Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Tak Ada Toleransi Kerumunan Tahun Baru di Kalsel, Bebal Ditindak Tegas!

- Apahabar.com Rabu, 30 Desember 2020 - 18:18 WIB

Tak Ada Toleransi Kerumunan Tahun Baru di Kalsel, Bebal Ditindak Tegas!

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto Didampingi bersama Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah pantau kesiapan pasukan pengamanan pergantian tahun baru 2021. Foto-Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak ada toleransi dari aparat Polri dan TNI terkait perayaan tahun baru di Kalsel. Jika bebal, maka siap-siap ditindak tegas.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 di Indonesia masih jauh dari kata membaik. Angka kasusnya terus meningkat. Tak terkecuali di Kalimantan Selatan.

Pergantian tahun baru 2021 diprediksi pemerintah bakal menjadi penyebab lonjakan kasus baru. Dan itu sudah diprediksi jauh-jauh hari.

Aparat kemanan dikerahkan untuk menjaga ketertiban saat pergantian tahun baru ini. Termasuk mencegah kerumunan saat perayannya.

Kapolri Jenderal Idham Azis bahakan mengeluarkan maklumatnya. Secara resmi, Maklumat Kapolri bernomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dikeluarkan pada Rabu, 23 Desember lalu.

Nah, Rabu (30/12) siang tadi, aparat kemanan di Kalsel disiapkan. Bertempat di Jalan Jenderal Sedirman Banjarmasin Tengah, apel kesiapan pengamanan pergantian tahun baru 2021 digelar.

Pasukan gabungan baik TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, maupun tenaga kesehatan dilibatkan dalam apel yang di pimpin Gubernur Kalsel Sabirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen pol Rikwanto, dan Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah tersebut.

Sedikitnya ada 1.900 anggota gabungan yang disiapkan untuk pengamanan kali ini. “Totalnya 1.900 an, ini gabungan,” ujar Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Moch Noor Subchan usai apel.

Masyarakat Kalsel diwanti-wanti untuk tak membuat kerumunan saat perayaan pergantian tahun baru 2021.

Jika masih bebal, siap-siap dibubarkan oleh petugas. Bahkan tiga kali ditegur masih mental harus mau di rapid test antigen.

Apabila reaktif wajib menjalani karantina di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Asrama Haji Landasan Ulin yang sudah disiapkan pemerintah.

“Tak ada kerumunan lebih dari 20 orang. Dianjurkan tegur tiga kali, jika tak diindahkan ada tim prokes akan dicek dengan antigen. Reaktif langsung dibawah ke bapelkes di Asrama haji,” kata Subchan dalam arahannya.

Tak hanya itu, pencegahan kerumunan juga dilakukan dengan menduduki titik-titik yang berpotensi menjadi pusat keramaian saat pergantian tahun baru.

Petugas sejak besok pukul 16.00 Wita ditugaskan untuk menggelar apel di lokasi-lokasi itu.

Seperti Siring Jenderal Sedirman, RE Martadinata, Siring Bakantan, RTH Kamboja, serta sejumlah titik lainnya.

Tujuannya tak lain agar tak keduluan masyarakat. Sebab jika sudah terlanjur maka dikawatirkan sulit membubarkan.

“Besok jam 4 sore apel di masing-masing lokasi yg diduga digunakan masyarakat. Kita lebih awal menduduki tempat tersebut,” jelasnya.

Masyarakat dianjurkan untuk merayakan pergantian tahun baru di rumahnya masing-masing. Tak ada yang keluar.

Menyalakan kembang api pun dilarang. Selain berbahaya, juga menjaga potensi terjadinya kerumunan.

Lebih jauh, tempat hiburan ataupun tempat nongkrong seperti cafe dan sejenisnya diminta untuk tak buka.

Jika ketahuan maka bakal ditindak tegas. Bahkan paling fatal bisa langsung segel petugas.

“Untuk tim intelejen dan pol PP untuk patroli, kalau masih ada Tempat hiburan, cafe. masih buka, langsung segel saja. Ga usah ragu,” tegas Subchan.

Adapun Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto meminta agar masyarakat memahami betul kondisi saat ini. Dimana ancaman penambahan kasus Covid-19 masih mengancam.

“Kita tak tau kapan pandemi ini akan berlalu. Pergantian tahun harus dilalui dengan baik. Jangan sampai jadi ajang berkerumun. Patuhi 3M. (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” ujar Jenderal Polisi Bintang dua ini.

Rikwanto berkata, ia memahami betul hasrat masyarakat untuk merayakan pergantian tahun baru 2021 cukup tinggi. Namun sayang ujarnya pergantian tahun kali ini berbeda dari biasanya.

“Saya memahami betul sikologis masyarakat. Tak ada izin keramaian yang diterbitkan polri, tak ada kumpul-kumpul, tak ada penyalaan kembang api. Potensi bisa membauat orang ngumpul,” katanya.

Yang terpenting uajr Rikwanto, petugas saat menegur masyarakat harus secara humanis. Jangan sampai terjadi ketegangan ketika hal itu dilakukan.

“Itulah alasan mengapa lebih baik ditutup (titik-titik rawan kerumunan) Kalau dibubarkan takutnya ada yang tersakiti. Lebih baik dari awal ditutup. Pencegahan tetap humanis, soft. Kalau tak pakai masker tegor dan kasih masker,” imbuhnya.

Terakhir ujar Rikwanto, dalam tugas kali ini dikhu5 bagi anggota yang disiapkan. Tak perlu ada oknum atau ormas lain yang ikut turun tangan dalam pengamanan kali ini.

Ia memerintahkan jika ada oknum yang mencob hal itu untuk segera diamankan.
“Jangan ada lagi masyarakat yang main polisi-pokisian. Kalau ada tangkapan. Kalau ada yang coba ganggu tangkap. Ini perintah langsung,” tukasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bantu Pembangunan BUMDes di Kalsel, Kemendes Akan Berdayakan Masjid
apahabar.com

Kalsel

Berkunjung ke Perpustakaan Palnam, Nadia Mulya Buka-Bukaan Awal Menjadi Penulis
apahabar.com

Kalsel

Gelar Pesta Rakyat di Peringatan Harjad, Pemprov Kalsel Siapkan Ribuan Porsi Makanan
apahabar.com

Kalsel

Bak Artis Ibukota, Fathur Diserbu Mahasiswi ULM
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lokal Hingga Berpetir Masih Wajib Diwaspadai
apahabar.com

Kalsel

Giliran AMPI Batola Bantu Korban Kebakaran Baliuk
apahabar.com

Kalsel

Polda Kalsel Matangkan Persiapan Kedatangan Kapolri dan Panglima TNI
apahabar.com

Kalsel

Cegah Corona di Kalangan Driver, Begini Upaya Grab Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com