Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Sembuh dari Covid-19, Puluhan Panitia Penyelenggara Pemilihan di Batola Siap Bertugas

- Apahabar.com Senin, 7 Desember 2020 - 18:45 WIB

Sembuh dari Covid-19, Puluhan Panitia Penyelenggara Pemilihan di Batola Siap Bertugas

Dua hari lagi, masyarakat Kalimantan Selatan melakukan pemilihan gubernur. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Dua hari menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan 2020 di Barito Kuala, semua panitia penyelenggara pemilihan yang dikonfirmasi positif Covid-19 sudah dinyatakan sehat.

Sebelumnya 7.489 calon panitia penyelenggara pemilihan, telah menjalani serangkaian pemeriksaan rapid dan swab di awal November 2011.

Mereka terdiri dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), petugas pengamanan TPS, Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Hasilnya dari 331 orang reaktif, ditemukan 41 kasus konfirmasi positif pasca swab test dan langsung menjalani karantina di SKB Batola.

Seiring waktu berlalu, 41 panitia penyelenggara pemilihan tersebut dinyatakan sembuh. Dengan demikian, mereka dapat dipastikan bisa menjalankan tugas di hari pemilihan.

“Alhamdulillah semua panitia penyelenggara pemilihan sembuh dan telah meninggalkan karantina, sehingga mereka sudah bisa bertugas,” papar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola, Rusdiansyah, Senin (7/12).

“Namun seandainya mereka masih merasakan sakit, dianjurkan tidak memaksakan bertugas. Posisi mereka digantikan petugas lain yang tersedia,” tegasnya.

Di sisi lain, sekitar 14 petugas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batola yang dikonfirmasi positif. Kasus ini merupakan hasil swab dari 60 petugas yang reaktif.

Mereka terdiri dari Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panitia Pengawas Desa/Kelurahan (PPKD), dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

“Sebagian sudah sembuh, namun masih beberapa orang yang dikarantina. Kami berharap semua petugas dapat sembuh sebelum hari pemilihan,” sahut Rahmatullah Amin, Ketua Bawaslu Batola.

“Andaikata belum sembuh, petugas di level atas yang menggantikan. Misalnya PPKD dapat menggantikan PTPS yang masih dirawat, demikian seterusnya sampai tingkat kabupaten,” tandasnya.

Kasus konfirmasi Covid-19 di Batola sendiri sudah mencapai 806 orang. 750 orang di antaranya berhasil disembuhkan, 13 orang meninggal.

Dari 43 kasus aktif, 24 pasien masih menjalani isolasi mandiri. Kemudian 10 pasien lain sudah dikarantina di SKB Batola, 6 pasien di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), dan 3 pasien dirawat di RS Islam Banjarmasin.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Haul Guru Sekumpul Ke-14, Polda Kalsel Gelar Pasukan
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Pemkab Tabalong Lakukan Mutasi dan Promosi Pejabat
apahabar.com

Kalsel

Tanam Pohon bareng Presiden, Menteri Siti Singgung Tambang di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Bantu Masyarakat, Pangkalan Muslim Fahmi de Musfa Jual Gas Elpiji Murah
apahabar.com

Kalsel

Terungkap Motif Duel Maut di SPBU Liang Anggang
apahabar.com

Kalsel

Letkol Bagus Budi Adrianto Pindah ke Makassar
apahabar.com

Kalsel

Dekrit 5 Juli 1959 Silam di Kalsel, Kediaman Bupati HSU Dilempar Granat!

Kalsel

Bupati Tabalong Kukuhkan Pengurus DPC Apdesi Periode 2020-2025
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com