Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Saling Klaim Kemenangan, Kapolda Kalsel Wanti-Wanti Paslon dan Timses

- Apahabar.com Jumat, 11 Desember 2020 - 17:43 WIB

Saling Klaim Kemenangan, Kapolda Kalsel Wanti-Wanti Paslon dan Timses

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak 2020 Kalsel masih belum final.

Meski begitu, tak sedikit para calon kepala daerah yang perolehan suara lebih unggul mengklaim kemenangannya lebih dulu.

Soal klaim mengklaim ini rupanya menjadi atensi Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto. Ia meminta agar para Paslon maupun tim sukses untuk menahan diri.

“Pesan saya bisa menahan diri untuk tak mengklaim kemenangan. Karena kemenangan yang sebenarnya setelah ditentukan oleh perhitungan KPU,” imbuhnya, Jumat (11/12).

Para paslon dan tim sukses diwanti-wanti untuk turut menjaga kondusifitas situasi. Jangan sampai akibat saling klaim kondisi Kamtibmas menjadi kacau balau.

“Saya berharap semua calon dan tim sukses bisa menjaga kondusifitas pelaksanaan maupun pasca Pilkada,” tegas jenderal bintang dua ini.

Dijelaskan Rikwanto, bahwa hasil quick count yang saat ini disediakan baik di KPU maupun penyedia jasa lainnya cukup menjadi bahan referensi.

Pasalnya, kepastian perolehan suara resmi diumumkan oleh KPU. “Hasil quick count sudah diumumkan silakan untuk menjadi referensi saja. Hasil sebenarnya adalah tunggu penghitungan KPU,” jelasnya.

Selain itu, Rikwanto memastikan bahwa proses pemungutan suara di Kalsel berjalan dengan aman dan lancar.

Dengan demikian, ia memberi apresiasi kepada semua pihak, terlebih masyarakat Kalsel yang turut menjaga kelancaran proses Pilkada 2020.

“Saya apresiasi Pilkada aman, damai, tenang dan sejuk. Semua terlaksana dengan baik. Tak ada (laporan yang menonjol), semua kondusif, semua baik-baik saja,” katanya.

Kendati demikian, untuk anggota kepolisian yang sudah disebar ke sejumlah daerah hingga saat ini masih belum bisa ditarik.

“Pasukan tetap kita standby-kan dulu, sambil menunggu ada riak-riak atau tidak dari kontes penghitungan lewat quick count ini,” jelasnya.

Ini perlu, untuk memastikan agar semua proses pemungutan hingga finalisasi penghitungan suara bisa berjalan aman.

“Kita berharap pergeseran kotak dan surat suara ke kecamatan maupun ke kabupaten nantinya itu bisa berjalan tertib, lancer, dan aman,” ujarnya.

Termasuk menjaga keutuhan suara yang bergeser dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke tingkat selanjutnya tetap utuh dan terjaga.

“Anggota kita masih standby menjaga kotak dan surat suara, jangan sampai ada yang terganggu. Dihitung juga lengkap seperti dari TPS,” tukasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Serahkan SK 249 CPNS, Ingat Pesan Wabup Tabalong
apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjarmasin Persilakan Mahasiswa Mengkritik
apahabar.com

Kalsel

Ops Lilin Intan 2019, Polres HST Siap Amankan Tempat Ibadah dan Wisata
apahabar.com

Kalsel

Jumatan Perdana di Banjar, 4 Masjid Dijaga Ketat TNI-Polri
Denny

Kalsel

BREAKING NEWS: Denny Beberkan 177 Bukti Dugaan Pelanggaran Pilgub Kalsel ke MK
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Proses Administrasi, BPJS Sosialisasikan E-Dabu
apahabar.com

Kalsel

Dewan Temukan Kejanggalan Pembangunan Jembatan Penghubung di Km 5
Tenggelam

Kalsel

Geger, Santri Al-Ihsan Banjarmasin Tenggelam di Sungai Martapura
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com