Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Tangani Covid-19, Kalteng Anggarkan BTT Rp 100 Miliar

- Apahabar.com     Sabtu, 19 Desember 2020 - 17:52 WITA

Tangani Covid-19, Kalteng Anggarkan BTT Rp 100 Miliar

Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri. Foto-Antara/Rendhik Andika

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menganggarkan Rp 100 miliar melalui Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penanganan bencana salah satunya Covid-19.

“Kalau untuk provinsi kita siapkan anggaran di Rp 100 miliar untuk BTT Covid-19. Terus hal-hal lain berkaitan di RS langsung dalam kegiatan dan sebagian juga disiapkan melalui Dinas Kesehatan,” kata Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri di Palangka Raya, dilansir Antara, Sabtu (19/12).

Dia menambahkan, dana penanganan Covid-19 yang masuk dalam BTT akan lebih fleksibel digunakan dengan salah satu syarat utama daerah berstatus darurat bencana.

Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan berbagai sumber pendanaan dan sumber daya untuk penanganan Covid-19 yang mulai merebak di Kalteng sejak Maret 2020.

Dia mengatakan, dalam rangka penanganan Covid-19 pihaknya juga telah mencermati RAPBD yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten/kota di provinsi setempat untuk penyiapan anggaran. Termasuk di antaranya untuk menyambut kedatangan vaksin.

“Vaksin diadakan oleh pemerintah pusat. Untuk pemerintah di provinsi dan kabupaten/kota juga harus memberikan dukungan anggaran seperti untuk penyediaan tempat penyimpanan vaksin, sosialisasi vaksin, distribusi termasuk penyiapan SDM yang melakukan vaksin,” kata Fahrizal.

Dia mengatakan, pada tahap awal direncanakan pemberian vaksin di wilayah provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila itu difokuskan pada para tenaga medis.

“Selanjutnya bagi mereka yang terlibat langsung dengan penanganan Covid-19 seperti anggota Satgas. Kemudian bagi mereka yang berada di wilayah pelayanan publik juga mendapat prioritas pemberian vaksin,” kata Fahrizal.

Sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 dia pun mengajak masyarakat di provinsi setempat terus menerapkan protokol kesehatan.

Minimal, lanjut dia dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menghindari kerumunan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Sempat Kabur ke Banjarmasin, Maling Hp di Barut Berhasil Dibekuk Polisi

Kalteng

Catat, Truk yang Dilarang Melintas di Ruas Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Lagi, Tiga Warga Kapuas Meninggal Dunia Akibat Covid-19
Kapuas

Kalteng

12 Kecamatan di Kapuas Laksanakan Sekolah Tatap Muka
apahabar.com

Kalteng

Pemkab Kapuas Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Kecamatan Mandau Telawang
apahabar.com

Kalteng

Covid-19 Meningkat, Bupati Kobar Minta Tim Yustisi Berlakukan Jam Malam
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Kalteng Siap Perjuangkan Aspirasi Suku Dayak
apahabar.com

Kalteng

Upaya Polres Barut Meminimalisir Kecelakaan di Air
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com