Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Terbang Saat Nataru, Bandara Syamsudin Noor Sediakan Layanan Rapid Test Antigen

- Apahabar.com Selasa, 22 Desember 2020 - 16:25 WIB

Terbang Saat Nataru, Bandara Syamsudin Noor Sediakan Layanan Rapid Test Antigen

Rapid test antigen. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Terbang saat Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura I, Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin sediakan layanan rapid test antigen dan antibodi.

General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor dalam siaran persnya Selasa (22/12) sore mengatakan pengadaan test rapid itu adalah tindak lanjut dari terbitnya kebijakan baru terkait syarat terbang di masa libur panjang Nataru 2021 per hari ini.

“Sehubungan dengan terbitnya kebijakan baru terkait syarat terbang di masa libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, mulai Selasa (22/12) para pengguna jasa maupun masyarakat umum dapat melakukan pengecekan rapid test jenis antibodi maupun antigen dengan mudah dan harga yang terjangkau,” terang Amiruddin Florensius, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Selaras dengan Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 22 Tahun 2020 yang mensyaratkan penyertaan surat hasil negatif rapid test antigen, khususnya ketika bepergian dari dan ke Pulau Jawa, Angkasa Pura I mendukung kebijakan tersebut dengan membuka layanan ini setiap hari (Senin–Minggu) mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WITA.

Layanan ini merupakan hasil kerjasama dari Manajemen Angkasa Pura I dengan anak perusahaan, Angkasa Pura Suport dan RSIA Mutiara Bunda. Melalui layanan ini para pengguna jasa dapat melakukan tes dengan waktu tunggu yang relatif cepat, yaitu kurang lebih 15 menit untuk rapid test antibody dan kurang lebih 30 menit untuk rapid test antigen setelah pengambilan sample.

Layanan ini dilakukan dengan menaati prosedur protokol kesehatan yang berlaku di Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, baik untuk petugas maupun pengguna jasa. Untuk para petugas diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari masker, face shield, sarung tangan, dan baju pelindung hazmat.

Sementara untuk para pengguna jasa diwajibkan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak. Tidak hanya itu, lokasi rapid test juga secara rutin dibersihkan dan disediakan pula hand sanitizer.

Para pengguna jasa baik yang akan melakukan rapid test antibodi maupun antigen diwajibkan untuk cuci tangan dan menggunakan masker sebelum memasuki area rapid test.

Selanjutnya dapat melakukan registrasi dengan membawa kartu identitas dan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Berikutnya para pengguna jasa dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengambilan sample oleh petugas. Setelah selesai menjalani tes, para pengguna jasa diharapkan tetap berada di ruang tunggu hingga hasil rapid test keluar.

“Kami melayani rapid test antibody dengan biaya Rp 85.000 dan rapid test antigen sebesar Rp 170.000. Kami harap dengan adanya layanan ini dapat mempermudah para penumpang untuk melengkapi syarat dokumen perjalanan udara dan mewujudkan penerbangan yang sehat selama masa Nataru ini serta masyarakat umum yang mau memeriksakan kesehatannya,” tutup Amir.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini dapat menghubungi call center (0511) 6748 199. 0813 8977 8785, atau 0813 5172 1251. (*)

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

‘Mappanre Kampoeng’, Cara Masyarakat Pulau Burung Melestarikan Budaya Leluhur
PDAM

Kalsel

Malam Ini Pipa PDAM Bocor Lagi, Distribusi Air di Banjarmasin Terganggu Sampai Subuh
apahabar.com

Kalsel

AKBP Andri Koko Prabowo Resmikan Kampung Tangguh Banua Desa Abumbun Jaya
apahabar.com

Kalsel

Hujan Hanya Mengguyur 4 Kota Kabupaten di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Jajaran Polsek Kuranji Sosialisasikan AKB
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Alalak II Tutup, Ratusan Kendaraan ‘Mengular’ di Kayutangi
apahabar.com

Kalsel

Terdampak Covid-19, 30 Warga Tatah Selek Banjarmasin Dapat Sembako
apahabar.com

Kalsel

BI Dorong Wisata Religi Makam Guru Sekumpul, Jadi Sumber Ekonomi Terbaru di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com