Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Pak Wali… Pengungsi Banjir di Banjarmasin Mulai Sakit-sakitan, Poskes Over Diduga Sakit Hati, Pria Gantung Diri di Batulicin Sering Cekcok dengan Istri Banjir dan Ancaman Tim Paman Birin, “Sudah Jatuh Warga Tertimpa Tangga” PMI Balikpapan Tak Terima Bantuan Pakaian Bekas untuk Korban Banjir Kalsel

Tak Ada Hubungan Diplomatik dengan Israel, Indonesia Tetap Bersama Rakyat Palestina

- Apahabar.com Selasa, 15 Desember 2020 - 16:23 WIB

Tak Ada Hubungan Diplomatik dengan Israel, Indonesia Tetap Bersama Rakyat Palestina

Warga Palestina. Foto-Tribunnews.com

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menegaskan hal tersebut. Ia memastikan pemerintah Indonesia berdiri bersama rakyat Palestina untuk mendukung kemerdekaan negara tersebut dari Israel.

Hal itu dikatakan Azis setelah sejumlah media internasional menyebut bahwa Indonesia akan segera melakukan normalisasi hubungan dengan Israel sebelum masa jabatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berakhir.

‚ÄúSementara ini saya belum mendengar rencana tersebut dari pemerintah, sehingga justru saya mempertanyakan dasar klaim tersebut. Saya yakin bahwa pemerintah Indonesia sepenuhnya berdiri bersama rakyat Palestina,” kata Azis Syamsuddin di Jakarta, Selasa (15/12).

Menurut dia belum ada pembicaraan tentang normalisasi hubungan diplomatik antarkedua negara.

“Saya belum dengar tentang wacana tersebut, yang pasti pemerintah Indonesia dan juga rakyat Indonesia sepenuhnya mendukung kedaulatan dan hak-hak Palestina,” ujarnya.

Azis mengatakan Indonesia tidak memiliki masalah dengan negara manapun termasuk dengan Israel. Namun yang diperjuangkan Indonesia justru hak masyarakat Palestina agar bisa hidup sebagai negara berdaulat sepenuhnya.

Selain itu, dia menjelaskan, terkait potensi membuka hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel, hal tersebut tergantung rencana strategis pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri.

“Hingga saat ini belum ada rencana strategis apapun terkait wacana normalisasi hubungan Indonesia dengan Israel,” katanya.

Dia berharap Israel dapat segera menyelesaikan persoalan dengan Palestina dengan mengakui hak teritorial Palestina sebagai negara berdaulat.

Politikus Partai Golkar itu menilai normalisasi hubungan antara Indonesia dan Israel bisa terbangun jika ada rasa percaya, saling menghormati, dan memiliki visi yang sama.

“Jika persoalan Palestina bisa tuntas, maka tentu normalisasi akan sangat mudah. Jika belum, normalisasi akan tidak ada maknanya, semoga persoalan Palestina bisa segera tuntas,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Mekah Belum Sepenuhnya Bebas Jangkrik
apahabar.com

Internasional

Rusia Enggan Tiru Prancis, Terbitkan Karikatur Hina Islam
Pesta Seks

Internasional

Parah! Pesta Seks di AS, 41 Orang Positif Covid-19

Internasional

Tragis! Diperkosa 5 Pria, Wanita Ini Malah Diperkosa Lagi oleh Polisi
matahari

Internasional

Hebat, China Berhasil Pasang Matahari Buatan Generasi Terbaru
apahabar.com

Internasional

Presiden Rouhani Sebut 25 Juta Warga Iran Terinfeksi Covid-19
apahabar.com

Internasional

China dan Korsel Laporkan Kenaikan Kasus Covid-19
apahabar.com

Internasional

Pergerakan Kapal Perang AS USS Barry di Selat Taiwan Dipantau Militer China
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com