BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi

Puluhan Kades di Tabalong Akhiri Masa Tugas, Sementara Dijabat ASN Kecamatan

- Apahabar.com Rabu, 16 Desember 2020 - 13:32 WIB

Puluhan Kades di Tabalong Akhiri Masa Tugas, Sementara Dijabat ASN Kecamatan

Ilustrasi ASN. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Puluhan kepala desa di Kabupaten Tabalong akan berakhir masa tugasnya Desember ini.

Beberapa kepala desa itu berada di wilayah Kecamatan Muara Uya, Haruai, Tanta, dan Banua Lawas.

Camat Muara Uya, Abdul Wahid, mengatakan di wilayahnya ada 4 desa yang masa tugas kadesnya berakhir yaitu Desa Kupang Nunding, Ribang, Muara Uya dan Desa Uwei.

Masa tugas kades di empat desa itu berakhir pada 24 Desember 2020.

Khusus Desa Uwie sudah ada penjabat kepala desanya yang dijabat oleh Kasi Trantib kecamatan.

Sementara untuk tiga desa lainnya sudah diusulkan penjabat kadesnya dari ASN kecamatan untuk menjalankan roda pemerintahan desa sekaligus bertugas mempersiapkan Pilkades 2021.

Di wilayah Kecamatan Tanta, ada 5 desa yang ditinggal Kadesnya karena berakhir tugasnya tanggal 24 Desember mendatang, yaitu Desa Barimbun, Pulau Ku’u, Mangkusip, Luk Bayur dan Walangkir.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan Kades itu, kami sudah mengusulkn ke Bupati Tabalong dari PNS kecamatan sebagai penjabatnya,” terang Camat Tanta, Bahdur Husni, kepada apahabar.com, Rabu (16/12).

Sementara itu, di wilayah Kecamatan Haruai ada 4 desa yang jabatan kadesnya habis yaitu Desa Hayup dan Wirang, Kembang Kuning dan Lok Batu.

Untuk Desa Hayup, kekosongan jabatan sudah diisi oleh Asrani, Kasi Pemerintahan kecamatan dan Lok Batu diisi Tajuddin, staf kecamatan yang dulu pernah menjabat Sekdes di sana.

“Sedangkan Desa Kembang Kuning dan Lok Batu sudah diusulkan ke DPMPD untuk ditempatkan penjabat kadesnya yang mana kadesnya berakhir bertugas tanggal dibulan ini, ” jelas Camat Haruai, Handi Yanuardi.

Kades yang berakhir masa tugasnya juga ada di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), yaitu kecamatan Banua Lawas.

Di Banua Lawas ada 11 Kades yang mengakhiri tugasnya pada bulan Desember ini yaitu Desa Batang Banyu, Pematang, Hariang, Bungin, Banua Lawas, Sungai Hanyar,Banua Rantau, Purai, Bangkiling, Bangkiling Raya dan Hapalah.

Selain itu, masih ada 1 desa yang kadesnya mengakhiri jabatannya pada tahun depan dan akan ikut Pilkades serentak tahun 2021.

“Selain 11 desa yang tugas kadesnya berakhir pada bulan ini, 1 desa lagi kadesnya akan berakhir tahun depan yaitu Desa Habau, sehingga ada 12 desa yang akan menggelar Pilkades serentak tahun 2021 mendatang,” pungkas Camat Banua Lawas, H Faridudin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tabalong

Kebakaran di Tabalong, Dinsos Setempat Langsung Berikan Bantuan
Banjir di Tabalong

Tabalong

Banjir di Tabalong, Pemangku Kebijakan di Tanta Berikan Bantuan Mi Instan

Tabalong

Pilkada Kalsel, KPU Tabalong Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara
pelanggar

Tabalong

7 Pelanggar Prokes di Kelua Tabalong Disuruh Membeli Masker

Tabalong

Masuk Perbatasan Kalsel di Tabalong, Warga Dicek Suhu Tubuh
PDAM Tabalong

Tabalong

Teknisi PDAM Tabalong Bantu Perbaikan IPA PDAM HST yang Rusak karena Banjir
Protokol

Tabalong

Nekat Tak Pakai Masker, 6 Warga Tabalong Terjaring Operasi Yustisi
apahabar.com

Tabalong

Sambangi Tabalong, Ketua DPRD Kalsel Bawa APD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com