Megaproyek Kereta Api Kalsel Belok ke Jorong: Tak Mudah Mengintegrasikan KEK Breaking News! Bangunan Pasar Lima Ambruk, 4 Orang Sempat Terjebak Pengemudi Ojol Lebih Memilih Pakai Motor Konvensional Dibanding Motor Listrik, Terungkap Alasannya Samsung Galaxy A23 5G Dirilis, Spesifikasinya Dirancang untuk Generasi Milenial Di Tengah Krisis Pangan, Jokowi Sentil Kecilnya Porsi Startup Agrikultur

Presiden Jokowi Sebut Vaksinasi Gratis Kunci Pemulihan Ekonomi 2021

- Apahabar.com     Selasa, 22 Desember 2020 - 11:57 WITA

Presiden Jokowi Sebut Vaksinasi Gratis Kunci Pemulihan Ekonomi 2021

Presiden Joko Widodo menghapus poin mengenai izin investasi minuman keras. Foto: Ist

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan program vaksinasi Covid-19 secara gratis yang dimulai awal 2021 menjadi kunci pemulihan ekonomi tahun depan.

Presiden Jokowi menyakini vaksinasi mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam menangani Covid-19, serta memunculkan rasa aman.

“Sehingga pemulihan ekonomi diharapkan dapat berjalan dengan lebih cepat, konsumsi akan naik dan kembali normal, investasi juga diperkirakan akan meningkat karena adanya UU Cipta Kerja,” ujar Presiden Jokowi dalam pembukaan Outlook Perekonomian Indonesia, seperti dilansir Republika.co.id, Selasa (22/12).

Pandemi Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia pada awal Maret tahun ini memang sangat memukul perekonomian nasional. Setelah sempat tumbuh positif 2,97 persen di kuartal I 2020, ekonomi nasional terkontraksi 5,32 persen pada kuartal II.

Selanjutnya pada kuartal III, meski mulai membaik, produk domestik bruto (PDB) Indonesia masih tumbuh minus 3,49 persen.

“Secara konsisten kebijakan pemulihan ekonomi yang kita jalankan sudah mulai terlihat hasilnya. Dengan tren perbaikan seperti ini, kita berharap situasi ekonomi kita, perekonomian kita ke depan akan lebih baik dan akan membaik,” ujar Jokowi.

Demi menjaga konsisten perbaikan kinerja ekonomi, presiden memastikan akan melanjutkan sejumlah kebijakan yang berimplikasi terhadap kenaikan konsumsi rumah tangga.

Program perlindungan sosial seperti pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dan penanganan kesehatan akan dilanjutkan hingga tahun 2021.

Tujuannya, terus memberi dorongan terhadap daya beli masyarakat sehingga konsumsi rumah tangga sebagai penyangga utama ekonomi nasional kembali pulih sepenuhnya.

Jokowi mengatakan, optimisme perbaikan ekonomi secara signifikan di tahun 2021 juga didasari adanya perbaikan kinerja perdagangan pada akhir tahun ini.

Nilai ekspor yang terus menanjak diharapkan terus berlanjut sampai tahun depan, terlebih dengan adanya fasilitas pembebasan bea masuk oleh AS melalui Generalized System of Preferences (GSP).

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HPN 2020

Nasional

Hari Pers Nasional Bersama Jokowi, Simak Jadwalnya

Nasional

Utang Luar Negeri RI Tembus Rp5.952,63 T per April 2021

Nasional

Perhatian! DP 0 Persen Kendaraan Bermotor Diperpanjang hingga Desember 2022
Covid-19

Nasional

Vaksinasi Masih Rendah, Angka Kematian Akibat Covid-19 RI Tertinggi
apahabar.com

Nasional

Rekonstruksi Mutilasi Sungai Tabuk: Korban Melawan sebelum Dihabisi
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Monumen di Bengkulu Tanda Hormat atas Perjuangan Fatmawati
apahabar.com

Nasional

Polisi Cek CCTV, untuk Telusuri Pelaku Teror Bom Palsu di Rumah Ketua KPK

Nasional

Respons Anies Baswedan atas Pujian Putra Jokowi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com