Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Tangani Covid-19, Kalteng Anggarkan BTT Rp 100 Miliar

- Apahabar.com Sabtu, 19 Desember 2020 - 17:52 WIB

Tangani Covid-19, Kalteng Anggarkan BTT Rp 100 Miliar

Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri. Foto-Antara/Rendhik Andika

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menganggarkan Rp 100 miliar melalui Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penanganan bencana salah satunya Covid-19.

“Kalau untuk provinsi kita siapkan anggaran di Rp 100 miliar untuk BTT Covid-19. Terus hal-hal lain berkaitan di RS langsung dalam kegiatan dan sebagian juga disiapkan melalui Dinas Kesehatan,” kata Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri di Palangka Raya, dilansir Antara, Sabtu (19/12).

Dia menambahkan, dana penanganan Covid-19 yang masuk dalam BTT akan lebih fleksibel digunakan dengan salah satu syarat utama daerah berstatus darurat bencana.

Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan berbagai sumber pendanaan dan sumber daya untuk penanganan Covid-19 yang mulai merebak di Kalteng sejak Maret 2020.

Dia mengatakan, dalam rangka penanganan Covid-19 pihaknya juga telah mencermati RAPBD yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten/kota di provinsi setempat untuk penyiapan anggaran. Termasuk di antaranya untuk menyambut kedatangan vaksin.

“Vaksin diadakan oleh pemerintah pusat. Untuk pemerintah di provinsi dan kabupaten/kota juga harus memberikan dukungan anggaran seperti untuk penyediaan tempat penyimpanan vaksin, sosialisasi vaksin, distribusi termasuk penyiapan SDM yang melakukan vaksin,” kata Fahrizal.

Dia mengatakan, pada tahap awal direncanakan pemberian vaksin di wilayah provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila itu difokuskan pada para tenaga medis.

“Selanjutnya bagi mereka yang terlibat langsung dengan penanganan Covid-19 seperti anggota Satgas. Kemudian bagi mereka yang berada di wilayah pelayanan publik juga mendapat prioritas pemberian vaksin,” kata Fahrizal.

Sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 dia pun mengajak masyarakat di provinsi setempat terus menerapkan protokol kesehatan.

Minimal, lanjut dia dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menghindari kerumunan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Disdik Kapuas Gencar Sosialisasikan Belajar dari Rumah
apahabar.com

Kalteng

Petugas PPDP Coklit Data Bupati Kapuas
Vaksin Covid-19

Kalteng

Jatah Vaksin Covid-19 di Kalteng, Bakal Kebagian 1,6 Juta Dosis
apahabar.com

Kalteng

Selama Pandemi Perceraian di Kapuas Meningkat, Banyak Istri Rela Menjanda
apahabar.com

Kalteng

Positif Covid-19 di Pulang Pisau Disebut Unik, Simak Penjelasan Kadinkes Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Empat Bocah Ingusan Curi Velg Grader di Barut
apahabar.com

Kalteng

Di Kalteng, PDIP Cari Kepala Daerah Berani Keluar dari Zona Nyaman
apahabar.com

Kalteng

Dewan Akan Turun ke Lapangan Perihal Pedagang Pasar Pondopo 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com