Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Terima Isu Dugaan Pembelian Formulir C1, Tim BirinMu Utus 4 Saksi Nginap di Kecamatan

- Apahabar.com Jumat, 11 Desember 2020 - 22:15 WIB

Terima Isu Dugaan Pembelian Formulir C1, Tim BirinMu Utus 4 Saksi Nginap di Kecamatan

Ketua Tim Pemenangan H. Sahbirin Noor – H. Muhidin (BirinMu), M. Rifqinizami Karsayudha. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kubu petahana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) masih optimis dan yakin memenangi kontestasi politik Kalsel.

Menurut Ketua Tim Pemenangan H. Sahbirin Noor – H. Muhidin (BirinMu), M. Rifqinizami Karsayudha, sampai detik ini pihaknya masih yakin menang berdasarkan rekapitulasi quick count.

Langkah yang dilaksanakan Tim BirinMU mengawal penghitungan suara hasil rekapitulasi formulir (form) C1 agar tidak ada penyimpangan, penyelewengan, dan kecurangan.

Rifqi menyebut sudah memerintahkan 4 dari 6 orang saksi untuk menginap di kecamatan secara bergiliran.

Berhembus kabar di tingkat kecamatan sedang dijalankan aksi pembelian formulir (form) C1 tempat pemungutan suara (TPS), Rifqi tidak menampik hal itu.

Bahkan ia sudah menerima laporan dari saksi di lapangan bahwa ada oknum tertentu yang mencoba untuk membeli form C1 TPS.

“Saksi kami coba dirayu untuk menjual form C1. Terdapat oknum pejabat yang ingin membeli form C1 dan mengatasnamakan pihak lawan. Saya tidak berani katakan tim sukses. Pengakuan beberapa petugas PPK dan Panwascam dan seterusnya juga menyatakan dia dirayu untuk dapat bocoran form C1 TPS oleh oknum pejabat anggota DPR. Hal demikian sangat masif dilakukan,’’ ucap Rifqinizamy melalui siaran pers tertulis yang diterima apahabar.com, Jumat (11/12) malam.

Rifqi menginstruksikan semua pihak terutama tim pemenangan BirinMU untuk mawas diri terkait upaya kecurangan tersebut.

Menurutnya berbicara etika politik, ia mengajak siapapun yang coba melakukan hal demikian untuk mengedepankan adab politik.

Disebutnya jika tidak punya saksi jangan mengambil C1 tanpa hak hak dengan meminta dan seterusnya.

Ia menyebut mengeluarkan dana dan energi yang sangat besar untuk melatih para saksi sejak beberapa bulan lalu. Sementara, lanjutnya, ada pihak lain tanpa melatih dan membina saksi ingin mendapatkan form C1 secara pragmatis.

“Perbuatan mengambil C1 secara pragmatis mencederai etika politik. Kami juga bingung apa motivasi mau ambil form C1. Saya berpikir positif saja mungkin kawan-kawan ingin menyiapkan diri pada satu proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi,’’ ungkapnya.

Dengan gamblang ia menyatakan jika form C1 saja ada yang ingin membeli dengan biaya cukup mahal, maka ia khawatir terjadi juga proses dalam tanda kutip keinginan membeli suara di tingkat kecamatan.

“Saya tidak tau bagaimana caranya, saya ingatkan kepada seluruh Panwascam dan PPK di seluruh kecamatan untuk menjaga integritasnya. Saya juga sudah menelepon Ketua Komisi 2 DPR RI untuk mengingatkan mitra kerjanya yaitu Ketua KPU RI dan Bawaslu RI bahwa di Kalsel terjadi fenomena seperti ini. Harapan kami KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP turun ke Kalsel untuk memantau langsung proses rekapitulasi yang cukup ketat ini. Saat ini sangat mengkhawatirkan dan saya berharap pihak yang ingin melakukan kecurangan agar menghentikan perilaku yang dimaksud,’’ pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Bromo

Kalsel

Sabar Ya, Jembatan Bromo Banjarmasin Ditutup hingga Maret
apahabar.com

Kalsel

Patroli Siang Malam, Polsek Tambang Ulang Ingatkan Larangan Karhutla
Nasrudin Dijerat, Para Pengikut Masuk Radar Tim Pakem

Kalsel

Nasruddin Dijerat, Para Pengikut Masuk Radar Tim Pakem
apahabar.com

Kalsel

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Lelang Amal Sepatu Bekas Jadi Beras
apahabar.com

Kalsel

Waspada Kebakaran Lahan Kawasan Bandara
apahabar.com

Kalsel

Hendak Tawuran, Polisi Amankan Pemuda Bersajam di Lingkar Dalam
apahabar.com

Kalsel

Mangkrak Sejak Dibangun, RPH Banjarbaru Diduga Jadi Sarang Maksiat
apahabar.com

Kalsel

Senator Kalsel Soal Peresmian Bandara Syamsudin Noor: Harus Pacu Wisatawan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com