Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel Breaking News! Jalan Nasional Banjarmasin – Hulu Sungai Putus Lagi Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel

Ratusan Jiwa Terpapar Covid-19, Pemkab HST Salurkan Santunan

- Apahabar.com Senin, 21 Desember 2020 - 07:55 WIB

Ratusan Jiwa Terpapar Covid-19, Pemkab HST Salurkan Santunan

Bupati HST, HA Chairansyah menyerahkan santunan kepada warga yang terpapar Covid-19 di Auditorium, Selasa (24/12). Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Sebanyak 437 jiwa yang positif Covid-19 melakukan klaim santunan dari Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST).

“Selain yang positif ada juga ahli waris yang keluarganya dimakamkan secara protokol Covid-19 (hasil swab tidak positif-red). Totalnya 10 orang,” kata Kepala Dinsos PPKB PPA HST, HM Yusuf, Senin (20/12).

Adapun santunan bagi warga yang meninggal dunia kemudian dimakamkan secara protokol covid-19, namun hasil swab negatif, kata Yusuf, dapat santunan Rp2,5 juta.

Sementara orang yang positif dan melaksanakan karantina hingga sembuh, baik karantina di fasilitas pemerintah maupun karantina mandiri, biaya santunannya Rp700 ribu per jiwa.

Total keseluruhan orang yang mengklaim santunan itu didapatkan setelah pendaftaran ditutup per 15 Desember 2020 tadi.

Dijelaskan Yusuf, mereka yang mendapat santunan itu berdasarkan data dari Dinkes HST. Dengan catatan, bantuan akan tersalurkan jika warga mengklaim dan tentunya berdasarkan data dari Dinkes tadi.

“Apabila tidak, kami tidak memaksa, yang penting kita sudah berkoordinasi dan disampaikan melalui para camat untuk diteruskan ke desa dan seluruh warga masyarakat se HST,” terang Yusuf.

Mengenai ditutup klaim santunan pada 15 Desember tadi, ditegaskan Yusuf, hal itu menyesuaikan dengan agenda keuangan. Sebab dana santunan itu bersumber dari APBD HST.

Karena berasal dari APBD, Pemkab HST harus menyelesaikan laporan pertanggung jawaban paling lambat 23 Desember ini.

“Kalau masih ada warga yang melakukan klaim, kami tetap akan menerima. Namun terpaksa harus menunggu. Apakah program bantuan dan santunan ini akan berlanjut pada 2021 mendatang atau tidak. Karena kita harus sama-sama kembali membicarakan dengan pimpinan dan yang terpenting adalah ketersediaan dananya,” jelas Yusuf.

Lalu bagaiaman dengan dana yang bersumber dari Kemensos RI untuk santuna orang yang meninggal karena Covid-19?

Mengenai hal itu, Yusuf belum bisa memastikan. Sebab dana yang bersumber dari APBN melalui Kemensos RI, jumlahnya15 juta per jiwa.

Untuk di HST, papar Yusuf, sejak Agustus lalu sampai saat ini, total ahli waris yang melakukan klaim sebanyak 41 jiwa. Semua berkas telah dikirimkan ke Dinsos Provinsi Kalsel.

Baahkan, kata Yusuf sudah ada yang sampai ke Kemensos RI sebanyak 37 berkas. Sisanya ada 4 berkas untuk proses selanjutnya.

“Dinas Sosial PPKB PPPA HST, merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah untuk memberitahukan dan menyampaikan kepada warga HST untuk segera menyampaikan klaim dengan melengkapi syarat-syaratnya,” kata Yusuf.

Klaim warga yang sudah lengkap syaratnya tersebut, lanjut Yusuf akan disampaikan ke Dinsos kabupaten/kota, provinsi hingga disampaikan ke Kemensos RI.

Untuk selanjutnya, terang Yusuf disampaikan ke Kementrian Sosial RI. Dananya akan masuk melalui rekening ahli waris, sehingga Dinsos kabupaten/kota tidak bisa memantau proses selanjutnya.

“Kita tunggu saja infonya, semoga sudah masuk ke rekening ahli waris,” harap Yusuf.

Sebelumnya, 24 November lalu, santunan sudah diberikan kepada 654 jiwa yang terkonfirmasi Covid-19. Selain itu ada juga santunan untuk 8 ahli waris yang kelurganya dimakamkan secara protokol Covid-19.

Ke 8 orang yang dimakamkan secara Covid-19 ini adalah mereka yang dinyatakan rekatif berdasarkan rapid tes namun dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil swab.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati HA Chairansyah kepada 4 orang perkwakilan di Auditorium Setda HST, Selasa (24/11).

“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dari pemerintah daerah untuk membantu meringankan beban serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi,” kata Chairansyah saat itu.

Bupati HST, HA Chairansyah berterima kasih kepada Dinsos PPKB PPPA serta kepada pihak-pihak yang terkait yang telah mengakomodir dan memfasilitasi penyaluran bantuan itu.

Chairansyah berharap bantuan itu dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk membantu perekonomian keluarga.

“Untuk saar ini tetap patuhi protokol kesehatan,” tutup Chairansyah.(*)

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jelang Penerapan Prokes, TP PKK HST Kebagian Puluhan Ribu Masker dari Provinsi Kalsel
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

FAKTA-FAKTA Kasus Penemuan Mayat Wanita Hamil Diduga Istri Muda Pembakal HST, Polisi Kerja Keras Ungkap Misteri Kematian
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tahun Ajaran Baru di Tengah Pandemi, Wabup Berry Tinjau Proses Pembelajaran di Kelas
Forkopimda

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Peringati Harjad Ke-61, Forkopimda Ziarah ke Makam Pendiri HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati Chairansyah: Satgas Penegak Hukum Prokes di HST Harus Serius
HGN ke-60, Wabup Berry Ajak Siswa MAN 1 HST Hidup Sehat

Pemkab Hulu Sungai Tengah

HGN ke-60, Wabup Berry Ajak Siswa MAN 1 HST Hidup Sehat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kunjungi HST, Paman Birin Terima Saran dari Bupati
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

IKPM Gontor Kalsel Beri Penghargaan untuk Bupati Chairansyah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com