Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi

Rekomendasi Bawaslu, 1 TPS di Tanbu dan Banjar Lakukan Pemungutan Suara Ulang

- Apahabar.com Sabtu, 12 Desember 2020 - 15:05 WIB

Rekomendasi Bawaslu, 1 TPS di Tanbu dan Banjar Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Ilustrasi pemungutan suara di Pilkada Serentak 2020. Foto-dok

apahabar.com, BANJARMASIN – Proses pemungutan suara di sejumlah TPS di Pilkada serentak 2020 Kalsel rupanya tak semua berjalan lancar. Ada saja yang bermasalah. Dan ini jadi temuan Bawaslu Kalsel.

Bawaslu mengeluarkan rekomendasi untuk proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) atas temuan ini. Ada dua TPS yang harus melaksanakannya.

“TPS 05 Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu sama TPS 08 Desa Pembataan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar,” ujar Komisioner Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie, Sabtu (12/12).

Untuk TPS 08 Desa Pembataan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar harus di PSU lantaran terdapat 8 surat suara untuk Pilgub dicoblos oleh ketua KPPS TPS setempat.

Sementara itu TPS 05 Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dilakukan PSU lantaran ada pemilih yang nyoblos lebih dari satu kali.

“Di Tabu mereka sesuai pasal larangannya 112 ayat 2 huruf d lebih dari seorang pemilih memilih lebih satu kali. Itu yang jadi dasar hukum panwascam maupun Bawaslu kabupaten Tanbu untuk merekomendasi ke KPU,” jelas Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kalsel ini.

Sementara itu terpisah, Komisioner KPU Kalsel, Hatmiati mengatakan pihaknya sudah menerima rekomendasi PSU dari Bawaslu. Rencananya pelaksanaan bakal dilangsungkan besok, Minggu (13/12).

Hatmiati menjelaskan, saat ini persiapan pelaksanaan PSU di dua lokasi itu sudah lakukan. Dari logistik hingga pemberitahuan bagi pemilih yang pada 9 Desember lalu nyoblos di TPS setempat.

“Pelaksanaan PSU di Banjar san Tanbu dilaksanakan pada tanggal 13 besok. Kemudian prosesnya persiapan logistik sudah dilakukan. Hari ini sudah di kirim. Dan C pemberitahuan dilakukan,” imbuhnya.

PSU ini tak hanya berlaku bagi pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun juga pemilih DPTB dan DPPH juga diundang untuk hadir.

Hatmiati meyakini, meski waktu cukup mepet hasil dari penghitungan suara di TPS yang melakukan PSU tak akan tercecer. Dan masih bisa menyusul di rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Jamnya sama 7-1 siang. Rekapitulasi di kecamatan dari tanggal 10 – 14. Jadi masih ada waktu setelah penghitungan di tingkat TPS. PSU itu kita masih punya 1 hari sebelum tanggal 14. Sebelum nanti rekap di tingkat kabupaten,” tukasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Sebaran Covid-19 di Ruang Pelayanan, Polsek Kintap Rutin Semprot Disinfektan
apahabar.com

Kalsel

Hujan Belum Beranjak dari Wilayah Kalimantan Selatan
apahabar.com

Kalsel

Dihantam Puting Beliung, 33 Rumah di Batola Rusak
apahabar.com

Kalsel

Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Menggali Potensi Wisata di Kampung Sungai Biyuku
apahabar.com

Kalsel

Dua Pekan Berlalu, Operasi Yustisi HST Masih Temukan Warga Tidak Patuh Prokes
apahabar.com

Kalsel

Hari Konsumen Nasional 2020, Dinas Perdagangan Kalsel Upayakan Perlindungan Konsumen
apahabar.com

Kalsel

Bocah Tenggelam Ditemukan Tak Bernyawa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com