagai agenda wajib yang harus mendapat kepastian pasokan dan keandalan listrik,” papar General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman, Selasa (29/12).

“Kedua agenda yang berada di penghujung tahun tersebut juga menjadi momen dan perayaan penting,” sambungnya.

Guna memastikan keandalan jaringan dan pasokan listrik menyambut pergantian tahun, PLN di antaranya membentuk tim siaga khusus, membuat prosedur tetap untuk pengamanan suplai listrik, hingga memeriksa semua kelengkapan peralatan dan kesiapan petugas.

Sedangkan strategi operasi sebagai mitigasi risiko gangguan tidak terduga dilakukan dengan prediktif maintenance.

Termasuk prediktif maintenance ini adalah perintisan pohon dan pemeriksaan jaringan, khususnya di titik rawan yang berpotensi sebagai penyebab gangguan.

PLN juga melakukan upaya korektif maintenance dengan percepatan penyelesaian gangguan yang terjadi akibat faktor alam, seperti hujan lebat disertai angina kencang dan sambaran petir.

“Perintisan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik sudah diselesaikan. Sedangkan masa siaga sudah tetapkan mulai 6 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021,” jelas Sudirman.

Itu artinya pemeliharaan rutin sudah dihentikan, PLN hanya fokus melakukan upaya corrective maintenance.

“Andai terjadi gangguan jaringan listrik akibat kejadian tidak terduga, maka kami berupaya secepat mungkin untuk melakukan perbaikan,” yakin Sudirman.

Guna memastikan percepatan penyelesaian gangguan akibat faktor alam, PLN sudah mengerahkan 1.087 petugas pelayanan teknik yang bersiaga 24 jam mulai dari 6 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021.

Guna mempermudah koordinasi dan mendukung mobilisasi petugas, PLN juga menyiapkan sebanyak 126 unit kendaraan roda empat, serta 37 posko yang tersebar di setiap Unit PLN.

“Meskipun kami sudah melakukan berbagai upaya penguatan keandalan jaringan dan pasokan listrik, tidak dinafikan bahwa gangguan mungkin saja bisa terjadi,” tukas Sudirman.

“Kalau masyarakat menemukan potensi gangguan jaringan PLN, atau terjadi gangguan suplai listrik di rumah, bantu kami dengan menghubungi Contact Center PLN 123 atau melalui Aplikasi New PLN Mobile,” pungkasnya

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Bupati Tanbu

Kalsel

Bupati Tanbu Klaim Ada Kesehatan Gratis, Halimah: Kalau Tidak Bayar Saya Tidak Dilayani
apahabar.com

Kalsel

Pilgub Kalsel 2020, PSI Klaim Kantongi Nama Bakal Calon Anti Korupsi
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Positif Covid-19, Pemprov Kalsel Masifkan Karantina Khusus
apahabar.com

Kalsel

Polres HSS Ringkus Pengedar Sabu, 8.03 Gram Sabu Diamankan

Kalsel

Laporan Tandon Air Rontok di Bawaslu Pusat, Denny Indrayana Kembali Tulis Surat Terbuka!
apahabar.com

Kalsel

Siap-siap, Uniska Segera Buka Jurusan S1 Farmasi

Kalteng

Jubir Satgas Covid-19 Kapuas Ingatkan Pelaku Usaha Taati Prokes
apahabar.com

Kalteng

Hebat, Dua Siswi Palangka Raya Juara Dunia Penyembuh Kanker Payudara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com