Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Ribuan Pohon Ditanam di Tabalong, 200 di Antaranya di SMKN 1 Jaro

- Apahabar.com Sabtu, 5 Desember 2020 - 10:22 WIB

Ribuan Pohon Ditanam di Tabalong, 200 di Antaranya di SMKN 1 Jaro

Para guru di SMK Negeri 1 Jaro melakukan aksi penanaman pohon dalam rangka memperingati HUT ke-55 Kabupaten Tabalong. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG Memperingati HUT ke-55 Kabupaten Tabalong, para guru di SMK Negeri 1 Jaro melakukan aksi penanaman pohon.

Penanaman pohon jenis trembesi dan sengon dilakukan di sekitar sekolah yang beralamat di Jalan A Yani Desa Namun, Kecamatan Jaro, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini juga melibatkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan Kepala DLH Rowi Rawatianice, Camat Jaro Suwandi, Danramil Muara Uya Kapten Uung Sutandi dan Kapolsek Jaro Ipda Ferry Kurniawan.

Kepala SMKN 1 Jaro, Rita Herlina, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini sebagai pelaksanaan program kerja sekolah dalam upaya mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional.

Rita juga menjelaskan sekolah yang dipimpinnya mempunyai kekhususan di bidang peternakan. Saat ini pihaknya sedang mengusulkan bantuan ke Pemprov Kalsel, Pemkab Tabalong dan pihak swasta.

“Usulan yang kami sampaikan untuk memberikan dukungan terkait pengelolaan ternak sapi, kambing, dan unggas, ” jelasnya.

Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, yang hadir dalam aksi penanaman pohon di SMKN 1 Jaro memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Kita ketahui upaya untuk penghijauan di Tabalong tidak cukup di kota saja, tapi juga dilakukan di kecamatan – kecamatan. Apa yang dilakukan di Jaro bisa juga diikuti Kecamatan lainnya,” jelasnya.

Terkait pengembangan SMKN 1 Jaro, Bupati Anang meminta siswanya tidak hanya belajar saja, tapi juga mulai berusaha dan berbisnis dibidang di peternakan.

“Nantinya, pasar ibu kota negara yang baru sangat luas. Apapun yang diproduksi, baik peternakan, pertanian dan lainnya tentu tidak akan cukup memenuhi kebutuhan ibu kota nantinya. Sebab itu, maksimalkan ilmu pengetahuan yang didapat,” katanya.

“Silahkan berusaha beternak dengan cara yang lebih modern, apa yang diajarkan guru diterapkan di kehidupan nyata,” tambah Anang.

Saat ini Pemkab Tabalong juga tengah mengembangbiakkan kambing boer.

“Nanti bisa dicoba dikawinkan dengan kambing lokal di Jaro. Mudahan menjadi salah satu daya tarik kita memiliki kambing yang khas dan bisa memiliki nilai tambah dibandingkan kambing lokal,” jelasnya.

Terpisah, Camat Jaro, Suwandi, menjelaskan penanaman pohon di SMKN 1 Jaro bagian dari penanaman 1.500 pohon di wilayahnya.

“Untuk SMKN 1 Jaro ditanam 200 pohon, sedangkan sisanya ditanam diseluruh desa di Kecamatan Jaro,” terangnya kepada apahabar.com, Sabtu (5/12).

Penanaman pohon ini juga sebagai penghijauan dan mengantisipasi terjadinya banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tabalong

Kebakaran di Tabalong, Dinsos Setempat Langsung Berikan Bantuan
Tabalong

Tabalong

Belasan Pejabat Dilantik, Simak Pesan Wakil Bupati Tabalong

Tabalong

BPBD Tabalong Dirikan Posko Siaga Bencana

Tabalong

Tindak Lanjuti Arahan BPK, Pemkab Tabalong Hibahkan 4 Kantor Desa di Pugaan
Tabalong

Kalsel

Jangan Macam-macam, Berkerumun Malam Tahun Baru di Tabalong Aparat Mengintai
apahabar.com

Tabalong

Alih Fungsi, Sejumlah Penyewa Toko di Tabalong Diberi SP 1
apahabar.com

Tabalong

Dandim 1008 Tanjung Ajak Prajurit Hormati Pahlawan
Kapolres

Tabalong

Tingkatkan Kemitraan, Kapolres HSU Kunjungi Lapas Kelas IIB Amuntai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com